Ini Dia 7 Manfaat Ginkgo Biloba untuk Kesehatan Anda

109
Manfaat Ginkgo Biloba untuk Kesehatan
Credit Photo: Westend61 GmbH / Alamy Stock Photo

Diedit:

5
(1)

Ginkgo biloba adalah herbal yang paling sering dikonsumsi untuk kesehatan otak. Tetapi tahukah Anda bahwa ginkgo biloba juga memiliki beragam manfaat lain, misalnya untuk kesehatan mata, kesehatan kulit, untuk membantu mengatasi vertigo, dan dapat dikonsumsi oleh pria, wanita, dewasa, maupun anak-anak.

Untuk membantu Anda memahami tentang penggunaan herbal ini, artikel ini akan mengulas mengenai manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan. Informasi di dalam artikel ini dirangkum dari berbagai sumber situs web kesehatan yang dapat dipercaya.

Apa Saja Manfaat Gingko Bikoba untuk Kesehatan?

Ginkgo bikoba merupakan tanaman herbal yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional Cina selama lebih dari 1000 tahun. Herbal ini kemudian populer di berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia sejak beberapa tahun belakangan ini.

Herbal ini sering digunakan sebagai suplemen untuk kesehatan, yang sebagian besar berfokus pada kesehatan fungsi otak dan sirkulasi darah. Apa saja manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan? Berikut adalah ulasannya.

Manfaat Ginkgo Biloba untuk Kesehatan Fungsi Otak

Diyakini bahwa ginkgo dapat meningkatkan fungsi otak pada orang-orang yang masih tergolong sehat. Sejumlah penelitian kecil mendukung hal tersebut, dimana hasilnya menunjukkan bahwa ginkgo sanggup meningkatkan kemampuan dan kesejahteraan mental.

Hasil dari penelitian-penelitian seperti ini telah menimbulkan klaim bahwa ginkgo biloba bermanfaat untuk meningkatkan memori, fokus, dan rentang perhatian. Akan tetapi, ulasan penelitian yang luas mengenai hal ini menyimpulkan bahwa suplemen ginkgo tidak menghasilkan peningkatan yang terukur dalam memori, fokus, maupun rentang perhatian.

Jadi walaupun konsumsi suplemen ginkgo mungkin dapat meningkatkan kemampuan mental, tidak ada jaminan bahwa semua orang pasti akan mendapat manfaat ini.

Manfaat Ginkgo Biloba untuk Sirkulasi Darah

Ginkgo tampaknya mempunyai kemampuan untuk meningkatkan aliran darah ke berbagai bagian tubuh. Sebuah penelitian pada para penderita penyakit jantung yang mengonsumsi ginkgo menunjukkan bahwa mereka langsung mengalami peningkatan sirkulasi darah ke berbagai area tubuh. Ini dikaitkan dengan peningkatan 12% dalam kadar nitrit oksida yang bersikulasi, yakni senyawa yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah.

Demikian pula, penelitian lain memperlihatkan efek yang sama dialami oleh orang dewasa yang berusia lebih tua yang diberikan suplemen ekstrak ginkgo.

Penelitian-penelitian lain juga memperlihatkan adanya potensi manfaat ginkgo untuk melindungi kesehatan jantung dan pencegahan stroke. Ada beberapa dugaan untuk menjelaskan potensi ini, salah satunya mungkin karena senyawa anti-inflamasi yang dimiliki oleh ginkgo.

Namun masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami sepenuhnya bagaimana pengaruh ginkgo terhadap sirkulasi darah serta kesehatan jantung dan otak.

Manfaat Ginkgo Biloba untuk Kesehatan Mata

Saat ini masih sedikit penelitian yang menyelidiki manfaat gingko biloba untuk kesehatan mata. Akan tetapi hasil penelitiannya cukup menjanjikan. Salah satu ulasan penelitian menunjukkan bahwa para penderita glaukoma yang mengonsumsi ginkgo mengalami peningkatan sirkulasi darah ke mata, meski ini tidak selalu berarti penglihatan akan jadi lebih baik.

Ulasan lain dari dua penelitian mengevaluasi efek ekstrak ginkgo pada perkembangan degenerasi makula terkait penuaan. Beberapa partisipan penelitian ini melaporkan mengalami perbaikan penglihatan, meski ini tidak cukup signifikan secara statistik.

Baca juga:  Kenali Efek Samping Ginkgo Biloba Sebelum Menggunakannya

Banyak dari hasil-hasil positif tersebut tampaknya berkaitan dengan manfaat ginkgo biloba untuk meningkatkan sirkulasi darah ke mata.

