Kandungan Gizi Buah Rambutan


By Cindy Wijaya

Buah rambutan merupakan buah yang berasal dari Indonesia, jadi tidak heran jika masyarakat Indonesia sangat familiar dengan buah yang satu ini. Nama rambutan sendiri di ambil dari bahasa melayu yang artinya berambut, ya memang jika dilihat dari bentuknya buah rambutan pada kulitnya seperti memiliki rambut.

Di Indonesia sendiri terdapat beragam jenis rambutan diantaranya rambutan binjai dan aceh, namun yang paling banyak digemari dari beberapa jenis rambutan yang ada yaitu rambutan binjai.

Selain rasanya yang enak dan manis, rambutan merupakan salah satu buah yang kaya dengan gizi dan vitamin, adapun kandungan yang ada pada buah rambutan seperti zat besi dan karbohidrat. Melihat kandungan yang bermanfaat dari rambut bagi kesehatan tubuh, para pakar kesehatan merekomendasikan untuk mengkonsumsi 130 gram rambutan setiap hari.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, rambutan memiliki kandungan zat besi yang bermanfaat membantu mencegah kelelahan dan pusing akibat anemia. Selain dapat mencegah kelelahan dan pusing, sebenarnya rambutan masih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun sebelumnya, mari kita bahas kandungan gizi yang ada di buah rambutan.

Selain kandungan rambutan yang sudah dijelaskan di atas, berikut ini berbagai macam kandungan gizi yang ada pada buah rambutan diantaranya: Vitamin B6 0.02 mg, Thiamine (vit. B1) 0.013 mg, Niacin (vit. B3) 1.352 mg, Serat 0.9 g, Vitamin C 4.9 mg, Energi 343 kJ (82 kcal) dan Riboflavin (vit. B2) 0.022 mg. Selain itu rambutan juga mengandung macam macam mineral seperti Magnesium 7 mg, Iron 0.35 mg, Sodium 11 mg, Kalsium 22 mg dan Mangan 0.343 mg.

Itulah kandungan gizi dan nutrisi yang ada pada rambutan yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya apa saja manfaat buah rambutan itu, berikut adalah beberapa diantaranya

Manfaat Buah Rambutan

  • Pembentukan Darah

    Manfaat rambutan bagi kesehatan tubuh salah satunya sebagai pembentukan darah, hal ini disebabkan buah rambutan mengandung sejumlah kecil tembaga yang berfungsi sebagai pembentuk dari sel darah putih dan sel-sel darah merah

  • Anti Kanker

    Sebagaimana yang sudah dijelaskan di awal artikel, rambutan mengandung antioksidan. kandungan antioksidan ini lah yang dapat mengurangi kolesterol dan anti kanker.

  • Pencernaan yang Sehat

    Salah satu manfaat rambutan bagi kesehatan tubuh yaitu membantu pencernaan. Kandungan serat yang ada pada rambutan dapat membantu agar terhindar dari sembelit.

  • Melindungi dari Efek Radikal Bebas

    Dari berbagai macam manfaat rambutan yang disebutkan di atas, salah satu manfaat buah rambutan yang paling berguna bagi kesehatan tubuh yaitu melindungi dari efek radikal bebas. Kandungan asam Galia pada rambutan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas.

Berbagai manfaat rambutan di atas berkat adanya beragam kandungan gizi rambutan. Setelah mengetahui beberapa manfaat buah rambutan, mungkin Anda jadi lebih suka makan rambutan, bukan?

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}