Manfaat Daun Sirih Merah

494

Diedit:

Anda pasti sudah akrab dengan tanaman sirih. Mungkin Anda sudah menanamnya di pekarangan rumah, dan siap dimanfaatkan apabila ada keluhan tertentu. Ya, tampaknya manfaat daun sirih sudah amat dikenal oleh masyarakat. Tapi tahukah Anda manfaat daun sirih merah? Sirih merah merupakan jenis tanaman herbal yang diyakini juga berkhasiat bagi kesehatan.

Tanaman sirih merah mirip dengan sirih biasa hanya saja di daunnya ada corak kemerahan. Corak kemerahan itulah yang memberikan estetika keindahan sehingga banyak yang menanamnya sebagai tanaman hias. Dan sebagai tanaman herbal, sirih merah tentunya juga punya manfaat bagi kehatan Anda.

Sayangnya, hingga saat ini penelitian terhadap manfaat daun sirih merah masih kurang diupayakan. Pemanfaatan dan pembuktian khasiat daun sirih merah selama ini hanya didasarkan pada bukti empiris atau berdasarkan pengalaman turun-temurun. Di daerah Jawa, khususnya Kraton Yogyakarta, daun sirih merah sudah sejak lama digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Berikut adalah sejumlah manfaat daun sirih merah:

Meredakan Gejala Maag. Cuci beberapa lembar daun sirih merah kemudian tumbuk sampai halus. Tuangkan sedikit air panas dan oleskan ke bagian perut secara merata.

Mengobati Mimisan. Cuci bersih selembar daun sirih merah lalu gulung untuk dimasukkan secara perlahan ke lubang hidung yang mengalami perdarahan.

Mengobati Mata Merah. Cuci bersih 5 lembar daun sirih merah dan rebus sampai mendidih bersama 2 gelas air. Biarkan sampai air rebusan sirih merah agak dingin dan teteskan secara perlahan ke mata yang merah.

Menyembuhkan Gusi Berdarah. Rebuslah 5 lembar daun sirih merah dengan 2 gelas air hingga menidih. Biarkan dulu sampai airnya dingin baru kemudian gunakan sebagai obat kumur sampai pendarahan berhenti.

Menyembuhkan Sariawan. Cuci bersih 1 atau 2 lembar daun sirih merah yang masih muda kemudian kunyah sampai daun hancur lalu buang.

Baca juga:  Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Mengobati Batuk. Cuci 5 lembar daun sirih merah sampai bersih, rebus hingga mendidih dengan 2 gelas air. Biarkan air mendidih sampai hanya tersisa 1 gelas saja. Tambahkan madu secukupnya dan minumlah 2 kali sehari secara rutin sampai batuk sembuh.

Meredakan Gatal-Gatal. Cuci sampai bersih kira-kira 20 lembar daun sirih merah lalu rebus hingga mendidih dengan air secukupnya. Air rebusan tersebut dapat Anda gunakan untuk mandi dengan dicampurkan dengan air dingin biasa.

Mengobati Luka Bakar. Petik beberapa lembar daun sirih merah dan cuci sampai bersih. Remas dengan tangan sampai mengeluarkan sari, kemudian beri beberapa tetes madu. Oleskan sari daun sirih merah tersebut ke bagian kulit yang mengalami luka bakar. Lakukan ini setiap pagi dan sore hari sampai luka bakar akhirnya pulih.

Manfaat daun sirih merah memang belum dibuktikan oleh penelitian ilmiah. Namun tidak ada salahnya Anda mencoba tanaman herbal yang satu ini, terlebih sudah banyak pengalaman turun-temurun yang membenarkan khasiatnya.

Advertisement
Alinesia