Noni Juice: Obat Nyeri Haid Alami

196
Herbal Noni Juice, Obat Pereda & Penghilang Nyeri Haid Alami
Ilustrasi Noni Juice (Credit: Bigbubblebee99 / Shutterstock)

Diedit:

Nyeri dan kram saat haid bisa menjadi pengalaman yang sangat mengganggu. Rasa sakitnya bisa bertahan berhari-hari, menghalangi kita untuk beraktivitas normal. Meski ini adalah hal lumrah, tapi tentunya kita sangat bersyukur kalau ada obat yang ampuh untuk pereda nyeri haid ini. Apakah Anda sedang mencari herbal yang efektif sebagai obat alami untuk penghilang nyeri haid?

Anda dapat mempertimbangkan herbal Noni juice. Kenapa? Karena herbal ini sanggup meredakan nyeri haid yang bahkan sudah tergolong dismenore. Dismenore adalah rasa nyeri haid yang sedemikian hebatnya, sehingga memaksa penderitanya untuk beristirahat dan meninggalkan pekerjaan atau kegiatan sehari-harinya, selama beberapa jam hingga berhari-hari.

Di Indonesia, masalah nyeri & kram menstruasi diperkirakan dialami oleh lebih dari 50% wanita di usia subur dan 10% di antara mereka harus beristirahat total saat mengalaminya. Apakah Anda termasuk di antara mereka yang hanya merasakan sakit haid biasa? Atau Anda mengalami sakit yang sangat luar biasa sampai harus beristirahat total? Bagaimana pun intensitas rasa sakitnya, Noni juice dapat membantu Anda.

Herbal Noni Juice sebagai Obat Alami Penghilang Nyeri Haid

Buah Noni (Credit: LIKIT SUPASAI / Shutterstock)

Bagaimana herbal ini membantu menghilangkan, atau setidaknya, meredakan nyeri saat haid? Bahan baku Noni juice, buah Noni, mengandung nutrisi lengkap yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah sebagai analgesik, atau pereda rasa nyeri, yang telah dikenal luas dalam sejarah pengobatan tradisional. Karena itulah tanaman Noni punya sebutan “painkiller tree” (“pohon penghilang rasa sakit”).

Kemampuan analgesik dari buah Noni telah diuji dalam beragam penelitian ilmiah. Misalnya yang dilakukan pada tahun 2009 oleh Simla Basar dan rekan-rekannya dari University Clinic Hamburg, Jerman. Mereka mendapati bahwa buah Noni memiliki efek pereda rasa nyeri yang sebanding dengan obat analgesik kimiawi, tramadol.

Perlu diingat bahwa tramadol adalah obat analgesik golongan tinggi yang biasanya hanya diberikan pada nyeri dengan intensitas yang sangat tinggi. Jadi secara teori, herbal Noni berguna sebagai obat pereda nyeri haid karena memiliki kemampuan alami yang setara dengan obat analgesik kimiawi golongan tinggi.

Itu berarti rasa nyeri saat haid yang sedemikian hebatnya pun seharusnya bisa diatasi oleh herbal Noni. Dan karena Noni adalah bahan alami, maka kita tidak perlu terlalu khawatir dengan efek samping yang biasa ditimbulkan oleh obat kimiawi. Tapi apakah ada bukti ilmiah yang mendukung teori tersebut? Ya, ada! Di bawah ini akan diulas salah satu penelitian yang diadakan di negeri kita sendiri.

Bukti Penelitian Noni Juice sebagai Obat Herbal Pereda Nyeri Haid

Sejumlah penelitian mengenai manfaat Noni untuk menghilangkan, atau setidaknya meredakan, nyeri haid telah diadakan. Salah satunya dilakukan pada tahun 2015 oleh Heny Astutik dan rekan-rekannya dari Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh olahan herbal Noni, Noni juice (sari buah Noni), terhadap dismenore.

Para partisipan dari penelitian ini ialah 25 mahasiswi di Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, dan di Sekolah Tinggi Kesehatan Kendedes yang mengalami gejala-gejala dismenore. Noni juice yang digunakan dibuat dari buah Noni pilihan yang mentah, segar, hijau, dan keras, dan diproses di laboratorium. Untuk menilai tingkat nyeri kram (dismenore) digunakan kuesioner menggunakan Skala Deskriptif Verbal yang terdiri dari 6 skala nyeri.