Namun masih belum jelas apakah ginkgo mampu meningkatkan penglihatan pada mereka yang belum menderita gangguan penglihatan.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan apakah manfaat ginkgo biloba dapat meningkatkan kemampuan penglihatan atau memperlambat perkembangan penyakit mata degeneratif.

Manfaat Ginkgo Biloba untuk Mengatasi Vertigo

Penelitian telah menyelidiki manfaat ginkgo biloba untuk vertigo dan telah terbukti efektif. Penelitian tersebut didokumentasikan dalam sebuah artikel ilmiah berjudul “Treatment of Vertigo: A Randomized, Double-Blind Trial Comparing Efficacy and Safety of Ginkgo biloba Extract EGb 761 and Betahistine” yang dipublikasikan oleh jurnal International Journal of Otolaryngology.

Penelitian itu membuktikan bahwa manfaat ekstrak ginkgo biloba EGb-761 (ekstrak daun ginkgo biloba yang telah terstandarisasi) setidaknya sama efektifnya dengan obat anti-vertigo yang paling sering diresepkan di dunia, betahistine, dalam pengobatan sindrom vertiginous (vertigo). Sindrom vertiginous adalah kondisi dimana seseorang mengalami sensasi bergerak atau berputar meskipun sedang diam saja.

Bukan hanya untuk vertigo, manfaat ginkgo biloba juga dapat membantu mengatasi masalah sakit kepala lainnya. Contohnya, apabila masalah sakit kepala disebabkan oleh stres berlebihan, gingko dapat berguna karena mengandung anti-inflamasi dan antiokisdan.

Apabila sakit kepala berkaitan dengan kurangnya sirkulasi darah atau pembuluh darah yang menyempit, ginkgo dapat berguna karena membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

Manfaat Ginkgo Biloba untuk Anak Penderita ADHD

Ginkgo biloba telah sering digunakan untuk membantu mengatasi masalah fungsi otak dan neurologis. Kini ada sejumlah bukti yang menunjukkan manfaat ginkgo biloba untuk membantu anak penderita ADHD (attention deficit / hyperactivity disorder).

Salah satu penelitian mendapati manfaat ginkgo biloba untuk mengurangi gejala ADHD pada anak yang mengonsumsi ekstrak ginkgo. Didapati bahwa anak-anak yang mengonsumsi 240 mg ekstrak ginkgo biloba setiap hari selama 3 – 5 minggu mengalami pengurangan gejala ADHD dengan hanya sedikit efek samping negatif.

Namun penelitian lain pada tahun 2010 menemukan hasil yang sedikit berbeda. Para paritispan dari penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok, satu mengonsumsi ginkgo dan satunya lagi mengonsumsi obat methylphenidate.

Kedua kelompok itu mengalami peningkatan kondisi, tetapi lebih efektif hasilnya pada kelompok yang mengonsumsi methylphenidate. Meski begitu, penelitian ini juga menunjukkan potensi manfaat dari ginkgo biloba untuk anak penderita ADHD.

Manfaat Ginkgo Biloba untuk Kesehatan Seksual Pria Dewasa

Ada sejumlah bukti yang menunjukkan manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan seksual pria dewasa. Contohnya adalah untuk membantu mengatasi disfungsi ereksi atau libido (gairah seksual) yang rendah.

Ginkgo mempunyai kemampuan untuk meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah, yang meningkatkan sirkulasi melalui pelebaran pembuluh darah. Sebagai hasilnya, ginkgo juga punya manfaat untuk mengatasi berbagai gejala disfungsi seksual pria dengan meningkatkan aliran darah ke area-area tubuh yang berkaitan.

Beberapa penelitian telah menyelidiki penggunaan ginkgo untuk mengobati disfungsi seksual yang disebabkan oleh konsumsi obat antidepresan (SSRI). Hasilnya memperlihatkan bahwa ginkgo tidak lebih efektif daripada plasebo (obat kosong) yang digunakan dalam penelitian-penelitian itu.

Baca juga:  Kenali Efek Samping Ginkgo Biloba Sebelum Menggunakannya

Selain itu,mungkin ada interaksi antara ginkgo dan obat-obatan SSRI, yang dapat membuatnya kurang efektif.

Menggunakan ginkgo biloba untuk manfaat kesehatan seksual pria dewasa memang masuk akal, tetapi belum banyak penelitian yang mendukungnya saat ini.

