Mata Kering: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya


By Cindy Wijaya

Maureen
rIBUAN SuDAH KAMI BANTU
lawan penyakit dengan herbal YG TEPAT!

Pernahkan merasa mata menjadi perih dan panas saat berada di ruangan ber-AC, mengendarai sepeda motor, atau setelah lama menatap layar komputer? Itu adalah gejala mata kering, kondisi yang terjadi karena mata kekurangan air mata. Sesekali mengalaminya mungkin tidak masalah, tetapi kalau itu sering terjadi, pasti membuat Anda khawatir. Apa penyebab mata kering dan bagaimana cara mengatasi mata kering?

Dalam artikel ini akan dibahas poin-poin penting mengenai kondisi mata kering, yaitu gejala, penyebab, dan cara mengatasinya. Agar tidak memberikan informasi yang keliru, kami mengambil sumber dari situs web kesehatan yang dapat dipercaya. Silakan lihat sumber referensinya di akhir artikel.

Gejala yang Mencirikan Mata Kering

Kondisi mata kering biasanya terjadi pada kedua mata. Kondisi ini dicirikan dengan gejala-gejala berikut ini:

  • Rasa perih, panas, atau gatal di mata
  • Lendir (mukus) berserabut di dalam atau sekitar mata
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Mata merah
  • Merasa seperti ada sesuatu di mata
  • Kesulitan memakai lensa kontak
  • Kesulitan mengemudi di malam hari
  • Mata berair, sebagai respons tubuh terhadap iritasi akibat mata kering
  • Penglihatan kabur atau mata lelah

Kapan harus periksa ke dokter? Jika Anda sudah mengalami gejala mata kering dalam waktu cukup lama. Dokter bisa membantu memeriksa apa yang menjadi penyebab mata kering dan merujuk Anda ke dokter spesialis jika kondisinya cukup parah.

Penyebab Mata Kering

Penyebab mata kering biasanya adalah ketidakseimbangan antara produksi dan drainase air mata. Mata menjadi kering karena tidak memproduksi cukup air mata atau kualitas air mata yang diproduksi buruk. Berikut penjelasan tentang penyebab mata kering:

Air Mata Tidak Cukup

Air mata diproduksi oleh beberapa kelenjar di dalam dan sekitar kelopak mata. Produksi air mata cenderung berkurang seiring usia bertambah, atau karena masalah kesehatan atau efek samping obat tertentu.

Faktor lingkungan, seperti angin dan iklim kering, juga dapat mengurangi jumlah air mata karena air mata cepat menguap. Kalau jumlah normal produksi air mata berkurang atau air mata menguap terlalu cepat, maka akan muncul gejala mata kering.

Kualitas Air Mata Buruk

Air mata terdiri dari tiga lapisan: minyak, air, dan mukus. Setiap komponen itu melindungi dan memelihara permukaan depan mata. Lapisan minyak yang halus membantu mencegah penguapan lapisan air, sedangkan lapisan mukus menyebarkan air mata secara merata ke seluruh permukaan mata.

Jika air mata menguap terlalu cepat atau tidak menyebar secara merata karena kekurangan salah satu dari tiga lapisan air mata, maka akan muncul gejala mata kering.

Faktor yang Turut Memicu

Selain dua penyebab utama tersebut, ada juga berbagai faktor lain yang turut memicu gejala mata kering, antara lain:

Usia

Mata kering adalah gejala alami dari proses penuaan. Mayoritas orang berusia 65 tahun ke atas akan mengalami sejumlah gejala mata kering.

Jenis Kelamin

Wanita lebih rentan mengalami gejala mata kering karena perubahan hormon yang disebabkan oleh kehamilan, penggunaan KB, dan menopause.

Konsumsi Obat

Beberapa jenis obat dapat mengurangi produksi air mata dan itu adalah salah satu penyebab mata kering. Obat-obatan itu termasuk obat antihistamin, dekongestan, darah tinggi, dan obat antidepresan.

Masalah Kesehatan

Orang-orang yang menderita artritis reumatoid, diabetes, dan gangguan tiroid lebih rentan untuk mengalami gejala mata kering. Selain itu, masalah radang kelopak mata (blepharitis), radang permukaan mata, atau kelopak mata membelok ke dalam atau ke luar juga dapat menyebabkan gejala mata kering.