Baca juga:  7 Penyebab Telat Datang Bulan, Selain Kehamilan

Bagaimana hasilnya? Sebelum perawatan dengan Noni juice, tingkat nyeri kram dari 17 partisipan (68%) berada di skala sedang dan 7 partisipan (28%) lainnya berada di skala berat. Setelah menjalani perawatan Noni juice, 18 partisipan (72%) sama sekali tidak lagi merasakan nyeri kram, dan 6 partisipan (24%) lainnya hanya merasakan nyeri skala ringan.

Analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon memperlihatkan adanya perubahan yang signifikan pada rata-rata tingkat nyeri kram sebelum dan sesudah perawatan Noni juice. Sebagai kesimpulannya, para peneliti menuliskan bahwa Noni juice mampu secara signifikan meredakan rasa sakit kram pada perempuan muda yang sedang menstruasi.

Dengan begitu hasil penelitian ini menjadi dasar ilmiah yang membuktikan manfaat herbal Noni sebagai obat alami pereda nyeri haid yang ampuh. Dan bukan hanya sebagai pereda, Noni juga terbukti berperan sebagai obat penghilang nyeri haid pada sebagian besar partisipan penelitian ini.

Tips Lain untuk Menghilangkan Nyeri Haid

Di samping mengonsumsi herbal untuk obat pereda nyeri haid, kadang kita juga perlu mengubah kebiasaan tertentu atau berhenti mengonsumsi makanan tertentu. Sebagai upaya tambahan untuk semakin menghilangkan nyeri kram saat menstruasi, cobalah tips-tips praktis di bawah ini.

Perbaiki Menu & Pola Makan

Penelitian menunjukkan bahwa mengurangi konsumsi lemak dan meningkatkan asupan sayur dapat meringankan sakit kram menstruasi. Itu karena makanan yang rendah lemak dan sayur-sayuran menurunkan tingkat peradangan (inflamasi) di dalam tubuh kita. Bukan hanya bagus untuk kesehatan secara umum, mengubah pola & menu makan menjadi rendah lemak dan banyak sayuran juga akan berpengaruh baik pada nyeri haid kita.

Anda bisa coba mengganti minyak goreng biasa menjadi minyak yang lebih sehat, seperti minyak zaitun. Dan jika Anda suka mengonsumsi produk susu, pilihlah produk yang rendah lemak atau bebas lemak. Sebisa mungkin ganti asupan lemak menjadi lemak sehat yang ditemukan pada ikan, kacang-kacangan, dan minyak nabati. Perbanyaklah konsumsi aneka ragam sayuran dari berbagai warna. Dan jangan lupa juga makan banyak buah-buahan segar.

Gunakan Bantalan Pemanas

Riset ilmiah mengungkapkan bahwa suhu panas dapat secara signifikan mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Salah satu cara untuk menggunakan suhu panas adalah dengan menempelkan bantalan pemanas (heating pad) ke area perut. Di banyak toko sudah tersedia bantalan pemanas elektrik yang bisa dipakai sewaktu-waktu, entah di rumah atau di kantor.

Bahkan penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi obat penghilang nyeri haid dan menggunakan salep pemanas (heated patch) lebih cepat reda rasa nyerinya daripada yang hanya mengonsumsi obat saja. Nyeri menstruasi mereka sudah mereda dalam waktu 90 menit. Sedangkan yang hanya mengonsumsi obat penghilang nyeri haid butuh waktu 3 jam untuk mengalami efek serupa.

Baca juga:  Selalu Sakit Saat Datang Bulan? Lakukan 11 Cara Mengatasi Nyeri Haid Ini!
Selain Minum Obat Herbal Nyeri Haid, Lakukan Tips Lain Juga
Tips Meredakan Nyeri Haid (Credit: Rawpixel / iStock)

Lakukan Olahraga Ringan

Olahraga adalah hal terakhir yang ada dalam pikiran seorang wanita yang sedang merasakan nyeri & kram menstruasi. Tapi rupanya olahraga adalah cara bagus untuk meringankan rasa sakit saat haid. Tidak perlu sampai olahraga berat, karena justru bisa semakin menyiksa kita. Kita hanya perlu lakukan olahraga peregangan ringan, berjalan kaki, atau melakukan senam tertentu.

