Khasiat Daun Sirih yang Baik bagi Kesehatan Anda

484

Diedit:

Tampaknya daun sirih merupakan salah satu tanaman obat yang paling terkenal di Indonesia. Dari masyarakat pedesaan sampai perkotaan, hampir semuanya sudah akrab dengan khasiat daun sirih. Daun sirih punya aroma khas yang membuatnya berbeda dengan daun-daun tanaman lain.

Daun sirih mengandung banyak sekali kandungan bermanfaat, termasuk minyak atsiri, kavikol, estragol, hidrosikavikol, fenil propane, pati, seskuiterpen, diatase, dan zat samak. Zat-zat tersebut menjadikan daun sirih bermanfaat untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan maupun untuk sekadar menjaga kesehatan.

Beberapa Khasiat Daun Sirih

  • Menghilangkan bau badan tidak sedap. Tumbuklah beberapa lembar daun sirih kemudian oleskan tumbukan tersebut di ketiak. Lakukan secara teratur sesudah mandi agar bau badan tak sedap menghilang.
  • Membantu penyembuhan radang tenggorokan. Rebuslah 4 lembar daun sirih bersama 2 gelas air hingga air tersisa hanya 1 gelas. Lalu minum rebusan tersebut secara rutin 2 kali sehari sampai Anda measa lega dari radang tenggorokan.
  • Mencegah timbulnya maupun mengobati jerawat. Tumbuklah beberapa lembar daun sirih dan oleskan tumbukan ke bagian muka yang berjerawat. Biarkan selama 1 jam lalu basuh menggunakan air hangat sampai bersih.
  • Untuk mengobati sakit mata. Rebus selembar daun sirih dengan setengah gelas air hingga mendidih kemudian biarkan sampai airnya menjadi agak dingin. Teteskan rebusan tersebut secara perlahan ke mata yang sakit.
  • Mengobati masalah gusi. Rebus sampai mendidih 3 gelas air bersama 5/6 lembar daun sirih. Saring, tambahkan garam, dan berkumurlah dengan larutan tersebut sehari 3 kali.
  • Mengobati pendarahan gusi. Rebus sampai mendidih 10 lembar daun dengan 5 gelas air. Saring dan gunakan untuk berkumur.
  • Menghilangkan bau mulut tak sedap. Rebus sampai mendidih 5/6 lembar daun dengan 2 gelas air. Biarkan hingga air mendingin dan saring. Gunakan air rebusan untuk berkumur setiap pagi dan sore agar bau mulut berkurang.
  • Mengatasi masalah keputihan. Anda bisa merebus beberapa lembar daun sirih dengan air secukupnya sampai mendidih. Minumlah air rebusan tersebut setiap hari secara teratur. Rebusan itu juga dapat dibasuhkan pada organ kewanitaan.
  • Menghilangkan rasa gatal pada kulit. Tumbuklah daun sirih secukupnya sampai halus dan oleskan ke area kulit yang terasa gatal-gatal. Biarkan sampai gatal-gatal berkurang.
  • Mengobati sariawan. Rebuslah 3 lembar daun sirih bersama 2 gelas air sampai airnya tinggal 1 gelas. Biarkan sampai menjadi hanga lalu berkumurlah dengan air rebusan tersebut secara rutin sampai sariawan sembuh.
Baca juga:  Aneka Ragam Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengatasi Jerawat

Daun sirih memang berkhasiat, tetapi berhati-hatilah agar Anda tidak menyalahgunakannya. Ada suatu kebiasaan yang disebut menyirih—mengunyah campuran buah pinang dan kapur yang dibungkus dengan daun sirih. Kebiasaan ini bisa menimbulkan kecanduan dan dampak buruk bagi kesehatan. Mereka yang kecanduan menyirih memiliki bercak-bercak noda gigi serta sangat berisiko mengalami penyakit gusi, radang mukosa mulut, bahkan sampai kanker mulut!

Dengan banyaknya khasiat daun sirih, tidak heran apabila banyak orang menanamnya di pekarangan rumah mereka. Apakah Anda juga menanam tanaman sirih di rumah dan kerap memanfaatkannya? Ingatlah untuk mengonsumsi daun sirih dengan cara yang aman dan porsi sewajarnya.

Advertisement
Alinesia