Manfaat Belimbing Wuluh

342

Diedit:

Pohon belimbing wuluh tumbuh subur di berbagai wilayah Indonesia. Biasanya masyarakat menanamnya di pekarangan untuk dimanfaatkan buahnya yang memiliki rasa masam untuk digunakan sebagai bumbu penyedap maupun campuran minuman. Dibalik rasa masamnya, tersimpan manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan.

Tinggi pohon belimbing wuluh dapat mencapai ketinggian 15 m. Batang pohonya tidak begitu besar dan memiliki tekstur kasar berbenjol-benjol, sedikit bercabang, dan condong ke atas. Daun-daun belimbing wuluh tersusun rapih dalam satu tangkai daun. Bentuk daunnya kecil menyerupai telur dan berjumlah antara 21-45 daun dalam satu tangkai.

Sedangkan buah belimbing wuluh tergolong buah buni dengan bentuk bulat lonjong dan panjangnya sekitar 4-6,5 cm. Warna belimbing wuluh hijau kekuningan, mengandung banyak air jika sudah masak, dan memiliki rasa masam. Bentuk biji belimbing wuluh bulat oval dan gepeng.

Kandungan Nutrisi Belimbing Wuluh

Manfaat belimbing wuluh berkaitan dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya. Menurut Purdue University, satu porsi belimbing wuluh seberat 100 g mengandung sekitar 0.61 g protein, 0.6 g serat, 3.4 mg kalsium, 1.01 mg zat besi, 11.1 mg fosfor, serta beberapa jenis mineral lain.

Beberapa Jenis Manfaat Belimbing Wuluh

Mengobati batuk. Untuk membantu mempercepat proses penyembuhan batuk, cobalah ramuan belimbing wuluh. Ambil segenggam daun, bunga, serta buah belimbing wuluh. Bersihkan dan rebus 4 gelas air yang sudah dicampurkan gula secukupnya. Rabus sampai mendidih dan airnya tersisa setengahnya. Saring rebusan tersebut dan biarkan hingga dingin. Air rebusan ini diminum secara rutin dua kali sehari sampai batuk sembuh.

Mengobati Jerawat. Cara meramu belimbing wuluh menjadi obat jerawat ialah dengan menghaluskan 6 buah belimbing wuluh bersama dengan ½ sendok teh belerang. Lalu tambahkan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis. Maka jadilah masker belimbing wuluh untuk dioleskan pada wajah. Gunakan masker ini 3 kali sehari supaya jerawat cepat kering dan menghilang.

Baca juga:  Efektifkah Belimbing Wuluh untuk Pengobatan Jerawat

Mengobati Panu. Manfaat belimbing wuluh untuk mengobati penyakit kulit semacam panu bisa didapatkan dengan menumbuk halus 10 buah belimbing wuluh dan kapur sirih secukupnya. Oleskan tumbukan tersebut ke bagian kulit yang terkena panu. Lakukan secara teratur 2 kali sehari sampai panu menghilang.

Untuk Tekanan Darah Tinggi. Untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, rebuslah potongan-potongan 3 buah belimbing wuluh dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih sampai airnya hanya tersisa 1 gelas. Saringlah air rebusan dan biarkan sampai dingin. Air rebusan siap diminum setiap hari setelah sarapan selama beberapa hari sampai gejala tekanan darah tinggi mereda.

Demikianlah beberapa manfaat belimbing wuluh untuk mengobati secara tradisional. Efek pengobatan tradisional mungkin tidak secepat efek obat-obat dokter, tapi yang jelas obat-obat dari tanaman ini tidak memiliki efek samping negatif atau efek ketergantungan yang sering ditimbulkan obat-obat dokter.

Advertisement
Alinesia