Khasiat Daun Sirih Merah

524

Diedit:

Tanaman sirih merah banyak digemari orang karena bentuk dan corak daunnya yang indah. Akan tetapi manfaat daun sirih merah bukan sekadar sebagai tanaman hias belaka. Seperti kerabat dekatnya, yakni sirih, daun sirih merah juga diyakini berkhasiat bagi kesehatan. Apa sajakah khasiat daun sirih merah tersebut?

Ciri khas tanaman sirih merah ialah daunnya yang menyerupai bentuk hati dengan bagian ujung yang meruncing. Warna dasar daun adalah hijau dengan corak-corak berwarna kemerahan atau keunguan.

Daun sirih merah sudah sejak lama dipercaya oleh masyarakat Indonesia untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Di Jawa misalnya, khususnya di Keraton Yogyakarta, sirih merah sudah sejak dahulu dimanfaatkan untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit.

Sayangnya, sampai sekarang belum ada penelitian ilmiah berkenaan dengan khasiat daun sirih merah. Selama ini khasiat daun sirih merah hanya dibuktikan melalui pengalaman turun-temurun masyarakat atau boleh dibilang berdasarkan bukti empiris.

Daun sirih merah diyakini sanggup membantu penyembuhan penyakit ambeien/wasir, keputihan, dan dipakai sebagai obat kumur sebab kandungan alkaloid sirih merah berperan sebagai anti mikroba. Bila direbus bersama air, air rebusan daun sirih merah mengandung zat antiseptik yang bisa membunuh kuman dan menjaga kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa khasiat daun sirih merah:

Menghentikan Gusi Berdarah. Caranya dengan merebus 5 lembar daun sirih merah dengan 2 gelas air sampai mendidih. Diamkan sampai airnya jadi dingin lalu gunakan untuk berkumur sampai pendarahan gusi berhenti.

Meringankan Gejala Maag. Ambil beberapa lembar daun sirih dan cuci bersih. Tumbuk sampai halus dan tambahkan sedikit air panas. Oleskan racikan daun sirih merah tadi ke bagian perut secara merata.

Mengobati Mata Merah. Cuci sampai bersih 5 lembar daun sirih meras lalu rebus dengan 2 gelas air. Setelah mendidih, diamkan airnya sampai dingin dan teteskan secara perlahan ke mata yang merah.

Baca juga:  Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Mengobati Luka Bakar. Cuci bersih beberapa lembar daun sirih, setelah itu remas dengan tangan sampai sarinya keluar. Tambahkan beberapa tetes madu dan jadilah salep alami yang siap dioleskan ke bagian kulit yang kena luka bakar. Oleskan setiap pagi dan sore hingga lukanya pulih.

Mengobati Gatal-Gatal. Cuci bersih sekitar 20 lembar daun sirih merah dan rebus bersama air secukupnya hingga mendidih. Setelah itu tambahkan air dingin biasa untuk kemudian digunakan ketika mandi.

Menghentikan Mimisan. Petik selembar daun sirih merah, cuci bersih, dan gulung untuk dimasukkan secara perlahan ke dalam lubang hidung yang mimisan. Tindakan ini dimaksudkan agar aliran darah yang keluar bisa terhambat.

Itulah beberapa khasiat daun sirih merah yang sudah dibuktikan oleh pengalaman empiris masyarakat Indonesia. Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang dilakukan berkenaan dengan khasiatnya, namun tidak ada salahnya Anda memanfaatkan herbal ini untuk mengatasi keluhan penyakit sebelum mencoba obat medis yang biasanya perlu biaya tak sedikit.

Advertisement
Alinesia