Temukan Khasiat Si Hitam Buah Duwet alias Jamblang

406
buah duwet
sumber : lifealth.com

Diedit:

Anda pernah mendengar buah jamblang? Atau mungkin lebih familiar dengan buah duwet? Buah yang dikenal dengan bentuknya yang serupa anggur, sedikit memanjang dan memiliki warna ungu kehitaman yang pekat ini memang sekarang sudah relatif langka. Sayang sekali sebenarnya, mengingat rupanya ada banyak manfaat duwet yang sayang untuk dilewatkan.

Buah duwet termasuk jenis buah tropis dan banyak tersebar di kawasan Asia. Anda dapat menemukannya di  sebagian besar kawasan Asia tenggara hingga India. Belakangan oleh masyarakat India, buah hitam ini dikenalkan pada dunia kuliner Amerika .

Di Amerika buah ini biasa ditambahkan pada makanan penutup seperti puding  atau es buah. Juga menjadi tambahan pada salad. Rasanya yang masam manis sesuai menjadi hidangan yang menyegarkan.  Mereka juga menemukan bagaimana buah ini rupanya kaya akan nutrisi, fitokimia dan tentu saja sejumlah khasiat yang baik untuk tubuh kita.

Mengenal Lebih Jauh Buah Duwet

Menurut Wikipedia, tanaman yang bernama latin Syzygium cumini ini termasuk dalam bangsa jambu-jambuan. Tanaman jambang memiliki bentuk pohon sedikit menyerupai tanaman jambu air, berdahan rindang, batang yang cukup besar dan bercabang-cabang.  Dahannya rendah bertajuk sedikit membulat tidak beraturan dengan kulit pohon sedikit coklat keputihan.

Tipe daun juga serupa dengan tanaman jambu-jambuan lain lonjong menyirip, tumbuh berhadapan pada batang.  Tanaman jamblang juga berbunga kecil-kecil dengan warna putih. Bentuknya seperti bel kecil berkelopak rapat.

Sedang buah duwet ini memiliki ciri yang sangat khas. Bentuk buahnya menyerupai anggur hitam, tetapi lebih lonjong. Kulitnya tipis berkilap, masih mengingatkan kita dengan kulit anggur hitam yang berkilat. Daging buahnya putih, dengan tengah keunguan.

manfaat jamblang
Sumber: 123rf

Kandungan Nutrisi dalam Buah Jamblang

Buah duwet yang juga dikenal dengan sebutan jamun, plum hitam atau plum jawa ini sebenarnya kaya akan nutrisi. Sayang sekali kini buah ini mulai langka. Dan sebelumnya juga sekedar dipandang sebelah mata.

Buah ini diketahui kaya akan vitamin C. Vitamin C dalam buah plum jawa ini relatif tinggi mencapai 11.85 mg untuk tiap 100 gramnya. Selain itu juga terkandung komponen vitamin A dan E meski kadarnya tidak sebanyak vitamin C.

Komponen yang juga dominan dari buah ini adalah vitamin B kompleks. Terbukti dalam jamblang terkandung kadar vitamin B1 (thiamine), B2 (Riboflavin), B3 (Niasin), B5 (Asam Pantotenat), B6 (Piridoksin) dan asam folat atau B9 dalam kadar relatif tinggi.

Dalam buah jamblang ini juga terkandung komponen mineral seperti kalsium, zat besi, kalium, zink, magnesium, mangan dan masih banyak lagi. Kandungan kalium dan kalsium dalam buah ini relatif tinggi.

Selain itu, dalam buah ini juga terkandung sejumlah komponen fitokimia seperti antosianin, kaempherol, tannine, flavonoid, sterol, asam fenolat dan beberapa komponen fitokimia anti oksidan lain. Terkandung pula kadar serat yang terdiri dari komponen serat larut dan serat tidak larut.

Manfaat Duwet untuk Kesehatan

Merujuk pada fakta akan adanya sejumlah nutrisi penting dalam buah duwet dan bagaimana buah ini juga dilengkapi dengan sederet kandungan fitokimia bermanfaat, dapat ditarik kesimpulan buah duwet atau jamblang ini sudah tentu kaya akan manfaat.

Dan beberapa manfaat duwet yang utama adalah sebagai berikut.

Baik untuk Kesehatan Kulit

Jamun atau jamblang ini dapat menjadi salah satu terapi sederhana untuk menstimulasi kesehatan kulit. Ini karena dalam buah ini terkandung vitamin C yang memberi efek sehat pada kulit. Kulit akan terlihat lebih cerah dan kemilau berkat terapi dengan vitamin C. Vitamin C menstimulasi produksi kolagen yang akan bekerja pada fungsi regenerasi sel kulit.

