Efektifkah Belimbing Wuluh untuk Pengobatan Jerawat

767
Belimbing Wuluh untuk Pengobatan Jerawat
Sumber Gambar - Flickr

Diedit:

Tahukah Anda bahwa belimbing wuluh dapat digunakan dalam membantu pengobatan jerawat? Bagaimana hal ini dapat dilakukan? Seberapa efektif penggunaan belimbing wuluh untuk pengobatan jerawat?

Dalam artikel berikut Anda akan melihat bagaimana kinerja belimbing wuluh untuk pengobatan jerawat. Temukan juga cara pengolahan belimbing wuluh dalam membantu kempiskan jerawat Anda dalam artikel berikut ini.

Belimbing Wuluh untuk Pengobatan Jerawat

Jerawat membandel tidak hanya merusak penampilan dan membuat Anda yang mengalaminya kehilangan kepercayaan diri. Bagi beberapa orang, keberadaan jerawat bahkan dapat menyebabkan terjadinya tekanan psikologis dan dorongan untuk bunuh diri. Perhatikan, ini bukan cerita bohong.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Karolinska Institute di Stokholm, Swedia, 93 persen dari 6.000 orang yang diteliti dan mendapatkan pengobatan untuk kasus jerawat yang parah, mengaku ingin bunuh diri akibat jerawat yang memenuhi wajah mereka.

Pada dasarnya, jerawat dapat disebabkan oleh adanya sumbatan dari luar yang berasal dari lapisan kulit mati. Selain itu, kondisi ini dapat diperparah oleh produksi kelenjar minyak yang berlebihan. Beberapa jenis makanan, ketidakseimbangan hormon, dan kondisi stres, disinyalir menjadi pemicu utama munculnya jerawat.

Jika Anda mengalaminya, jangan lakukan kebiasaan umum yang sering dilakukan beberapa orang, yakni memencet jerawat agar pecah. Tahukah Anda, mengapa kebiasaan ini sama sekali tidak dianjurkan? Ya, memencet jerawat dapat membuat kulit Anda semakin meradang. Ini akan menimbulkan bekas luka yang sukar dihilangkan, dan bukan tidak mungkin infeksi dapat terjadi.

Pengobatan Jerawat

Jerawat bisa jadi dapat dihilangkan dengan minum obat atau dengan menggunakan produk khusus. Namun, bagi beberapa orang, perawatan yang terlalu banyak malah memperburuk kondisinya dan membuat jerawat semakin bertambah.

Pengobatan Jerawat
Sumber Gambar – Shutterstock

Intinya, pengobatan jerawat akan berbeda pada setiap orang, mengingat tipe kulit dan jenis jerawat yang diderita pun beragam antara satu individu dengan individu lain.

Cara Penggunaan Belimbing Wuluh

Bila infeksi tidak terjadi, cara alami berikut mungkin dapat membantu Anda mengempiskan jerawat membandel. Anda dapat membuat ramuan pengempis jerawat alami dengan bahan utama Belimbing wuluh. Ada 2 cara yang dapat Anda lakukan.

Cara pertama:

  • Cuci buah Belimbing wuluh secukupnya. Lalu, tumbuk halus.
  • Remas adonan buah dengan air garam secukupnya.
  • Gunakan untuk menggosok area kulit yang berjerawat sebanyak 3 kali sehari.

Cara kedua:

  • Siapkan 6 buah Belimbing wuluh dan setengah sendok the bubuk belerang.
  • Giling semua bahan sampai halus. Lalu, remas dengan 2 sendok makan air Jeruk nipis.
  • Gunakan untuk menggosok area kulit yang berjerawat 2-3 kali sehari.

Beberapa kandungan senyawa aktif pada Belimbing wuluh diketahui bersifat antiinflamasi sehingga dapat mengurangi peradangan jerawat dan menyembuhkannya secara alami. Selain itu, Belimbing wuluh juga bersifat analgetik guna membantu menghilangkan rasa sakit akibat peradangan yang terjadi.

Mengobati jerawat dengan ramuan yang terbuat dari Belimbing wuluh tentu saja aman dan murah. Yang terpenting, Anda harus melakukannya secara maksimal dan rutin. Minimal, Anda bisa melakukannya 2 kali sehari. Jika sudah rutin, silakan lihat hasilnya dalam waktu 2 minggu sampai 1 bulan. Perlu diingat hasil bisa berbeda pada tiap orangnya, konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba.

Selain ampuh mengempiskan jerawat, Belimbing wuluh untuk pengobatan jerawat, juga bisa membuat kulit wajah Anda menjadi halus dan lembab. Namun, apabila jerawat tak kunjung hilang dengan cara di atas, berkonsultasilah dengan dokter kulit guna menentukan pengobatan apa yang tepat untuk tipe kulit dan jenis jerawat yang Anda alami.

Baca juga:  Manfaat Belimbing Wuluh
Advertisement
Alinesia