Obat Amandel Alami untuk Menghindari Operasi


By Cindy Wijaya

Penyakit radang amandel atau tonsilitis dapat menyerang siapa saja, meski paling sering terjadi pada anak-anak. Ciri-ciri radang amandel antara lain amandel yang membengkak, sakit tenggorokan, sakit saat menelan, dan demam. Terdapat berbagai pilihan obat amandel alami untuk meredakan gejala-gejala tersebut.

Sebagian besar radang amandel dapat sembuh sendiri. Tetapi jika penyebabnya adalah infeksi bakteri, maka dibutuhkan obat antibiotik resep dokter. Jika radang amandel tidak membutuhkan obat khusus, maka Anda bisa mencoba menggunakan bahan-bahan rumahan untuk mengendalikan gejala-gejalanya.

Pilihan Obat Amandel Alami Tanpa Operasi

Bila radang amandel tidak membutuhkan obat antibiotik, ada berbagai cara alami rumahan untuk membantu mengatasi radang atau meringankan gejala-gejalanya.

Minum Banyak Air Hangat

Minum air hangat, termasuk dari sup, kaldu, dan teh, dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Teh herbal yang mengandung bahan-bahan seperti madu, pektik, atau gliserin dapat membantu, karena bahan-bahan ini membentuk lapisan pelindung di atas selaput lendir mulut dan tenggorokan, yang dapat meredakan iritasi.

Namun masih hanya ada sedikit bukti ilmiah bahwa teh herbal dapat menjadi obat amandel alami.

Berkumur Air Garam

Berkumur air garam adalah obat amandel alami untuk sementara meredakan rasa sakit atau menggelitik di bagian belakang tenggorokan.

Credit Photo: Jang Junior – Bigstock

Anda bisa membuat campuran air garam dengan menambahkan seperempat sendok teh garam ke segelas air hangat, lalu aduk sampai garam larut.

Air garam kemudian dapat digunakan untuk berkumur selama beberapa detik sebelum membuangnya. Cara ini aman untuk diulangi sesering yang diperlukan selama Anda tidak menelan campuran air garam itu.

Namun obat amandel alami ini tidak cocok untuk anak yang masih kecil, karena ada risiko mereka akan menelan air garam dan tersedak.

Teh Hangat dengan Madu Murni

Seperti sudah dijelaskan, minuman hangat seperti teh dapat membantu meredakan ketidaknyamanan. Dan jika ditambahkan madu murni yang punya kemampuan anti-bakteri, maka akan turut membantu mengatasi infeksi bakteri penyebabnya.

Untuk membuat obat amandel alami ini, siapkan teh hangat (bukan panas) dan campurkan madu murni secukupnya sampai benar-benar bercampur.

Ada jenis-jenis teh yang memperkuat manfaat obat alami ini. Contohnya teh jahe yang punya kemampuan anti-radang yang kuat.

Makan Makanan Dingin

Memakn makanan dingin yang lunak, seperti yogurt dingin atau es krim, dapat membantu membuat tenggorokan mati rasa, yang meredakan nyeri sementara.

Selain itu juga dapat mencoba mengisap es loli, minum smoothie dingin, atau menyeruput air es.

Pilihan lainnya adalah permen keras atau permen karet yang mengandung mint atau mentol. Bahan-bahan ini memberikan sensasi dingin dan mati rasa yang serupa pada tenggorokan.

Hindari Makanan Keras

Bagi penderita radang amandel, memakan makanan keras atau tajam bisa membuat tidak nyaman dan bahkan menyakitkan.

Makanan keras dapat menggores tenggorokan, menyebabkan iritasi dan peradangan lebih lanjut. Makanan yang harus dihindari antara lain: keripik, biskuit, sereal kering, roti panggang, wortel mentah, dan apel mentah.

Penderita radang amandel harus mengonsumsi makanan yang lebih lembut dan mudah ditelan atau batasi hanya makan sup, kaldu, atau smoothie dingin sampai gejalanya mereda.

Minum Herbal Noni Juice

Buah Noni, bahan baku Noni juice, sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu untuk memulihkan kesehatan. Kini produk olahan Noni dalam bentuk jus atau sari buah dapat meningkatkan sistem imun untuk mengatasi infeksi virus maupun bakteri.

Noni Juice sebagai Obat Amandel Alami Tanpa Operasi
Credit Photo: Bigbubblebee99 – Shuterstock

Bahkan penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum Noni juice secara teratur dapat mengalami peningkatan sistem imun hingga sebesar 30%.

Setiap persen kenaikan aktivitas sistem imun sangat menentukan apakah tubuh kita dapat bekerja dengan cepat untuk menyelesaikan infeksi virus ataupun  bakteri. Jadi peningkatan 30% tersebut merupakan jumlah yang signifikan dalam membantu mengatasi infeksi penyebab radang amandel.

