• Home
  • Blog
  • Rambutan
  • 5 Manfaat Rebusan Daun Rambutan, Turunkan Gula Darah Hingga Redakan Demam

5 Manfaat Rebusan Daun Rambutan, Turunkan Gula Darah Hingga Redakan Demam


By Cindy Wijaya

Apakah Anda suka makan buah rambutan? Rasa manisnya yang khas membuat banyak orang tidak cukup hanya mencicipi satu-dua buah saja. Rupanya bukan hanya buahnya yang bisa dikonsumsi—daun rambutan juga bisa dikonsumsi, tapi untuk keperluan kesehatan.

Meski tidak sepopuler daun dari tanaman obat lain, seperti daun sirih atau sambiloto, tapi para ahli herbal mengatakan bahwa ada manfaat rebusan daun rambutan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Bukan hanya untuk kesehatan saja, tapi rebusan daun rambutan juga baik untuk perawatan kecantikan, misalnya untuk rambut.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa saja manfaat rebusan daun rambut dan cara merebus daun rambutan.

Apa Saja Manfaat Rebusan Daun Rambutan?

Daun rambutan memiliki berbagai kandungan bermanfaat bagi kesehatan seperti tanin, saponin, flavonoid, fenol, terpenoid, dan alkaloid. Kandungan-kandungan dalam daun rambutan diketathui mempunyai manfaat sebagai anti-bakteri, antioksidan, hingga anti-diabetes. Karena itu tidak heran jika Anda bisa memperoleh manfaat-manfaat berikut jika menggunakan rebusan daun rambutan.

Menurunkan Gula Darah

Karena kandungan-kandungan bermanfaat seperti flavonoid, polifenol, dan tanin, daun rambutan berperan dalam mekanisme penurunan kadar gula darah (glukosa). Hal ini sudah diteliti dalam berbagai studi ilmiah pada hewan.

Salah satunya adalah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicine and Health Vol. 2 No. 6 (2020) yang mendapati bahwa ekstrak daun rambutan memiliki mekanisme anti-hiperglikemia dan senyawa aktif yang berperan dalam menurunkan kadar gula darah. Namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui mekanismenya secara lebih jelas.

Menghitamkan Rambut

Mungkin ini salah satu manfaat rebusan daun rambutan yang terkenal, yaitu untuk menghitamkan rambut. Karena mengandung tanin dan saponin, daun rambutan bisa membantu mengatasi atau menutupi uban yang mulai muncul pada rambut.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Science Midwifery Vol. 10 No. 4 (2022) menunjukkan bahwa warna pada rambut yang dihasilkan daun rambutan bisa stabil sampai 15 kali pencucian dan terhadap paparan sinar matahari, juga tidak menimbulkan iritasi kulit.

Mengatasi Ketombe

Manfaat daun rambutan untuk perawatan rambut juga dapat membantu mengurangi ketombe. Penelitian yang dimuat dalam Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia Vol. 8 No. 1 (2023) mendapati bahwa ekstrak daun rambutan bermanfaat sebagai anti-jamur terhadap Malassezia furfur.

Ini adalah jamur patogen yang menjadi salah satu penyebab rambut berketombe. Karena itu, penggunaan ekstrak daun rambutan dapat menghambat pertumbuhan jamur ini di kulit kepala dan mengatasi masalah ketombe.

Mengobati Diare

Ada manfaat rebusan daun rambutan dalam membantu mengobati diare karena mengandung senyawa tanin dan saponin. Tanin memiliki aktivitas adstrigen yang bekerja untuk menciutkan selaput lendir usus. Sapoinin memiliki aktivitas anti-bakteri terhadap beberapa bakteri.

Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Farmasetis Vol. 6 No. 2 (2017) menunjukkan bahwa ada efek anti-bakteri pada infusa daun rambutan terhadap Salmonela typhi—jenis bakteri yang dapat menyebabkan diare hebat.

Meredakan Demam

Manfaat rebusan daun rambutan untuk meredakan demam sudah cukup dikenal dan digunakan secara turun-temurun. Diduga manfaatnya ini karena daun rambutan memiliki aktivitas anti-bakteri yang membantu mengatasi infeksi bakteri penyebab gejala demam.

Selain diminum air rebusannya, air daun rambutan juga dapat digunakan untuk kompres pada dahi, tangan, dan kaki untuk mempercepat menurunkan demam.

Bagaimana Cara Merebus Daun Rambutan?

Seperti sudah dibahas di atas, ada manfaat rebusan daun rambutan untuk membantu menurunkan kadar gula darah dan mengobati diare. Untuk mendapat manfaat tersebut, berikut cara merebus daun rambutan:

  • Siapkan beberapa lembar daun rambutan dan jemur di bawah sinar matahari hingga kering.
  • Cuci bersih daun rambutan yang sudah kering itu dengan air mengalir.
  • Rebus dengan air secukupnya selama 10-15 menit.
  • Biarkan air rebusannya sampai dingin, lalu saring dan minum.

Selain dengan cara merebus daun rambutan, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk perawatan rambut. Cara mengolahnya agak sedikit berbeda, yaitu dengan menumbuknya. Berikut cara menumbuk daun rambutan:

  • Cuci bersih beberapa lembar daun rambutan dengan air mengalir.
  • Tumbuk daun sampai menjadi lembut.
  • Tuangkan air secukupnya sedikit demi sedikit sambil ditumbuk.
  • Peras airnya lalu usapkan ke kulit kepala dan seluruh rambut Anda.

Dengan melakukan cara di atas secara rutin setiap selesai mandi dapat membantu menghitamkan rambut dan mengatasi masalah ketombe.

Kesimpulan tentang Manfaat Rebusan Daun Rambutan

Menurut berbagai studi ilmiah, daun rambutan memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kadar gula darah, mengobati diare, menghitamkan rambut, dan mengatasi ketombe. Air rebusan daun rambutan juga digunakan secara turun temurun untuk membantu menurunkan panas demam.

Cara merebus daun rambutan cukup mudah, yaitu dengan merebus beberapa lembar daun rambutan yang sudah dikeringkan dengan air secukupnya selama 10-15 menit. Lalu airnya disaring dan diminum seperti teh.

Untuk digunakan sebagai perawatan rambut, daun rambutan bisa ditumbuk sambil dituangkan air secukupnya, lalu diperas airnya dan diusapkan ke kulit kepala dan seluruh rambut.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang manfaat daun rambutan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar pemanfaatan tanaman obat hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}