Aneka Ragam Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengatasi Jerawat

343
Wikipedia.org

Diedit:

Apakah Anda sering kehilangan fokus atau merasa mengantuk padahal sedang melakukan sesuatu yang penting? Atau apakah ada banyak jerawat yang muncul merusak penampilan Anda? Kelihatannya tidak ada kaitannya antara dua masalah tadi, tapi sebenarnya Anda bisa mengatasi keduanya dengan 1 bahan alami; daun sirih!

Bukan hanya dua masalah tadi, ada banyak masalah kesehatan umum yang dapat dengan mudah diatasi oleh daun sirih atau minyaknya. Penasaran apa saja manfaat daun sirih bagi kesehatan? Bacalah artikel ini sampai habis.

Apa sebenarnya tanaman sirih itu? Sirih (Piper betle) adalah tanaman asli Indonesia yang bertumbuh dengan merambat pada pohon lain. Daun dari tanaman sirih bentuknya menyerupai hati, dan telah lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Selain digunakan khasiat pengobatannya, sirih juga banyak ditanam hanya sebagai tanaman hias.

Sebagai Analgesik

Daun sirih adalah analgesik alami yang bermanfaat untuk meredakan rasa sakit. Bisa digunakan untuk mengurangi sakit akibat luka, memar, ruam, peradangan (internal maupun eksternal), gangguan pencernaan, sembelit, dan lain sebagainya. Anda hanya perlu melumatkan beberapa daun sirih secukupnya dan mengoleskannya ke bagian tubuh yang terasa sakit.

Meringankan Sembelit

Daun sirih mengandung kebaikan antioksidan. Antioksidan membersihkan radikal-radikal bebas dari dalam tubuh. Hal ini mengembalikan kadar pH normal dari kondisi sakit perut. Sebagai hasilnya, sembelit pun berkurang. Anda hanya perlu mencincang daun risih dan merendamnya dalam air semalaman. Minumlah air tersebut keesokan harinya pada saat perut masih kosong.

Melancarkan Pencernaan

Khasiat daun sirih bagus untuk pencernaan karena memiliki kandungan karminatif, intestinal, anti-kembung, dan gastroprotektif. Minyak esensial di dalamnya bisa dimanfaatkan untuk memijat perut sehingga membantu sekresi asam pencernaan dan cairan lambung.

Untuk anak-anak yang menderita gangguan pencernaan, bisa dicoba merebus daun sirih dengan sedikit lada. Saring, dan berikan 2 sendok teh rebusan ini kepada anak sebanyak 2 kali sehari untuk membantu penyembuhannya.

Manfaat daun sirih juga untuk meningkatkan metabolisme tubuh, karena mampu memicu sirkulasi dan menstimulasi usus untuk menyerap mineral serta nutrisi vital lain. Limbah buangan pencernaan bisa dengan mudah disingkirkan melalui kinerja otot sfingter yang lebih baik. Kinerjanya juga merupakan hasil stimulasi yang dipicu oleh daun sirih.

Mengurangi Nyeri Lambung

Daun sirih sangat membantu mengurangi gejala-gejala GERD. Daun ini membuat bagian usus duodenum bebas dari radikal bebas berbahaya dan racun. Hal ini semakin mengurangi keasaman yang disebabkan karena kadar pH yang tidak seimbang di dalam perut.

Kadar pH optimal membantu mengurangi masalah perut kembung. Gas-gas buangan akan melewati kontraksi dan ekspansi otot sfingter. Hal ini membantu mengurangi masalah kenaikan asam lambung. Oleh karena itu, nyeri lambung bisa diredakan dengan mengonsumsi daun sirih.

Baca juga:  Khasiat Daun Sirih Merah

Menambah Nafsu Makan

Hilangnya selera makan juga bisa merupakan dampak dari sakit perut. Kadar pH normal akan memicu hormon lapar untuk dilepaskan dalam jumlah yang optimal. Manfaat daun sirih sangat bagus untuk menormalkan kembali kadar pH di dalam perut dengan cara menyingkirkan semua racun-racun dari dalamnya. Dengan begitu juga membantu menambah nafsu makan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Menjaga Kesehatan Mulut

Daun sirih berguna untuk menyegarkan bau mulut, melindungi mulut dari kuman, bakteri, dan patogen oral lainnya. Anda bisa mencoba berkumur di pagi dan malam, setiap hari, dengan campuran 1 tetes minyak daun sirih dengan 1 gelas air hangat. Anda juga bisa merebus beberapa daun sirih dalam air dan menggunakanya sebagai obat kumur. Ini juga membantu mengobati sakit mulut.

Mengatasi Masalah Pernapasan

Khasiat daun sirih bagus untuk pernapasan. Daun ini membantu mengatasi batuk dan pilek, juga mampu melegakan gejala-gejala sesak dada dan asma. Daun sirih bahkan juga membantu penyembuhan dari gangguan pernapasan.

