Manfaat Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh Anda

497

Diedit:

Para pakar kesehatan mengatakan bahwa vitamin C adalah salah satu nutrisi yang paling aman dan paling efektif. Mungkin ini bukan obat untuk flu, pilek, atau penyakit lainnya, namun manfaat vitamin C bagi tubuh sangat banyak.

Sejauh ini sudah diketahui oleh masyarakat luas bahwa manfaat vitamin C dapat memberi perlindungan terhadap gangguan sistem kekebalan tubuh, penyakit jantung, masalah kesehatan pra-melahirkan, penyakit mata, dan bahkan kerutan di kulit.

Sebuah riset baru-baru ini yang dipublikasikan dalam Seminars in Preventive and Alternative Medicine mempelajari lebih dari 100 penelitian selama 10 tahun. Dari hasil riset tersebut didapati adanya daftar yang panjang dari manfaat vitamin C.

“Vitamin C telah mendapatkan banyak sekali perhatian, dan dengan alasan yang baik. Kadar vitamin C yang tinggi di dalam darah mungkin pertanda terpenuhinya nutrisi yang ideal bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan,” kata Mark Moyad, MD, MPH, seorang peneliti dalam riset tersebut. “Semakin banyak kita mempelajari vitamin C, semakin baik juga pemahaman kita mengenai beragam manfaatnya untuk menjaga kesehatan kita, mulai dari kardiovaskular, kanker, stroke, kesehatan mata, dan imunitas tubuh, sehingga kita bisa hidup lebih lama.”

“Tapi,” Moyad menambahkan, “dosis vitamin C yang ideal mungkin lebih tinggi daripada batas gizi harian yang direkomendasikan.”

Seberapa Banyak Vitamin C yang Dikatakan Cukup?

Sebagian besar penelitian yang dilakukan Moyad dan rekan-rekannya menggunakan dosis harian 500 miligram vitamin C untuk meraih hasil yang memuaskan. Itu jauh lebih tinggi daripada rekomendasi AKG (Angka Kecukupan Gizi) yang hanya 75-90 miligram per hari bagi orang dewasa. Jadi Anda mungkin perlu mengonsumsi suplemen vitamin C untuk memperoleh semua manfaatnya, kecuali jika Anda sanggup makan banyak sayuran dan buah-buahan. Moyad menyarankan mengonsumsi 5 porsi buah dan sayuran, dan ditambah dengan suplemen 500 miligram vitamin C per hari.

Baca juga:  Kelebihan Vitamin C, Adakah Bahaya yang Harus Diwaspadai?

Moyad menyatakan tidak ada efek buruk yang signifikan dari suplemen 500 miligram, kecuali bahwa beberapa jenis suplemen dapat menyebabkan iritasi lambung. Itulah alasannya ia menganjurkan suplemen vitamin C yang sudah tidak asam. “Batas aman untuk vitamin C adalah 2000 miligram per hari, dan ada bukti kuat yang menunjukkan mengonsumsi 500 miligram setiap hari itu aman,” ujarnya.

Meski begitu, Dee Sandquist, RD, juru bicara American Dietetic Association­, menyarankan bahwa yang terbaik adalah mengupayakan makan banyak buah dan sayuran, sebelum bergantung pada suplemen.

“Upayakan makan 9 porsi buah dan sayuran setiap hari, karena Anda akan mendapatkan dosis vitamin C yang sehat sekaligus limpahnya vitamin, mineral, dan fitokimia lain yang baik untuk mencegah penyakit serta menjaga kesehatan secara keseluruhan,”katanya.

Manfaat Vitamin C bagi Kesehatan

Berdasarkan riset terbaru, vitamin C dapat memberikan manfaat kesehatan di berbagai segi berikut:

  • Stres. Vitamin C terbukti bermanfaat bagi mereka yang memiliki sistem imunitas yang lemah akibat stres. Vitamin ini bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh agar lebih optimal menjaga kesehatan tubuh.
  • Pilek. Vitamin C bukanlah obat pilek. Tetapi berbagai penelitian memperlihatkan bahwa itu bisa mencegah terjadinya komplikasi serius akibat pilek. Ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa vitamin C bisa mengurangi risiko pneumonia dan infeksi paru-paru.
  • Stroke. Suatu penelitian di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang-orang yang kadar vitamin C dalam darahnya sangat tinggi memiliki risiko stroke 42% lebih rendah. Mereka yang mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan bukan hanya mendapatkan vitamin C, tetapi juga serat, vitamin, dan mineral lainnya yang ampuh mencegah berbagai masalah kesehatan.
  • Penuaan kulit. Vitamin C memengaruhi sel-sel di luar maupun dalam tubuh. Sebuah studi oleh American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa wanita yang mengonsumsi vitamin C dosis tinggi memiliki lebih sedikit kerutan, kulit kering, dan penampilan kulit yang lebih baik secara keseluruhan.
Baca juga:  Kelebihan Vitamin C, Adakah Bahaya yang Harus Diwaspadai?

Selain itu, berbagai studi yang lain menunjukkan bahwa vitamin C juga dapat mengurangi peradangan dan mengurangi risiko kanker serta penyakit kardiovaskular.

Peran vitamin C dalam tubuh juga penting bagi pertumbuhan, perkembangan, serta perbaikan dari seluruh jaringan tubuh. Ini termasuk membantu pembentukan kolagen, penyerapan zat besi, penyembuhan luka, dan pemeliharaan tulang serta gigi. Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, zat kimia beracun, dan polusi. Jelaslah manfaat vitamin C bagi tubuh sangatlah berlimpah.

Advertisement
Alinesia