Selain vitamin C, dalam buah ini terkandung pula khasiat dari sejumlah komponen anti oksidan. Anti oksidan akan membantu tubuh melawan unsur radikal bebas yang dapat merusak sel kulit, memicu peradangan dan menyebabkan efek penuaan dini.

Meregulasi Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat duwet lain di dapat dari kandungan zink, vitamin C, zat besi dan sejumlah komponen anti oksidan di dalamnya. Duwet efektif sekali meregulasi sistem daya tahan tubuh. mereka yang rutin mengonsumsi duwet memiliki sistem imunitas lebih baik.

Semua komponen di atas tidak hanya membantu meningkatkan kinerja sistem imunitas. Terbukti pula komponen tersebut akan efektif menghambat terbentuknya kondisi autoimun. Termasuk membantu mengurangi intensitas masalah autoimun, termasuk di dalamnya rhinitis, asma dan biduran.

Baik untuk Sistem Kardiovaskular

Kadar potasium atau kalium dalam buah plum jawa ini mencapai kisaran 55 mg untuk tiap 100 gramnya. Kadar yang relatif tinggi ini sangat bermanfaat untuk membantu meregulasi tekanan darah yang tinggi dan membantu mencairkan darah untuk melancarkan kembali sirkulasi darah.

Baca juga:  Efektifkah Jamblang untuk Pengobatan Batuk

Dalam buah duwet ini juga terkandung komponen antosianin dan sejumlah flavonoid yang memiliki efek anti kolesterol. Ini membantu mencegah bahkan mengatasi masalah arterosklerosis, yakni pembentukan endapan kolesterol yang mengeras pada pembuluh darah. Ini akan memicu penyumbatan pada sistem pembuluh darah.

Bila sirkulasi darah terganggu dan tidak lancar, maka sistem kardiovaskular kita juga akan terganggu. sehingga bila kita melindungi kesehatan sirkulasi darah, tekanan darah dan sistem pembuluh darah dalam tubuh kita, otomatis beban jantung dalam dikurangi dan resiko penyakit kardiovaskular juga dapat dikurangi.

Membantu Meningkatkan Kebugaran dan Konsentrasi

Salah satu komponen mineral penting lain dari jamblang adalah zat besi. Dalam 100 gram buah duwet terkandung setidaknya 1,4 mg zat besi.  Kandungan zat besi ini dapat meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh secara alami.

Zat besi merupakan bahan baku penting untuk proses pembentukan hemoglobin, yakni unsur sel darah merah yang menjadi faktor pembawa warna merah. Fungsi utamanya adalah untuk mengikat oksigen supaya dapat dihantarkan ke seluruh tubuh.

Ketika Anda mengonsumsi makanan kaya zat besi, maka tubuh Anda kan tersuplai zat besi baru untuk proses pembentukan hemoglobin. Ketika kadar kebutuhan hemoglobin terpenuhi, maka tubuh akan terasa lebih bugar. Anda tidak lagi merasa mudah mengantuk, sulit konsentrasi dan mudah lelah.

Karena oksigen dan nutrisi yang dihantarkan sel darah merah akan diserap oleh sel tubuh. sel tubuh akan membakar kalori dalam tubuh untuk menjadi energi. Dan oksigen memiliki peran sebagai bahan bakar dari proses tersebut. Ketika tubuh kekurangan oksigen, proses pembakaran energi tidak bekerja optimal dan pasien juga akan mudah lelah, lesu dan kehabisan energi.

Membantu dalam Proses Penurunan Berat Badan

Ada beberapa alasan sehingga buah jamblang dalam membantu Anda menurunkan berat badan dengan sehat.  tetapi salah satu alasan utamanya adalah komponen serat. Serat dalam buah jamblang membantu sistem pencernaan bekerja dengan lebih lancar.

Serat ini membantu kita merasa kenyang lebih lama dan juga membantu memaksimalkan pembuangan kotoran dan endapan lemak dalam pencernaan. Selain beberapa komposisi dalambuah ini membantu meningkatkan metabolisme dan pembakaran energi.  Dalam tingkat kontribusi tertentu, jamblang membantu mengurangi cadangan lemak dalam tubuh

Sebagai Anti Diabetes

Sebagaimana dijelaskan karena sejumlah komponen vitamin, mineral dan fitokimia di dalamnya, terdapat manfaat duwet untuk menstimulasi peningkatan metabolisme tubuh. Sel dalam tubuh melakukan pembakaran lebih aktif, memanfaatkan glukosa dalam darah dengan optimal sehingga akan membantu mengurangi kadar gula berlebih dalam darah.

Antosianin sendiri adalah salah satu elemen anti oksidan yang dikenal baik bermanfaat untuk diabetes. Secara sekaligus antosianin akan meningkatkan sensitivitas sel terhadap sinyal insulin. Juga menstimulasi kerja pankreas untuk lebih efektif memproduksi insulin.

