Efektifkah Jamblang untuk Pengobatan Batuk

360
Jamblang untuk Pengobatan Batuk
Sumber Gambar - Shutterstock

Diedit:

Masyarakat yang tinggal di kawasan pedesaan tentu banyak yang tahu aneka tanaman herbal yang berkhasiat, terutama untuk mengobati batuk kronis, termasuk Jamblang. Tahukah Anda seperti apa bentuknya tanaman Jamblang ini? Jamblang tergolong sebagai tanaman sejenis jambu-jambuan. Ketika masih muda, rasa buahnya sepat masam. Tetapi, saat masak, rasa buah ini manis asam. Lalu, efektifkah konsumsi buah jamblang untuk pengobatan batuk yang membandel?

Dalam artikel ini Anda akan menemukan manfaat jamblang untuk pengobatan batuk, baik itu batuk membandel, batuk rejan atau batuk TBC. Namun, seberapa efektif penggunaan buah jamblang untuk pengobatan batuk? Temukan info selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Jamblang untuk Pengobatan Batuk

Jamblang dikenal dengan nama Jambulan di Flores, Jambee kling di Aceh, Jambu keling di Tanah Gayo, atau di Jawa disebut dengan buah Duwet. Apapun namanya, Jamblang merupakan tanaman yang sangat penting untuk menunjang kesehatan Anda. Jamblang sendiri bisa tumbuh secara liar maupun dengan cara budi daya.

Penyebarannya berada di wilayah Asia dan Australia, tentunya termasuk di Indonesia. Di Pulau Jawa, tanaman ini banyak bertumbuh  di dataran rendah, dengan ketinggian sampai 500 meter di atas permukaan air laut (dpl). Jamblang umumnya dapat ditemukan di kawasan hutan jati atau secara khusus, dibudidayakan di pekarangan rumah.

Curah hujan yang diperlukan untuk tumbuh-kembang Jamblang ialah lebih dari 1000 mm per tahun. Jamblang memiliki daun yang tebal dan cabang yang banyak. Helaian daunnya berbentuk lebar bulat, tepinya rata, dan warna daunnya hijau. Buahnya berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 2-3 cm.

Ketika masih muda, buah Jamblang berwarna hijau dan setelah masak, berubah warnanya menjadi ungu kehitaman. Hampir semua bagian dari tanaman Jamblang bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit mulai dari kencing manis, diare, disentri, gangguan pencernaan dan keracunan. Serta batuk kronis yang biasanya sulit disembuhkan dengan menggunakan obat warung.

Pengobatan Batuk Membandel

Yang paling terkenal dari Jamblang ialah khasiatnya untuk mengobati batuk membandel. Jika Anda tengah menderita batuk yang sangat mengganggu dan susah disembuhkan, maka bisa mencoba menggunakan tanaman Jamblang untuk pengobatannya.

Pengobatan Batuk Membandel
Sumber Gambar – Shutterstock

Anda cukup menyiapkan buah Jamblang yang masih segar. Kemudian, cuci sampai bersih. Setelah itu, buanglah bijinya dan makanlah buah yang telah bersih itu. Anda bisa melakukannya sebanyak 3 kali dalam sehari.

Pengobatan Batuk Rejan

Jenis batuk ini juga termasuk yang susah disembuhkan. Untuk mengobatinya, Anda harus menyiapkan buah Jamblang, gula pasir, dan empedu ayam betina.

Pengobatan Batuk Rejan
Sumber Gambar – Shutterstock

Kemudian, masukkan semua bahan tersebut ke dalam mangkuk. Rendamlah dengan air panas. Lalu, tim sampai matang. Setelah dingin, minumlah airnya dan makan buahnya. Anda bisa melakukannya sebanyak sehari sekali sampai akhirnya batuk rejan yang mengganggu sembuh.

Pengobatan Batuk TBC

Siapkan buah Jamblang sebanyak 30 gram dan daun Sembung. Cucilah semua bahan tersebut dan potong-potong daun Sembungnya. Masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam mangkuk, tambahkan gula pasir secukupnya, dan juga air sampai terendam seluruhnya.

Pengobatan Batuk TBC
Sumber Gambar – Shutterstock

Tim ramuan tersebut sampai matang. Setelah dingin, minumlah airnya, dan makan buahnya. Anda bisa melakukannya setiap malam menjelang tidur. Cukup mudah dan murah, bukan?

Demikianlah info seputar khasiat jamblang untuk pengobatan batuk. Perlu diingat bahwa herbal dan obat sebenarnya memiliki prisnsip yang sama sehubungan dengan efektivitasnya. Hal ini bergantung pada kemampuan tubuh dalam menerima kandungan jamblang dan kondisi penyakit yang dialami. Untuk memastikannya, cobalah melakukan pemeriksaan medis yang menyeluruh.

Baca juga:  Temukan Khasiat Si Hitam Buah Duwet alias Jamblang
Advertisement
Alinesia