Khasiat Daun Katuk yang Harus Diketahui!

564
ellypwi.blogspot.com

Diedit:

Kebanyakan dari kita mungkin sudah mengetahui khasiat daun katuk untuk ibu menyusui. Memang daun katuk dapat membantu melancarkan pengeluaran air susu ibu. Tapi, apakah khasiat daun katuk hanya sebatas itu? Tidak, masih ada khasiat-khasiat lainnya dan artikel ini akan membeberkan beberapa diantaranya.

Daun katuk biasa dimasak menjadi sayur bening daun katuk. Bisa juga direbus dengan air untuk kemudian diminum air rebusannya. Yang lain lagi memakan daun katuk mentah-mentah sebagai lalapan. Hanya saja, perhatikanlah agar tidak memasak daun katuk terlalu lama/matang supaya kandungan gizinya tidak banyak terbuang.

Khasiat Daun Katuk untuk:

  • Melancarkan produksi ASI. Ibu yang sedang menyusui sering dianjurkan untuk rutin makan sayur daun katuk. Kandungan protein, vitamin A, dan steroid di dalamnya mampu merangsang produksi dan pengeluaran ASI. Steroid dan vitamin A menstimulasi proliferasi epitel alveoulus guna membentuk alveolus baru di dalam kelenjar ambing sehingga meningkatkan produksi ASI.
  • Membersihkan darah kotor. Daun katuk dapat melancarkan sirkulasi darah supaya darah kotor bisa dibuang.
  • Mencegah osteoporosis. Khasiat daun katuk ini dikarenakan kandungan sejumlah kalsium dalam daun katuk. Setiap 100 miligram daun katuk memiliki sekitar 204 miligram kalsium—cukup tinggi untuk takaran kalsium dalam daun.
  • Menjaga ketajaman penglihatan. Anda bisa menjaga kesehatan mata supaya terhindar dari berbagai gangguan penglihatan dengan rutin mengonsumsi vitamin A. Daun katuk punya kandungan vitamin A yang dapat membantu mencukupi kebutuhan akan vitamin tersebut.
  • Menguatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C yang dimiliki daun katuk mampu memperkuat daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit dan polusi.
  • Mencegah anemia. Dalam setiap 100 gram daun katuk, terdapat kira-kira 2,7 miligram zat besi. Salah satu penyebab anemia yang paling umum adalah karena kekurangan zat besi.
Baca juga:  Kandungan Daun Katuk: Herbal untuk Perlancar ASI

Selain dari khasiat-khasiat itu, daun katuk juga digunakan untuk mengobati bisul atau jerawat, menyembuhkan luka, menurunkan demam, dan meningkatkan kesuburan pria.

Senyawa-senyawa aktif yang dimiliki daun katuk membuatnya menjadi herbal yang bermanfaat bagi kesehatan Anda. Senyawa-senyawa tersebut antara lain adalah flavonoid, alkaloid, terpenoid, steroid, polifenol, dan tanin. Daun katuk juga memiliki kandungan protein, kalsium, fosfor, vitamin A, B, C, zat besi, metil piroglutamat, pirolidinon, metil p-dodesilfenol, dan juga senyawa-senyawa minor lainnya.

Daun katuk merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik. Bahkan apabila dibandingkan berdasarkan ukuran, kandungan vitamin C dalam daun katuk lebih tinggi dibandingkan jeruk maupun jambu biji.

Diketahui bahwa vitamin C merupakan kommponen yang amat dibutuhkan butuh untuk menjalankan berbagai fungsi, misalnya pembentukan kolagen, pengangkutan lemak, pengangkutan elektrolit dari berbagai reaksi enzim, mempromosikan kesehatan gusi, mengendalikan kadar kolesterol, dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Daun katuk juga sumber dari vitamin A yang berfungsi mencegah penyakit mata, mendorong pertumbuhan sel, meningkatkan fungsi reproduksi, dan menjaga kesehatan kulit. Ya, dibalik bentuknya yang sederhana, ternyata terdapat banyak khasiat daun katuk bagi kesehatan Anda. 

Advertisement
Alinesia