Mari Kenali Apa Saja Manfaat Buah Pala!


By Cindy Wijaya

Hanya sedikit potongan buah pala ke dalam minuman, atau beberapa tetes minyak esensial pala yang digosokkan ke kulit, dapat memberikan dampak signifikan pada kesehatan. Lihatlah apa saja manfaat buah pala yang bernutrisi dan berbau khas ini bagi tubuh Anda.

Tanaman pala (Myristica fragrans) merupakan tumbuhan pohon yang berasal dari Maluku. Buah pala telah dikenal sebagai rempah berkhasiat di berbagai belahan dunia. Dan faktanya, sejak jaman dahulu pala digunakan secara tradisional untuk mengobati penyakit-penyakit maupun untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Inilah beberapa manfaat yang diberikan oleh buah pala.

Merawat KulitBila Anda memprioritaskan kesehatan kulit, Anda boleh menambahkan pala ke dalam rutinitas perawatan kulit. Pala membantu Anda mendapatkan kulit sehat yang lebih mulus sekaligus mengatasi beragam masalah kulit. Masker yang terbuat dari bubuk pala dapat membantu menghilangkan komedo dan jerawat yang disebabkan penyumbatan pori-pori akibat minyak berlebih dan sel-sel kulit mati. Bubuk pala yang dicampurkan dengan madu juga bisa memudarkan bekas jerawat.

Bikin Tidur NyenyakJika Anda suka susah tidur di malam hari, tidak ada salahnya mencoba minum segelas susu hangat dengan sejumput bubuk pala. Efek relaksasi yang menenangkan dari buah pala bisa membantu Anda cepat tertidur.

Menyingkirkan Bau MulutKarena kemampuan antibakteri yang dimilikinya, buah pala efektif menyembuhkan halitosis atau masalah bau mulut. Penyebab utama dari bau mulut biasanya adalah penumpukan bakteri di mulut. Buah pala bisa membersihkan mulut dari bakter-bakteri tersebut. Inilah alasannya kenapa terdapat banyak produk pasta gigi yang menggunakan pala sebagai salah satu bahannya. Buah pala juga bisa untuk mengobati sakit gigi dan masalah gusi.

Detoksifikasi Liver dan GinjalBanyak faktor, termasuk pola makan, stres, merokok, pengobatan, dan banyak faktor eksternal lain yang bikin racun menumpuk di organ. Liver dan ginjal ialah dua organ yang paling sering jadi tempat menumpuknya racun. Disinilah manfaat buah pala untuk menyingkirkan racun diperlukan. Buah pala juga sanggup mencegah dan meleburkan batu ginjal.

Mengatasi Gangguan PencernaanMasalah diare, sembelit, kembung, gas, dan masih banyak lagi bisa secara efektif diatasi oleh pala. Minyak pala biasa digunakan untuk meredakan sakit perut dengan membuang gas berlebih dari dalam sistem pencernaan Anda.

Mempertahankan Kecerdasan Otak—Pala mengandung sejumlah komponen minyak esensial, termasuk macelignan serta myristicin. Kedua komponen minyak esensial ini sudah terbukti mampu menghambat proses degradasi fungsi kognitif dan jalur saraf yang biasa dialami oleh penderita demensia atau penyakit Alzheimer.

Meskipun terdapat banyak manfaat buah pala bagi tubuh, tetapi berhati-hatilah agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Penggunaan pala yang berlebihan justru bisa menyebabkan banyak ketidaknyamanan, mulai dari keringatan, halusinasi, dan jantung berdebar-debar.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}