Membantu Atasi Konstipasi

Manfaat duwet lain yang juga sudah diyakini sejak turun temurun adalah kemampuannya atasi konstipasi atau sembelit. Dalam buah ini terdapat komposisi laksatif yang akan membantu meningkatkan gerak usus besar. Memudahkan feses keluar menuju anus.

Kandungan serat di dalamnya bekerja menambah volume feses sehingga lebih mudah pula untuk dikeluarkan. Dan meningkatkan komposisi air dalam feses sehingga tidak keras dan terlalu padat.

Baik untuk Kesehatan Tulang

Kadar kalsium dalam buah duwet ini mencapai kisaran 11,65 mg untuk tiap 100 gramnya. Kadarnya memang masih dibawah kalsium dalam jeruk, aprikot atau prune, faktanya kebanyakan orang cenderung mengonsumsi jamblang lebih dari 100 gram sekali makan. Ini artinya, bisa jadi seseorang mendapatkan asupan kalsium cukup besar.

Kalsium tentu saja dipahami benar adalah salam satu elemen penting dalam pembentukan tulang. Kalsium juga akan selalu dibutuhkan tubuh selama hidup untuk menjaga tingkat kepadatan tulang. Asupan kalsium dari makanan kita akan mengisi ulang komponen kalsium yang hilang pada tulang akibat aktivitas, proses kimiawi dan proses metabolisme tubuh.

Tetapi manfaat duwet tidak hanya sampai di sana. Dalam buah duwet juga terkandung magnesium yang berperan mengikat kalsium dalam tulang. Juga mengandung fosfor yang juga berperan dalam kepadatan tulang.

Manfaat duwet lain adalah kemampuannya dalam memelihara kesehatan tulang rawan dan persendian. Tidak hanya baik untuk kesehatan tulang, manfaat duwet juga dirasakan pada persendian dan tulang rawan.

Baca juga:  Efektifkah Jamblang untuk Pengobatan Batuk

Baik sebagai Anti Bakterial

Buah yang dalam bahasa lokal India disebut jambol ini terbukti dalam sejumlah riset memiliki kandungan properti anti bakterial.  Sebagaimana dijelaskan pada Scientific Research An Academic Publisher tahun 2017.

Dijelaskan dalam ada manfaat duwet yang membantu mengatasi serangan bakteri. Termasuk di antaranya beberapa jenis bakteri agresif mematikan seperrti Salmonella typhi yang menyebabkan tifus, serangan bakteri penyebab infeksi kulit berat seperti Staphylococcus aureus,  bakteri Shigella flexneri  penyebab disentri atau Escherichia Coli penyebab diare dan masalah kesehatan vagina.

Memiliki Efek Anti Inflamasi

Kandungan flavonoid dan antosianin yang kaya dalam buah duwet ini memberikan manfaat anti inflamasi pada buah keunguan ini. antosianin sendiri adalah anti oksidan yang bekerja mengendalikan kinerja otak yang berfungsi mendorong pembentukan inflamasi. Komponen tannine dalam buah duwet membantu memberi efek astringent atau menenangkan peradangan sehingga membantu meredakan radang yang bengkak, nyeri dan kemerahan.

Manfaat anti inflamasi ini menjadikan buah ini efektif sekali dimanfaatkan untuk sejumlah terapi radang. Mulai dari radang pada persendian seperti asam urat dan reumatik, hingga radang tenggorokan dan sariawan.

Beberapa literasi juga menunjukan bahwa asam fenolat dalam buah ini baik untuk mengendalikan kadar asam urat. Jadi buah ini akan bekerja ganda pada pasien asam urat, mengendalikan peradangan dan mengatasi kelebihan asam urat.

Baik untuk Ibu Hamil

Sejumlah kepercayaan masyarakat secara tradisional melarang ibu-ibu hamil untuk mengonsumsi buah jamblang. Padahal rasanya yang masam segar membuat banyak ibu hamil menyukainya. Secara mitos muncul kepercayaan bahwa buah ini akan menyisakan noda atau tanda lahir hitam pada kulit bayi.

Tidak ada bukti ilmiah yang mampu membuktikan kepercayaan tersebut. Alih-alih dikatakan berbahaya, justru banyak riset membuktikan manfaat buah duwet ini untuk ibu hamil dan kesehatan janin.

Kemampuannya melancarkan pencernaan, kandungan asam folat di dalamnya, komponen nutrisi yang terbilang lengkap dan kemampuan anti oksidan di dalamnya justru membantu sekali perkembangan janin dalam kandungan. Juga mencegah sejumlah masalah kehamilan muncul, termasuk mencegah hipertensi, diabetes dan cacat kandungan.