Kondisi Lingkungan

Terkena asap, angin, dan iklim kering bisa membuat air mata cepat menguap yang merupakan salah satu penyebab mata kering. Orang yang jarang berkedip, misalnya karena lama menatap layar komputer, juga rentan mengalami gejala mata kering.

Ada juga faktor-faktor lain penyebab mata kering, misalnya penggunaan lensa kontak dalam waktu lama dan operasi mata refraktif (seperti LASIK).

Apapun penyebab mata kering, sebaiknya jangan biarkan kondisi ini berlama-lama. Sebab jika sudah parah, kondisi mata kering dapat merusak permukaan depan mata dan mengganggu penglihatan.

Cara Mengatasi Mata Kering

Cara mengatasi mata kering adalah dengan mengembalikan atau menjaga jumlah air mata yang cukup. Cara utama untuk melakukannya ialah dengan menambahkan air mata menggunakan larutan air mata buatan, mempertahankan air mata yang ada, meningkatkan produksi air mata, dan mengobati radang kelopak mata atau radang permukaan mata yang menyebabkan gejala mata kering.

Menambahkan Air Mata

Cara mengatasi mata kering yang gejala-gejalanya ringan biasanya cukup dengan larutan air mata buatan yang bisa dibeli tanpa resep dokter. Larutan ini bisa digunakan kapanpun dibutuhkan untuk menambah air mata alami.

Jika ingin menggunakan cara ini, disarankan untuk memilih larutan air mata buatan yang bebas zat pengawet, karena ini mengandung lebih sedikit zat aditif yang dapat mengiritasi mata. Tetapi jika larutan ini tidak cukup membantu, mungkin Anda perlu mengambil langkah tamabahan untuk mengatasi gejala mata kering.

Mempertahankan Air Mata

Menjaga air mata alami agar bertahan lebih lama di mata dapat mengurangi ketidaknyamanan. Ini bisa dilakukan dengan menghalangi saluran air mata yang biasanya mengalirkan air mata.

Saluran air mata dapat ditutup dengan silikon atau sumbat kecil seperti gel yang dapat dilepas jika diperlukan. Atau kadang dokter menyarankan untuk melakukan prosedur pembedahan guna menutup saluran air mata secara permanen.

Meningkatkan Produksi Air Mata

Dokter mata bisa meresepkan obat tetes mata khusus untuk meningkatkan produksi air mata. Selain dengan obat tetes resep, Anda juga bisa membantu meningkatkan produksinya dengan memperbanyak asupan asam lemak omega-3.

Di samping itu ada juga perubahan-perubahan kecil yang mungkin diperlukan sebagai cara mengatasi mata kering Anda. Misalnya dengan mengingat untuk berkedip lebih sering saat menatap layar komputer, menghindari terpaan angin langsung ke mata, memakai kacamata hitam saat di luar ruangan, dan minum air yang cukup setiap hari.

Kesimpulan tentang Kondisi Mata Kering

Apa itu kondisi mata kering? Ini adalah kondisi yang dicirikan dengan rasa perih atau panas di mata. Kondisi ini mungkin dialami dalam situasi-situasi tertentu, seperti di pesawat, di ruangan ber-AC, saat mengendarai sepeda motor, atau setelah menatap layar komputer beberapa jam.

Apa penyebab mata kering? Penyebab mata kering biasanya adalah ketidakseimbangan antara produksi dan drainase air mata. Mata menjadi kering karena tidak memproduksi cukup air mata atau karena kualitas air mata yang diproduksi buruk.

Bagaimana cara mengatasi mata kering? Cara mengatasi mata kering adalah dengan mengembalikan atau menjaga jumlah air mata yang cukup. Cara utama untuk melakukannya ialah dengan menambahkan air mata menggunakan larutan air mata buatan, mempertahankan air mata yang ada, meningkatkan produksi air mata, dan mengobati radang kelopak mata atau radang permukaan mata yang menyebabkan gejala mata kering.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang kondisi mata kering. Semoga informasi ini membantu mengatasi masalah yang sedang Anda hadapi. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Mayo Clinic. Dry eyes. URL: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-eyes/symptoms-causes/syc-20371863

American Optometric Association. Dry eye. URL: https://www.aoa.org/healthy-eyes/eye-and-vision-conditions/dry-eye

Maureen
rIBUAN SuDAH KAMI BANTU
lawan penyakit dengan herbal YG TEPAT!
{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>