Khasiat Mangga untuk Menurunkan Gula Darah

320
Shutterstock

Diedit:

Siapa yang tak tahu dengan buah yang satu ini: enak dilihat, manis, dan cukup mudah didapatkan. Mayoritas masyarakat di negeri ini menyukai buah Mangga, baik dalam keadaan masih mentah (untuk dirujak), setengah matang, sampai Mangga matang. Namun, apakah Mangga hanya enak dilihat dan dimakan saja? Tentu saja tidak. Mungkin Anda akan semakin takjub jika mengetahui ternyata buah Mangga juga memiliki banyak khasiat, salah satunya dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Menurut sejumlah penelitian, buah Mangga memiliki kandungan polifenol yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah sehingga dapat mengurangi kemungkinan obesitas.

Hal itu selaras dengan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Experimental Biology Conference 2013. Di dalam hasil publikasi tersebut, disebutkan bahwa peningkatan kadar gula darah dapat menyebabkan diabetes atau obesitas dan hal itu bisa diatasi dengan mengonsumsi buah Mangga yang mengandung polifenol.

Tahukah Anda apa itu polifenol? Polifenol sendiri merupakan jenis mikronutrien yang ditemukan di dalam tumbuhan. Dalam berbagai penelitian, polifenol banyak dikaitkan dengan khasiatnya sebagai pencegahan penyakit.

Dan patut berbangga bagi Anda yang gemar menyantap Mangga karena disebutkan bahwa buah enak tersebut memiliki kandungan polifenol dan antioksidan yang kaya sehingga dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh dan melawan diabetes.

Selain khasiat anti-diabetes, polifenol jenis quercetin yang terkandung di dalam buah Mangga, juga memiliki kemampuan dalam melawan inflamasi dan hipertensi.

Dan yang terpenting ialah kandungan kaempfrol yang sangat berperan dalam menghambat terjadinya pertumbuhan sel kanker yang membahayakan. Pertanyaannya, sudahkah Anda mengonsumsi cukup buah dalam setiap harinya?

Lantas, adakah bukti valid yang menunjukkan bahwa buah Mangga benar-benar mengandung polifenol yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah?

Baca juga:  Apa Saja Manfaat Buah Mangga?

Dari sekian banyak penelitian yang telah dilakukan, penelitian ilmiah yang dilakukan oleh peneliti dari Oklahoma University, Dr Edralin Lucas, patut dijadikan acuan.

Dalam penelitian tersebut, dilakukan uji coba terhadap 20 orang yang menderita obesitas dengan memberikan 10 gram Mangga yang sudah dikeringkan. Mereka disuruh untuk mengonsumsi Mangga tersebut setiap hari dalam jangka waktu 12 minggu.

Dan tahukah Anda, apa hasilnya? Ternyata kadar gula darah dari ke-20 partisipan tersebut menurun secara drastis meskipun kadar lemaknya tidak ada perubahan.

Hal itu membuktikan bahwa konsumsi Mangga secara teratur dan konsisten dengan kadar cukup sangat membantu dalam menurunkan kadar gula darah.

Penelitian tersebut juga secara konsisten dilakukan pada tikus yang diberikan makanan dengan kadar lemak tinggi dan selanjutnya diberikan Mangga. Hasilnya, kandungan gula darah dalam tikus tersebut menurun secara signifikan.

Penelitian tersebut paling tidak telah membuktikan bahwa Mangga memiliki manfaat yang sangat besar terutama untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika mulai sekarang Anda mengonsumsi Mangga secara rutin supaya efeknya yang dapat menurunkan kadar gula di dalam darah bisa dirasakan.

Tidaklah sulit untuk mendapatkan buah yang segar dan manis ini. Selain menurunkan kadar gula darah, kandungan polifenolnya juga diketahui dapat menghambat inflamasi sel kanker sehingga sangat menguntungkan bagi Anda yang gemar mengonsumsi Mangga dan kebetulan tengah menderita sakit kanker.

Advertisement
Alinesia