Blog Herbal No. 1 Indonesia
  • Home
  • Blog
  • Pala
  • 10 Manfaat Biji Pala: Mengatasi Depresi, Kecemasan, Insomnia, Nyeri Sendi, dll

10 Manfaat Biji Pala: Mengatasi Depresi, Kecemasan, Insomnia, Nyeri Sendi, dll


By Cindy Wijaya

Biji pala adalah biji dari tanaman pala (Myristica fragrans) yang banyak terdapat di wilayah-wilayah tropis di seluruh dunia. Meskipun ukurannya kecil, tetapi kandungan nutrisi di dalamnya sangat menakjubkan dan memungkinkan berlimpahnya manfaat biji pala untuk kesehatan maupun kecantikan.

Biji pala digunakan sebagai rempah dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Menambahkan sedikit saja pala akan menambah aroma dan meningkatkan cita rasa dari sebuah masakan. Rempah ini biasa tersedia dalam bentuk utuh atau sudah dijadikan bubuk untuk keperluan masak, juga dalam bentuk minyak esensial untuk beragam kegunaan.

Sejumlah kandungan bermanfaat di dalamnya antara lain adalah potasium, zat besi, mangan, tiamin, folat, magnesium, tembaga, dan vitamin termasuk B1, B6, dan lainnya. Biji pala juga kaya akan kandungan karminatif, stimulan, antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, antispasmodik, psikoaktif, dan afrodisiak. Semuanya ini memungkinkan tersedianya beragam manfaat biji pala untuk kesehatan.

Biji pala juga sangat gampang digunakan untuk pengobatan alami. Berikut adalah 10 manfaat biji pala untuk kesehatan, mulai dari kesehatan fisik, mental, hingga seksual.

Manfaat Biji Pala 1: Mengatasi Depresi & Kecemasan

Kalau Anda menderita kecemasan atau depresi, cobalah bantu atasi dengan biji pala. Senyawa myristicin dan elemicin di dalamnya memberikan efek menenangkan dan anti-kecemasan ringan dengan mengaktifkan neurotransmitter serotonin serta dopamin di dalam otak. Hal ini juga membantu tubuh dan pikiran mengatasi stres.

Penelitian tahun 2012 yang diterbitkan Avicenna Journal of Phytomedicine pertama kali meneguhkan potensi manfaat antidepresan dari biji pala. Didapati bahwa kemampuan seperti antidepresan mungkin berkat efek modulasi pala pada monoamina sentral.

  • Campurkan sejumput bubuk pala dengan 1 sendok makan jus buah malaka.
  • Minum ini 2 kali sehari untuk menenangkan pikiran dan mengurangi depresi.

Catatan: Jangan konsumsi biji pala berlebihan karena bisa menimbulkan sensasi “high”.

Manfaat Biji Pala 2: Meningkatkan Kekuatan Otak

Biji pala sangat bermanfaat untuk menjaga ketajaman pikiran dan meningkatkan kesehatan otak. Bahkan peradaban Romawi dan Yunani kuno telah menggunakan pala sebagai minuman tonik untuk otak.

Senyawa bernama myristicin di dalamnya membantu memperbaiki daya ingat dengan cara merangsang saraf-saraf di dalam otak. Pala juga memperbaiki kemampuan konsentrasi dan fokus. Selain itu, pala juga menghambat enzim yang dapat memicu penyakit Alzheimer.

Sebuah penelitian tahun 2009 yang diterbitkan Journal of Neuroimmunology mendapati bahwa biji pala hitam liar memberikan manfaat bagi otak serta sistem saraf.

Guna mendapat manfaat biji pala untuk kesehatan otak, tuangkan sejumput bubuk pala ke dalam segelas air hangat dan minumlah sekali sehari setiap sebelum tidur.

Manfaat Biji Pala 3: Mengatasi Insomnia

Kalau Anda sulit tidur malam, ada manfaat pala untuk membuat Anda tidur lebih nyenyak. Kemampuan menenangkan yang dipunyainya berfungsi sebagai obat tidur alami. Selain itu, rempah ini kaya akan magnesium yang membantu mengurangi tegang pada saraf. Magnesium juga merangsang pelepasan serotonin, sehingga menciptakan perasaan rileks atau tenang.

Minumlah segelas susu hangat yang sudah dicampur sejumput bubuk pala setiap sebelum tidur.

Alternatifnya, campurkan 2 tetes minyak esensial pala dengan 2 sendok makan minyak zaitun dan pijatkan ke dahi sebelum tidur.

Credit Photo: Shutterstock

Manfaat Biji Pala 4: Meredakan Nyeri Sendi & Otot

Biji pala mengandung banyak minyak atsiri esensial yang memiliki sifat anti-inflamasi, seperti myristicin, elemicin, dan eugenol. Hal ini memungkinkan adanya manfaat biji pala untuk mengatasi nyeri sendi dan otot.

Dalam penelitian tahun 2016 yang dimuat Food and Nutrition Research, para periset menyuntikkan tikus dengan minyak pala untuk memeriksa efek anti-inflamasi serta analgesiknya pada nyeri kronis. Temuannya memperlihatkan bahwa minyak pala sanggup meredakan bengkak dan nyeri pada sendi yang berkaitan dengan peradangan kronis.

Untuk meringankan nyeri sendi dan otot, campurkan sedikit minyak pala dengan minyak lain seperti zaitun. Lalu oleskan pada area yang sakit beberapa kali sehari.

Anda juga bisa menambahkan rempah biji pala dalam masakan untuk membantu meredakan nyeri.