Olahraga juga akan membuat tubuh melepaskan hormon endorfin, yang merupakan obat alami penghilang rasa sakit, termasuk nyeri haid. Sebuah laporan ilmiah menyebutkan bahwa olahraga aeorbik dan peregangan membantu meredakan nyeri kram pada 105 siswi dalam sebuah penelitian.

Pijat dengan Lembut

Pijat-pijat area perut dengan lembut untuk membuat otot-ototnya rileks serta mengurangi nyeri kram. Kita juga dapat memijat menggunakan minyak esensial (atsiri) seperti minyak lavender dan minyak eukaliptus.

Penelitian pada wanita penderita kram menstruasi dan gejala-gejala lain memperlihatkan bahwa pijatan dengan minyak esensial merasa bahwa gejala-gejala mereka jauh berkurang. Mereka melaporkan bahwa durasi rasa sakit yang biasa mereka alami berkurang dari 2,4 hari menjadi hanya 1,8 hari setelah memijat sendiri dengan minyak esensial.

Hanya saja kita perlu pastikan dulu untuk menggunakan minyak esensial dengan cara yang aman. Para ahli menyarankan agar kita encerkan dulu minyak esensial murni dengan krim atau losion tanpa aroma atau jenis minyak lainnya sebelum mengoleskannya pada kulit, supaya menghindari iritasi atau masalah kulit lainnya.

Kapan Harus Periksa ke Dokter?


Ada saatnya nyeri saat haid merupakan tanda-tanda menstruasi yang tidak normal. Apalagi kalau rasa sakitnya begitu menyiksa sampai-sampai Anda tidak mampu melakukan apa-apa. Franklin Loffer, MD, dari American Association of Gynecologic Laparoscopists menganjurkan, “Jika seseorang merasakan gangguan menstruasi yang mengganggu aktivitasnya, maka dia harus mengatasinya.”

Anda sebaiknya periksa ke dokter apabila mengalami gejala-gejala seperti ini: menstruasi tiba-tiba tidak teratur, selama beberapa bulan menstruasi datang lebih lama atau lebih cepat, pembalut harus selalu diganti setiap jam sekali selama beberapa jam berturut-turut, atau menstruasi disertai rasa sakit yang tidak tertahankan.

Apakah Anda ingin mencoba Noni juice untuk obat alami pereda nyeri haid Anda? Perlu diketahui juga bahwa herbal ini adalah satu-satunya herbal yang kemampuannya sudah teruji oleh waktu untuk mengatasi beragam masalah kesehatan dan telah didukung oleh banyak penelitian ilmiah yang komplet, yang mengikutsertakan banyak pakar kesehatan.

Sehingga Anda tidak perlu ragu lagi bila ingin menggunakan Noni juice untuk mengatasi gangguan menstruasi, sekaligus juga untuk membuat kesehatan Anda secara keseluruhan menjadi lebih baik. Ya, herbal ini telah terbukti sanggup membantu mengatasi lebih dari 20 masalah kesehatan, dari yang ringan hingga berat! Kami menganjurkan Anda untuk membaca lebih lanjut tentang manfaat Noni juice di artikel “Noni Juice Taklukan Darah Tinggi, Asam Urat, Diabetes, Kolesterol, dan 26 Penyakit Lainnya!


Sumber Referensi Noni Juice Obat Nyeri Haid Alami:

Basar, Simla, dkk. (2009). Analgesic and antiinflammatory activity of Morinda citrifolia L. (Noni) fruit.  Phytotherapy Research. 24(1): 38-42. DOI: 10.1002/ptr.2863

Astutik, Heny, dkk. (2015). The Effect of Noni Fruit Juice (Morinda Citrifolia) In Decreasing Menstrual Pain (Dysmenorrhea)-Phase II Experiment. In: The Proceeding of 6th International Nursing Conference: Emphasize the Art of Nursing on Research, Education into Clinical and Community Practice, November 16-17, 2015, Surabaya.

Galan, Nicole. Home remedies for menstrual cramp relief. Reviewed: 2019-02-18. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324484.php. Accessed: 2019-09-02

Doheny, Kathleen. 10 Ways to Relieve Period Cramps. Updated: 2017-02-11. URL: https://www.everydayhealth.com/treatment/womens-health/ways-to-relieve-period-cramps/. Accessed: 2019-09-02


Advertisement
Alinesia