Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

349

Diedit:

Sirih adalah tanaman herbal asli Indonesia yang hidup merambat atau bertopang di batang pohon tanaman lain. Bagian yang paling sering dimanfaatkan ialah daun sirih. Karena termasuk sebagai fitofarmaka (tanaman obat), maka tentu saja manfaat daun sirih untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi.

Daun sirih memiliki minyak atsiri yang mengandung betlephenol, seskuiterpen, diatase, pati, zat samak, gula, dan kavikol yang punya kemampuan membunuh kuman, anti jamur, fungisida, serta antioksidasi. Manfaat daun sirih dapat didapatkan apabila diolah dan dikonsumsi dengan cara yang benar.

Ingat Ini!

Meskipun daun sirih berkhasiat bagi kesehatan, namun kebiasaan mengunyah sirih pinang—menyirih—sama sekali tidak sehat! Sirih pinang terdiri dari daging buah pohon pinang serta sedikit kapur yang dibungkus menggunakan daun sirih. Banyak orang yang kecanduan menyirih sirih pinang memiliki bercak-bercak noda di gigi dan sangat berisiko mengalami penyakit gusi. Mereka bisa jadi menderita radang mukosa mulut, atau bahkan kanker mulut.

Ada beragam manfaat daun sirih untuk kesehatan, beberapa diantaranya yaitu:

Mengobati radang tenggorokan: Untuk mengobati radang tenggorokan, Anda bisa merendam 3 lembar daun sirih dalam segelas air panas kemudian tunggu hingga airnya dingin. Berkumurlah dengan air tersebut dengan mendongakkan kepala ke atas agar airnya bisa dirasakan sampai ke tenggorokan. Berkumurlah sehari tiga kali.

Mengobati masalah gusi: Untuk mengobati pembengkakan gusi: rebus sampai mendidih 5-6 lembar daun sirih bersama 3 gelas air. Saring air rebusan tersebut, tambahkan garam, kemudian berkumurlah dengannya sehari 3 kali.

Untuk mengobati pendarahan gusi, rebuslah 10 lembar daun sirih bersama 5 gelas air sampai bergolak-golak. Saring air rebusan dan gunakan untuk berkumur sampai pendarahan berkurang.

Menghilangkan bau badan: Manfaat daun sirih yang ini bisa didapatkan dnegan merendam 2-3 lembar daun sirih dengan setengah gelas air panas, lalu ditambahkan 1 sendok teh gula putih. Tunggu sampai air jadi hangat lalu diminum.

Baca juga:  Khasiat Daun Sirih Merah

Menghilangkan bau mulut: Rebuslah 5-6 daun sirih bersama 2 gelas air hingga mendidih. Biarkan sampai dingin kemudian saring, berkumurlah setiap pagi dan sore hari untuk mengurangi dan menghilangkan bau mulut.

Menghentikan mimisan: Gulung satu lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih kemudian secara perlahan masukkan ke hidung yang mimisan untuk menghambat aliran darah yang keluar.

Sebagai obat pengusir hama alami: Bahan aktif fenol serta kavikol yang dimiliki daun sirih bisa dimanfaatkan sebagai pestisida alami untuk mengendalikan serangan hama pada tanaman.

Membantu Mengobati Keputihan: Rebus beberapa lembar daun sirih dengan air secukupnya hingga mendidih. Kemudian saring dan minum air rebusan tersebut. Air rebusan daun sirih juga bisa digunakan untuk membasuh organ kewanitaan.

Ada banyak sekali manfaat daun sirih yang sebenarnya bisa didapatkan dengan mudah. Anda mungkin sudah menanamnya di halaman rumah Anda. Jadi, manfaatkanlah tanaman herbal ini untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Hanya saja, pastikan Anda tidak sering mengonsumsi daun sirih dan hindari cara mengonsumsi dengan mengunyahnya karena justru bisa menimbulkan penyakit mulut.

Advertisement
Alinesia