Obat Mual yang Mujarab

567

Diedit:

Obat mual untuk menyembuhkan rasa mual, berbeda, tergantung pada faktor penyebab rasa mual yang dialami. Mual itu merupakan istilah kondisi kesehatan di mana seseorang merasakan perasaan tak nyaman, khususnya di bagian perut. Rasa mual ini biasa muncul sebelum seseorang mengalami muntah. Obat mual dibutuhkan karena rasa mual jika sudah mulai terjadi sangat membuat tak nyaman.

Muntah dan mual itu umumnya menjadi gejala yang mendasari kondisi kesehatan yang lainnya, yang dialami oleh orang tersebut. Tetapi mual memang jarang menjadi gejala penyakit yang cukup serius serta mengancam nyawa. Muntah, setelah seseorang mengalami mual, merupakan cara alami tubuh dalam membuang materi berbahaya dari dalam tubuh.

Rasa Mual ketika Hamil

Selain dalam kondisi biasa, ibu hamil mungkin juga membutuhkan obat mual, khususnya menggunakan obat herbal. Karena memang ketika dalam kondisi hamil, tidak boleh sembarangan memilih obat yang hendak dikonsumsi, sebab itu akan berkaitan dengan kesehatan janin di dalam kandungan juga. Biasanya rasa mual ketika hamil itu disebut juga dengan istilah morning sickness.

Adapun yang menjadi faktor penyebab mengapa seseorang merasa mual ketika hamil disebabkan oleh produksi hormon progesterone dan hormon estrogen yang meningkat, di mana itu akan mendasari perubahan pada fungsi organ tubuh dan neuron pada tubuh ibu hamil.

Untuk mengatasi rasa mual ketika hamil, juga ada obat mual ibu hamil yang mujarab. Itu juga akan menjadi pokok pembahasan kali ini. Dengan menghilangkan rasa mual pada ibu hamil, maka rasa pusing yang biasanya menyertai akan ikut sembuh juga.

Gastroenteritis dan Obat Mual

Gastroenteritis merupakan salah satu jenis penyakit yang menjadi penyebab umum mengapa seseorang mengalami muntah dan mual. Gastroenteritis sendiri merupakan infeksi karena virus atau bakteri di dalam perut. Tak hanya mengakibatkan muntah dan mual saja, obat mual dibutuhkan karena gastroenteritis juga mengakibatkan penyakit diare. Jadi gastroenteritis ini merupakan salah satu penyebab lain mengalami seseorang mengalami perasaan mual dan ingin muntah, dan tentu saja membutuhkan obat mual yang berbeda.

Baca juga:  Coba Ikuti Cara Mengatasi Mual Ini Agar Tidak Sampai Muntah-Muntah!

Obat yang Menyebabkan Mual

Selain itu, ada juga obat yang digunakan bisa menjadi faktor penyebab rasa mual. Contohnya saja obat bius sebelum prosedur operasi dilakukan. Untuk ini, maka obat mual tidak akan dibutuhkan, karena ini bukanlah sebuah penyakit, faktor yang mendasarinya bukan sebuah penyakit. Juga beberapa kondisi lain yang juga terkadang tak membutuhkan obat mual, karena rasa mual dan ingin muntah terkadang diakibatkan karena gejala kondisi kesehatan tertentu.

Selain penyebab-penyebab diatas, ada juga beberapa faktor penyebab rasa mual yang lainnya:

  • Keracunan makanan
  • Apendisitis (Radang usus buntu)
  • Hepatitis
  • Infeksi telinga
  • Infeksi kandung kemih
  • Mabuk perjalanan atau mabuk laut (Yang ini ada obat mual khusus yang dijual di apotik dan minimarket)
  • Morning sickness (Mual ketika awal kehamilan, khususnya kehamilan trimester pertama)
  • Konsumsi minuman keras berlebihan
  • Penyakit psikologis, contohnya Bulimia
  • Reaksi pada bau atau aroma tertentu (Yang ini tak membutuhkan obat mual, namun hindari faktor penyebab rasa mual tersebut)
  • Pemakaian beberapa jenis antibiotik
  • Tumor otak
  • Serangan jantung

Beberapa kondisi di atas ada yang tidak membutuhkan obat mual, karena ada masalah lain dalam tubuh yang menyebabkan mual. Dengan kata lain membutuhkan pengobatan yang tepat, untuk menghilangkan penyebab rasa mual.

Dehidrasi dan Diare, Apakah Perlu Obat Mual?

Obat mual mungkin juga tidak dibutuhkan jika seseorang mengalami rasa mual disebabkan karena kedua faktor ini. Dehidrasi dan diare memang bisa menyebabkan mual. Apalagi jika yang terserang adalah anak yang masih belum dewasa, maka kondisinya dapat bertambah parah, belum lagi jika ditambah dengan gangguan diare. Anda harus mewaspadai gejala-gejala anak yang mengalami dehidrasi, dan jangan diberikan obat mual. Namun atasi dengan obat diare dan pastikan anak mendapatkan asupan cairan yang cukup.

Obat Mual Alami untuk Ibu Hamil

Disebutkan sebelumnya bahwa masalah mual juga dapat dialami oleh ibu yang dalam kondisi awal kehamilan. Rasa mual tersebut dikenal juga dengan nama lain morning sickness. Untuk obat mual alami dalam berhadapan dengan masalah morning sickness, cukup mudah untuk dicoba:

  • Permen Jahe

    Anda dapat mengkonsumsi permen jahe ketika hamil. Ini adalah obat mual alami untuk mengatasi morning sickness, masalah mual ketika kehamilan. Paling tidak rasa mual akan sedikit mereda dengan bantuan permen jahe ini. Selain permen jahe, Anda juga dapat meminum minuman dengan bahan dasar jahe. Untuk minuman jahe, minum dengan air hangat jangan menggunakan es atau air dingin.

  • Gerakan Perlahan

    Anda dapat melakukan gerakan dengan perlahan. Ibu hamil trimester pertama jika bergerak terlalu cepat dapat merasa mual dengan lebih mudah. Ini mungkin lebih ke arah tips, bukan obat mual alami, tetapi sangat disarankan untuk Anda jalankan. Jangan terburu-buru ketika melakukan sebuah aktivitas ketika hamil. Bahkan ketika dalam kondisi normal pun, jika melakukan aktivitas dengan terburu-buru saja dapat membuat Anda merasa mual, apalagi ketika sedang dalam kondisi hamil.

Baca juga:  7 Cara Natural Untuk Mengatasi Mual

Itulah beberapa obat mual alami yang bisa Anda coba, baik untuk ibu hamil maupun yang tidak sedang dalam kondisi hamil. Jangan lupa untuk tetap menjaga asupan makanan dan minuman, jangan sampai tubuh menjadi kekurangan gizi, apalagi sampai mengalami dehidrasi.

Advertisement
Alinesia