Cara mengonsumsi obat amandel alami ini cukup mudah karena tersedia dalam bentuk minuman herbal siap minum. Anda tinggal meminumnya sehari dua kali, masing-masing sebanyak 30 ml.

Menambah Kelembapan dalam Ruangan

Udara yang kering dapat semakin mengiritasi sakit tenggorokan. Penderita radang amandel bisa mencoba menggunakan alat humidifier, atau pelembap ruangan. Alat ini melepaskan kelembapan ke udara, membantu meringankan ketidaknyamanan di tenggorokan.

Tetapi alat humidifier harus dibersihkan setiap hari untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri berbahaya.

Bagi Anda yang tidak punya alat ini, tenang saja karena ada alternatif obat amandel alami. Saat sedang mandi, Anda bisa menghirup uap panas dari pancuran shower air panas atau dari bak mandi berisi air panas.

Jangan Keraskan Suara

Pembengkakan di tenggorokan dapat menyebabkan suara menjadi terdengar sayu. Mungkin ini membubat Anda ingin mengeraskan suara, tapi hal itu berisiko menyebabkan iritasi tenggorokan lebih parah.

Jika berbicara terasa menyakitkan, sebaiknya istirahatkan suara sebanyak mungkin. Jika obat amandel alami yang Anda coba tidak banyak membantu gejala ini, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Kadang gejala kesulitan bicara dapat menjadi pertanda adanya komplikasi.

Perbanyak Istirahat

Penderita radang amandel harus banyak istirahat. Ini memungkinkan tubuh untuk melawan infeksi virus atau bakteri penyebabnya dengan lebih baik.

Kalau Anda tetap memaksakan diri pergi ke tempat kerja atau ke sekolah, itu bukan hanya akan membuat Anda sakit lebih lama, tetapi juga berisiko menularkan kuman penyebab radang amandel ke orang lain.

Permen Licorice

Permen pelega tenggorokan (lozenge) dapat membantu melegakan ketidaknyamanan di tenggorokan, tetapi tidak semuanya punya manfaat sama. Beberapa permen lozenge mengandung bahan-bahan dengan kemampuan anti-radang alami, atau bahan-bahan yang dapat meredakan rasa sakit dengan sendirinya.

Lozenge yang mengandung licorice dapat memiliki manfaat anti-radang yang kuat, menenangkan ketidaknyamanan dan pembengkakan di amandel serta tenggorokan.

Namun permen ini tidak cocok dijadikan obat amandel alami untuk anak kecil, karena ada risiko tersedak. Sebaliknya, semprotan tenggorkan (throat spray) mungkin pilihan yang jauh lebih baik untuk anak-anak usia dini. Jika Anda tidak yakin, sebaiknya hubungi dokter anak.

Kapan Sebaiknya Periksa ke Dokter?

Ada gejala-gejala radang amandel yang harus diperiksakan ke dokter, tidak bisa hanya pakai obat amandel alami.

Anda sebaiknya temui dokter jika mengalami beberapa gejala seperti berikut:

  • Demam
  • Sakit atau gatal tenggorokan yang tidak hilang dalam 24 – 48 jam
  • Sakit atau sulit menelan
  • Kelelahan
  • Kerewelan pada bayi dan anak kecil
  • Pembengkakan kelenjar getah bening

Gejala-gejala di atas mungkin menandakanya adanya infeksi bakteri yang memerlukan antibiotik.

Kesimpulan tentang Obat Amandel Alami Tanpa Operasi

Kebanyakan kasus radang amandel tidak membutuhkan pengobatan khusus, apalagi sampai operasi. Jika penyebabnya adalah virus, biasanya penyakit akan membaik sendiri dalam waktu 7 – 10 hari setelah memperbanyak istirahat dan asupan cairan.

Namun jika penyebabnya bakteri, maka bisa butuh waktu seminggu sampai infeksinya sembuh. Jika penderita minum obat antibiotik, maka ia bisa merasa lebih baik dalam waktu sehari setelah minum obat itu.

Jika radang amandel tidak parah, Anda bisa mencoba meredakan gejala-gejalanya dengan mengonsumsi obat amandel alami tanpa operasi, di samping perbanyak istirahat dan asupan cairan.

Memang terkadang dibutuhkan operasi (disebut tonsilektomi) untuk mengangkat amandel guna mengatasi radang amandel yang kambuh-kambuhan atau yang tidak kunjung sembuh. Tetapi kasus ini jarang terjadi.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang obat amandel alami tanpa operasi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga pembahasan menarik lain seputar solusi kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Medical News Today. How to treat tonsillitis symptoms at home. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/325961

Healthline. Home Remedies for Tonsillitis. URL: https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-tonsilitis

Ma DL, Jun Z, Jianhua G, dkk. (2008). The effect of Tahitian Noni Juice on antioxidation and immune function. Chinese Medical Research & Clinical. 6: 8-10

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>