Anda bisa merebus beberapa daun sirih bersama dengan kapulaga, cengkeh, kemukus, dan kayu manis dalam 2 gelas air. Rebus sampai airnya tinggal sekitar 1 ½ gelas. Saring dan minumlah ramuan ini 3 kali sehari untuk melegakan gangguan pernapasan.

Mengatasi Batuk

Daun sirih bisa jadi bahan alami untuk membuat obat batuk. Di dalamnya terkandung kebaikan dari antibiotik yang akan mengatasi lendir dan juga mengurangi peradangan akibat gejala batuk yang terus-menerus. Anda hanya perlu merebus beberapa daun sirih di dalam air, lalu tambahkan cengkeh dan kapulaga ke dalamnya kemudian panaskan lagi. Minumlah ramuan obat batuk ini minimal 3 kali sehari.

Meringankan Bronkitis

Salah satu manfaat daun sirih yang terbaik adalah kegunaannya sebagai obat bronkitis alami. Daun sirih mengurangi peradangan di sepanjang bronkus dan paru-paru. Hal ini akan mengencerkan dahak atau lendir sehingga sesak dada berkurang, dan pernapasan jadi lebih lega.

Sebagai Antiseptik

Daun sirih kaya akan kandungan polifenol, terutama chavicol. Karena itu mampu melindungi Anda dari kuman-kuman. Sebagai antiseptik, daun sirih dapat dioleskan pada luka untuk membunuh kuman-kuman. Dan karena mengandung polifenol, Anda juga bisa menggunakannya untuk mengatasi peradangan seperti pada artritis dan orkitis. Mengoleskan daun sirih yang sudah dilumatkan bisa berguna sebagai pereda rasa sakit dan bahan anti peradangan.

Baca juga:  Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Sebagai Antijamur

Daun sirih juga bermanfaat sebagai antijamur. Infeksi jamur umumnya terjadi pada area-area tubuh yang lembap. Anda bisa memanfaatkan daun sirih sebagai bahan alami untuk mencegah infeksi jamur pada area-area tersebut.

Meredakan Sakit Punggung dan Ketegangan Otot

Anda bisa memanfaatkan khasiat daun sirih untuk mengurangi sakit punggung bagian bawah. Coba pijat punggung bagian bawah dengan minyak daun sirih. Hal ini juga memberikan kelegaan dari ketegangan otot, kemerahan, dan pembengkakan.

Menyembuhkan Luka dan Infeksi

Manfaat daun sirih termasuk untuk menyembuhkan luka dan infeksi. Tumbuk beberapa daun sirih, ambil sari-sarinya, dan oleskan itu ke luka atau infeksi. Kemudian taruh daun sirih di atasnya dan balut dengan perban. Luka akan sembuh kira-kira dalam 2 hari karena daun sirih mencegah pertumbuhan mikroba berbahaya pada luka atau infeksi.

Meningkatkan Konsenstrasi

Kalau Anda merasa lesu atau kurang konsentrasi, maka daun sirih merupakan obat alami yang baik untuk meningkatkan kewaspadaan. Minumlah 1 sendok teh sari daun sirih dicampur dengan madu secukupnya. Ini memperbaiki fungsi mental dan mengatasi kelemahan. Juga memberi energi sehingga mengatasi kelesuan yang dialami.

Menyembuhkan Jerawat dan Masalah Kulit Lain

Anda bisa memanfaatkan daun sirih untuk mengobati jerawat, komedo, dan masalah kulit lain. Kemampuan antimikroba di dalamnya membantu menyembuhkan luka pada kulit, alergi, gatal, juga masalah bau badan. Lumatkan beberapa daun sirih dan ambil sarinya, campurkan dengan sedikit kunyit lalu oleskan pada jerawat.

Anda juga bisa merebus daun sirih dalam air, lalu menggunakan air rebusannya sebagai pencuci muka untuk mengobati sekaligus mencegah berbagai masalah kulit. Penggunaan secara teratur akan membantu membersihkan noda dan jerawat dalam beberapa hari. Kemampuan antimikroba dan antiseptik yang kuat membantu mengobati infeksi pada kulit.

Kini Anda sudah tahu bahwa ada begitu banyak khasiat daun sirih untuk membantu penyembuhan berbagai masalah kesehatan. Tapi berhati-hatilah dengan kebiasaan yang disebut ‘menyirih’—yaitu mengunyah campuran buah pinang dan kapur yang dibungkus daun sirih. Kebiasaan ini menyebabkan ketagihan dan berbagai dampak buruk bagi kesehatan. Menyirih dapat meninggalkan bercak-bercak noda di gigi, juga berisiko mengakibatkan penyakit gusi, radang mukosa mulut, bahkan kanker mulut!

Dengan limpahnya manfaat daun sirih bagi kesehatan, maka tak heran jika banyak orang menanamnya di sekitar rumah mereka. Apakah Anda juga punya tanaman sirih, atau mungkin tetangga Anda yang menanamnya? Kalau begitu, berarti mudah sekali bagi Anda untuk mulai menggunakannya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti di atas.

Advertisement
Alinesia