Manfaat Biji Pala 5: Mengobati Jerawat

Ada juga manfaat pala untuk kesehatan kulit dengan cara menyembuhkan jerawat, salah satu masalah kulit yang menyebalkan. Kemampuan antioksidan alaminya membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas, yang penting dalam menjaga kulit bebas dari jerawat.

Biji pala juga dapat membantu mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit akibat jerawat. Selain itu juga dapat dimanfaatkan untuk menyamarkan luka bekas jerawat.

  • Buatlah salep dengan mencampurkan bubuk pala dan madu murni dengan jumlah yang sama.
  • Oleskan ke area jerawat, diamkan sampai 20 menit, lalu bilas dengan air.
  • Lakukan ini sekali sehari untuk beberapa hari.

Alternatifnya, campurkan ¼ sendok teh bubuk pala dengan susu mentah secukupnya untuk membuat salep encer. Oleskan ke area berjerawat, diamkan sampai 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini sekali setiap hari.

Manfaat Biji Pala 6: Melancarkan Pencernaan

Biji pala juga bagus untuk sistem pencernaan. Manfaat biji pala untuk kesehatan pencernaan baik untuk meringankan mual, muntah, gangguan pencernaan, kembung, gas, diare, dan juga gejala-gejala penyakit Crohn. Pala membantu meningkatkan sekresi cairan lambung dan usus, sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan.

Selain itu, minyak esensial di dalamnya memiliki efek karminatif pada sistem pencernaan. Suatu penelitian tahun 2002 yang dipublikasikan Methods and Findings in Experimental and Clinical Pharmacology mendapati bahwa ekstrak biji pala membantu mengatasi diare pada uji coba hewan.

Sewaktu menderita masalah pencernaan, cobalah tambahkan sejumput bubuk pala ke dalam sup atau masakan berkuah lainnya.

Manfaat Biji Pala 7: Mencegah Kerusakan & Lubang Gigi

Tersedia juga manfaat biji pala untuk kesehatan mulut. Karena memiliki sifat anti-bakteri, biji pala mampu secara efektif membunuh bakteri berbahaya di dalam mulut untuk membantu mencegah kerusakan dan lubang pada gigi.

Pala juga efektif mencegah dan mengatasi bau mulut, yang biasanya disebabkan oleh penumpukan bakteri di dalam mulut.

  • Parut beberapa biji pala dan campurkan sedikit minyak oregano.
  • Gunakan ini untuk menyikat gigi beberapa kali dalam seminggu.

Untuk mengatasi bau mulut, tuangkan beberapa tetes minyak pala ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

Manfaat Biji Pala 8: Mengoptimalkan Kekebalan Tubuh

Biji pala bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh berkat kandungan mineral serta vitamin di dalamnya yang memperkuat manfaat antioksidannya. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas yang melemahkan kekebalan tubuh.

Biji pala juga kaya akan potasium, zat besi, dan mangan yang berperan penting dalam memperbaiki kekebalan tubuh. Penelitian tahun 2013 yang diterbitkan Journal of Al-Nahrain University melaporkan bahwa ekstrak etanol dan aseton dari pala menciptakan aktivitas anti-bakteri melawan spesies bakteri Bacillus subtilis dan Staphylococcus aureus.

Tambahkan sedikit biji pala ke dalam susu, teh, atau sup yang dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kekebalan tubuh tetap kuat.

Manfaat Biji Pala 9: Membantu Detoksifikasi

Detoksifikasi yang baik dibutuhkan oleh tubuh. Untuk membantu detoksifikasi dan meningkatkan fungsi liver, Anda bisa menggunakan manfaat biji pala untuk kesehatan yang optimal. Pala membantu membersihkan liver dan ginjal dari racun sekaligus menguatkan fungsi mereka.s

Biji pala juga kaya akan antioksidan yang membantu mengaktifkan enzim-enzim dalam liver untuk menyingkirkan racun-racun. Juga, kandugnan mangnesium di dalamnya dibutuhkan untuk detoksifikasi sel-sel. Pala juga membantu mendetoksifikasi logam dari dalam tubuh.

Manfaat Biji Pala 10: Memperbaiki Libido Pria

Biji pala dianggap sebagai salah satu rempah yang bersifat afrodisiak. Berkat kemampuan vasodilator dan melenturkan ototnya, senyawa eugenol dalam pala bertanggung jawab atas sejumlah efek afrodisiaknya. Bukan hanya itu, kandungan magnesium dan potasium juga adalah dua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk produksi hormon seks.

Sebuah penelitian tahun 2003 yang dimuat BMC Complementary & Alternative Medicine mendapati bahwa ekstrak (50 persen etanol) dari pala dan cengkeh mampu meningkatkan aktivitas seksual pada uji coba hewan.

Walaupun tersedia beragam manfaat biji pala untuk kesehatan, Anda dianjurkan untuk tidak berlebihan mengonsumsinya. Kelebihan konsumsi biji pala dapat menimbulkan efek psikoaktif dan memicu masalah seperti perasaan resah, halusinasi, dan keracunan.

Selain itu waspadai juga efek samping mual, muntah, diare, detak jantung tak beraturan, pusing, dan mulut kering akibat kelebihan dosis biji pala. Karena itu agar bisa menikmati manfaat biji pala untuk kesehatan tanpa khawatir dengan efek sampingnya, Anda dianjurkan untuk mengonsumsinya tidak lebih dari ½ sendok teh dalam sehari.

Sumber

Top 10 Home Remedies. Nutmeg: 9 Potent Health Benefits. https://www.top10homeremedies.com/kitchen-ingredients/top-10-health-benefits-nutmeg.html

Healthline. 8 Science-Backed Benefits of Nutmeg. https://www.healthline.com/nutrition/nutmeg-benefits

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}