Meredakan Keluhan Sakit Kepala

Antosianin adalah sejenis anti oksidan yang dapat bekerja cepat sebagai anti peradangan dan anti nyeri atau analgesik alami. Kemampuan antosianin untuk mengontrol sejumlah enzim yang berperan dalam menstimulasi peradangan dan reaksi nyeri pada sistem saraf menjadikan senyawa ini juga baik untuk segala jenis keluhan nyeri, termasuk sakit kepala. Hal ini dijelaskan dalam Chinese Journal Applied of Physiology tahun 2015.

Tetapi manfaat duwet tidak hanya sebagai pereda nyeri, manfaat duwet juga bekerja pada masalah otot yang kejang akibat efek tekanan kerja dan stress. Membantu memperbaiki sirkulasi darah menuju otak dan membantu memperbaiki kondisi hormonal yang berkaitan dengan munculnya sakit kepala dan migrain.

Baik untuk Pasien Batuk Pilek

Manfaat duwet bekerja pada fungsi imunitas, juga dapat bekerja sebagai anti viral dan anti bakteri. Komponen anti inflamasi dalam buah jamblang ini juga cukup dominan. Ada cukup banyak alasan untuk buah ini bekerja melawan setiap serangan infeksi, termasuk di dalamnya keluhan batuk pilek.

Mengonsumsi buah jamblang selama masa pasien mengalami serangan batuk dan pilek akan membantu meredakan keluhan tidak nyaman pada pasien, membantu meredakan gejala dan mempercepat proses penyembuhan.

Sebagai Anti Kanker

Tentu saja, setiap buah yang kaya akan anti oksidan sebagaimana dalam buah java plum ini akan mengandung banyak komponen anti kanker. Sejumlah anti oksidan bukan hanya bekeja sebagai anti radikal bebas, tetapi juga anti karsinogen dan bekerja sebagai DNA proteksi.

Ini akan mencegah kerusakan sel akibat efek radikal bebas, membantu melindungi sel dan membran sel dari kerusakan yang disebabkan oleh unsur karsinogenik dan mencegah mutasi DNA. Kegemaran mengonsumsi buah ini baik untuk mencegah kanker.

manfaat duwet
Sumber: fooddelight.in

Catatan untuk Mengonsumsi Jamblang

Meski dikatakan baik untuk kesehatan dan kaya akan nutrisi yang membantu memperbaiki kondisi tubuh Anda, ditemukan pula beberapa wacana akan efek samping dari buah duwet ini. beberapa pakar sepakat tidak menyarankan untuk mengonsumsi buah ini berlebihan.

Kadar kalium yang tinggi akan memicu beberapa masalah pada keseimbangan elektrolit dalam tubuh. kadarnya mungkin belum sebanyak pisang atau melon, tetapi akan berbahaya bila dikonsumsi terlalu berlebihan oleh mereka yang sensitif terhadap kalium.

Efek dari kelebihan kalium adalah rasa lelah dan pegal-pegal yang cukup tidak nyaman. Pada level ringan, masalah ini akan hilang ketika Anda minum banyak dan beristirahat. Tetapi pada mereka yang sensitif ini dapat memicu hiperkalemia.

Hindari pula mengonsumsi buah duwet ini bersamaan dengan obat diabetes.  Karena salah satu manfaat duwet yang paling dominan adalah menurunkan kadar gula dalam darah. Mengonsumsi jamblang berebihan juga dapat memicu efek hipoglikemia.

Buah duwet atau jamblang, buah khas lokal yang kini mulai langka dan sulit untuk ditemukan. Rupanya ada sederet manfaat duwet yang amat sayang dilewatkan. Tidak ada salahnya sebenarnya mulai membiakan lagi buah hitam manis ini. sebagai salah satu kekayaan hayati lokal yang kaya khasiat.


Payel Ghosh dkk. Current Research in Nutrition and Food Science. Physicochemical and Nutritional Characterization of Jamun (Syzygium Cuminii). http://www.foodandnutritionjournal.org/volume5number1/physicochemical-and-nutritional-characterization-of-jamun-syzygium-cuminii/.  Accessed: 2018-10-10. (Archived by WebCite®)

Pramod Kerkar, MD, FFARCS. E-Pain Assist. 20 Amazing Health Benefits of Java Plum or Jamun. URL:https://www.epainassist.com/diet-and-nutrition/amazing-health-benefits-of-java-plum-or-jamun. Accessed: 2018-10-10. (Archived by WebCite®)

John Staughton. Organic Facts. 6 Best Benefits Of Jamun. https://www.organicfacts.net/jamun.html. Accessed: 2018-10-10. (Archived by WebCite®)


Advertisement
Alinesia