Blog Herbal No. 1 Indonesia
  • Home
  • Blog
  • Almond
  • Manfaat Kacang Almond untuk Wanita, Mulai dari Kecantikan Hingga untuk Kehamilan

Manfaat Kacang Almond untuk Wanita, Mulai dari Kecantikan Hingga untuk Kehamilan


By Cindy Wijaya

Kacang almond terbukti sebagai salah satu kacang paling padat gizi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk bagi para wanita. Almond bermanfaat bagi kesehatan luar maupun dalam tubuh. Wanita dari segala usia bisa memperoleh banyak manfaat dari almond, baik itu untuk meningkatkan kecantikan fisik, mengendalikan lemak tubuh, mengendalikan mood, atau untuk kehamilan yang sehat.

Cara konsumsinya untuk memperoleh manfaat itu juga sederhana saja, cukup dengan merendam kacang almond semalaman di dalam air lalu diolah sesuai keinginan. Simaklah sejumlah manfaat kacang almond untuk wanita berikut ini.

Manfaat Kacang Almond untuk Kecantikan Wajah

Almond kaya akan vitamin E dan dapat meresap masuk ke kulit bila dioleskan. Oleh karena itu almond dapat menjadi pelembap yang efektif dan membantu pengelupasan sel kulit mati.

Kacang almond juga mengandung bentuk alami dari olein glyceride yang disebut linoleic acid yang membantu mencegah jerawat, komedo, dan kulit kering. Tidak heran jika almond sering digunakan sebagai bahan dalam berbagai kosmetik, serum kulit, dan produk perawatan kulit lainnya yang menonjolkan kandungan vitaminnya yang tinggi.

Anda bisa membuat masker wajah sederhana buatan sendiri dari kacang almond. Berikut resep masker wajah untuk memperoleh manfaat kacang almond untuk wanita yang ingin memiliki kulit cantik:

  • Rendam 5 – 6 kacang almond semalaman dalam air.
  • Haluskan kacang almond menjadi berbentuk pasta.
  • Tambahkan 2 sendok teh krim susu.
  • Tambahkan 1 sendok teh bubuk cendana.
  • Campurkan semua bahan tersebut ke dalam mangkuk.
  • Oleskan sebagai masker wajah dan biarkan sampai kering.
  • Cuci bersih wajah dengan air hangat.

Anda bisa mengganti bubuk cendana dengan sejumput bubuk kunyit, karena bubuk cendana mungkin agak sulit untuk diperoleh. Bila tidak bisa memperoleh keduanya, Anda bisa membuat masker wajah cukup dengan kacang almond dan kirim susu saja. Namun disarankan untuk menggunakan kacang almond organik.

Manfaat Kacang Almond untuk Diet Sehat

Kacang almond kaya akan lemak tak jenuh yang sehat. Terdapat 14 gram lemak tak jenuh dan 6 gram protein yang ada dalam 28.3 gram almond. Semua kandungan itu bersama dengan tekstur padat yang melekat pada almond memberikan tingkat rasa kenyang yang tinggi.

Kacang almond akan menekan keinginan untuk mengemil sehingga asupan makanan jadi lebih rendah secara keseluruhan. Oleh karena itu, terdapat manfaat kacang almond untuk wanita yang sedang ingin mengurangi mengemil agar bisa lebih langsing.

Seorang wanita rata-rata membutuhkan setidaknya 12 gram lemak tak jenuh per hari untuk menurunkan trigliserida dan mengurangi risiko mengembangkan kolesterol tinggi. Satu porsi 28,3 gram almond cukup memenuhi kebutuhan ini.

Lemak jenuh tak tunggal, dalam bentuk oleic acid, yang ada dalam almond membantu tubuh menyerap zat gizi penting dengan lebih baik, seperti vitamin A, B, E, dan K. Kesimpulannya, mungkin ada manfaat kacang almond untuk wanita yang ingin mengurangi sumber lemak lain dan meningkatkan almond sebagai sumber utama lemak tak jenuh tunggal.

Kulit almond mengandung pigmen alami yang disebut flavonoid, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Flavonoid bekerja sama dengan kandungan Vitamin E dan C dalam almond untuk meningkatkan aktivitas antioksidan dan menurunkan kolesterol berbahaya.

Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Terdapat juga manfaat kacang almond untuk wanita yang sedang hamil. Sangat penting bagi seorang ibu hamil untuk memantau asupan makanan untuk kesehatan dirinya sendiri serta bayi yang dikandungnya.

Almond mengandung asam folat (14 mikrogram dalam 28,3 gram almond) yang penting untuk pertumbuhan sel dan konfigurasi jaringan. Oleh karena itu, asam folat penting untuk pertumbuhan janin yang sehat dan menurunkan risiko cacat lahir.

Kacang almond adalah makanan yang lengkap dan mengandung banyak nutrisi yang mendukung kehamilan yang sehat. Kandungan kalsium yang baik (75 mg dalam 28,3 g almond) membantu mendorong pembentukan struktur dan kepadatan tulang bayi yang tepat.

Almond memiliki folat (vitamin B9) yang sangat penting untuk pembentukan otak dan sistem saraf yang sehat dari janin. Folat juga memberikan perlindungan terhadap cacat tabung saraf.

Manfaat Kacang Almond untuk Mengendalikan Mood

Terdapat juga manfaat kacang almond untuk wanita yang sering mengalami bad mood. Zat alami yang disbeut phenylalanine yang dimiliki almond dapat membantu mengendalikan mood dan fungsi kognitif Anda.

Zat alami ini mudah diresap ke dalam otak dan pada gilirannya mulai memproduksi bahan kimia hormonal seperti adrenalin dan dopamin. Ini membuat tubuh rileks dan meningkatkan fungsi otak.

Berikut adalah resep almond untuk membantu mengendalikan mood serta meredakan gejala kecemasan:

  • Haluskan 8 – 10 kacang almond yang sudah direndam menjadi berbentuk pasta.
  • Tambahkan 1 sendok teh pala.
  • Tambahkan sejumput bubuk jahe.
  • Campurkan semuanya dalam segelas susu hangat dan minum.

Dianjurkan untuk merendam almond semalaman untuk mengurangi risiko gangguan pencernaan. Kulit almond mengandung penghambat enzim yang kuat dengan fungsi alami melindungi biji. Perendaman menonaktifkan senyawan penghambat ini dan memulai pelepasan lipase esensial (enzim) yang membantu dalam pemecahan lemak yang tepat. Hal ini meningkatkan pencernaan dan penyerapan semua zat gizi dari kacang almond.

Perendaman juga membuat almond menjadi lebih lembut dan lebih mudah dikunyah. Kulit almond tidak boleh dibuang. Ini mengandung mineral penting, antioksidan, dan zat gizi yang membuat almond utuh dan lengkap.

Manfaat Kacang Almond sebagai Sumber Antioksidan

Almond adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Antioksidan membantu melindungi terhadap stres oksidatif, yang dapat merusak molekul dalam sel Anda dan berkontribusi terhadap peradangan, penuaan, dan penyakit seperti kanker.

Antioksidan kuat dalam almond sebagian besar terkonsentrasi di lapisan cokelat dari kulitnya. Untuk alasan ini, kacang almond yang kulitnya sudah dihilangkan bukanlah pilihan terbaik dari sudut pandang kesehatan.

Sebuah uji klinis pada 60 perokok mendapati bahwa sekitar 84 gram almond per hari mengurangi biomarker stres oksidatif sebesar 23 – 34 persen selama jangka waktu empat minggu.

Temuan ini mendukung hasil-hasil penelitian lain yang mendapati bahwa memakan almond dapat mengurangi sejumlah penanda kerusakan oksidatif.

Jadi sebagai kesimpulannya, terdapat manfaat kacang almond untuk wanita, mulai dari menjaga kecantikan wajah, membantu diet yang sehat, mengendalikan mood, membantu kehamilan yang sehat, serta sebagai sumber antioksidan untuk mencegah penuaan dan penyakit.

Demikianlah artikel ini yang membahas mengenai manfaat kacang almond untuk wanita. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Baca juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Healthline. 9 Evidence-Based Health Benefits of Almonds. https://www.healthline.com/nutrition/9-proven-benefits-of-almonds

American Export House. 3 Reasons why Almonds are the Best Nut for Women Health. http://www.americanexporthouse.com/blogs/almond-for-women-health/

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review ★★★★★

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}