Manfaat Ginkgo Biloba untuk Mengurangi Gejala PMS

Gejala PMS (premenstrual syndrome) atau sindrom pra-menstruasi adalah keluhan-keluhan yang biasa dialami oleh seorang wanita menjelang periode menstruasi. Penelitian tahap awal menunjukkan bahwa ginkgo dapat membantu mengatasi gejala-gejala fisik dan psikologis dari sindrom pra-menstruasi.

Salah satu penelitian yang melibatkan 85 mahasiswi mengungkapkan adanya 23% pengurangan dalam gejala PMS selama mereka mengonsumsi ginkgo. Menariknya, kelompok mahasiswi yang mengonsumsi plasebo juga melaporkan mengalami sedikit pengurangan gejala PMS, meskipun pengurangannya jauh lebih rendah (8,8%).

Karena itu dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk lebih memahami hubungan sebab dan akibat antara manfaat ginkgo biloba dan gejala PMS.

Berapa Dosis Aman untuk Mengonsumsi Ginkgo Biloba?


Informasi mengenai dosis aman ginkgo biloba diperoleh dari situs web kesehatan Examine.com. Suplemen ginkgo biloba dapat dikonsumsi dalam dosis 120 – 240 mg sebelum melakukan aktivitas tertentu, untuk meningkatkan kemampuan kognitif.

Untuk mengurangi penurunan kognitif pada orang dewasa, suplemen ginkgo biloba dapat dikonsumsi dalam dosis 40 – 120 mg, sebanyak tiga kali sehari.

Suplemen dari ginkgo biloba yang sudah terstandarisasi disebut dengan nama EGb-761. Suplemen tersebut harus berupa ekstrak pekat dengan perbandingan 50 : 1.

Suplemen ginkgo biloba tidak boleh diminum dengan perut kosong. Artinya Anda harus meminumnya tepat sebelum, sesudah, atau bersamaan dengan saat Anda makan.

Kesimpulan tentang Manfaat Ginkgo Biloba untuk Kesehatan

Ginkgo biloba memiliki kandungan anti-inflamasi dan antioksidan serta kemampuan untuk memperbaiki sirkulasi darah. Ketiga karakteristik ginkgo biloba itu bekerja sama untuk memberikan beragam manfaat pada tubuh serta untuk membantu mengatasi masalah kesehatan pada pria, wanita, dewasa, maupun anak-anak.

Walaupun ginkgo telah digunakan selama lebih dari 1000 tahun, namun sayangnya masih belum jelas dipahami bagaimana cara kerjanya. Banyak dari penelitian yang sudah ada sekarang masih kurang jelas atau tidak konsisten hasilnya. Dan itu perlu diingat sebelum Anda memutuskan untuk mulai mengonsumsinya.

Sama seperti suplemen herbal lainnya, ada risiko dari penggunaan ginkgo biloba. Bahkan dilaporkan bahwa herbal ini dapat memicu risiko kesehatan yang serius apabila dikonsumsi secara tidak tepat atau bersamaan dengan jenis-jenis obat tertentu. Mengenai hal ini dapat Anda baca selengkapnya di sini: “Kenali Efek Samping Ginkgo Biloba Sebelum Menggunakannya

Jadi apabila Anda berminat untuk mencoba mengonsumsi ginkgo biloba, ada baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter atau ahli kesehatan yang dapat dipercaya. Dengan mengonsumsinya secara bijaksana, semoga Anda bisa mendapat manfaat yang sepenuhnya dari herbal ini tanpa harus mengalami efek samping yang merugikan.


Sumber Referensi:

Hill, Ansley. 12 Benefits of Ginkgo Biloba (Plus Side Effects & Dosage). Published: 2018-05-29. URL: https://www.healthline.com/nutrition/ginkgo-biloba-benefits. Accessed: 2019-12-30

Sokolova, Larysa, dkk. (2014). Treatment of Vertigo: A Randomized, Double-Blind Trial Comparing Efficacy and Safety of Ginkgo biloba Extract EGb 761 and Betahistine. International Journal of Otolaryngology. 2014: 682439. DOI: 10.1155/2014/682439

Story, Colleen M. & Goldman, Rena. Herbal Remedies for ADHD. Reviewed: 2017-09-22. URL: https://www.healthline.com/health/adhd/herbal-remedies. Accessed: 2019-12-30

Examine.com. Ginkgo Biloba. Updated: 2019-05-30. URL: https://examine.com/supplements/ginkgo-biloba/. Accessed: 2019-12-30


Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Rating: 5 / 5. Pemilih: 1

Ikuti media social kami untuk terus terhubung dengan deherba.com!

Maaf sekali artikel ini belum bermanfaat untuk Anda

Bantu kami untuk meningkatkan artikel ini!