Khasiat Buah Pala yang Baik bagi Kesehatan


By Cindy Wijaya

Seperti kebanyakan rempah-rempah lainnya, buah pala merupakan salah satu rempah wangi yang bisa memberikan kehangatan dan cita rasa yang sulit dilupakan setelah mencicipinya. Buah pala biasa digunakan masyarakat Tiongkok dan India Timur sebagai obat herbal maupun sekadar sebagai penyedap masakan. Karena dipercaya sebagai obat herbal, tentu saja ada khasiat buah pala bagi kesehatan.

Diduga asal-usul pohon pala adalah dari kepulauan Maluku, wilayah hutan hujan di Indonesia. Pala sebenarnya adalah buah dengan biji tunggal dan berukuran sama dengan aprikot. Seraya biji pala matang, kulit buah pala akan terbelah dua seperti tirai.

Di Indonesia sendiri, buah pala sering disajikan sebagai hidangan manis yang segar atau dibuat jadi manisan pala. Sedangkan bubuk biji pala biasa digunakan sebagai bumbu penyedap berbagai macam masakan. Rasa buah pala yang masam pedas juga memberikan efek positif bagi tubuh Anda. Berikut adalah beberapa khasiat buah pala bagi kesehatan.

1Menyingkirkan Racun dari Tubuh—Banyak faktor eksternal, termasuk stres, rokok, obat, dan pola makan, mengakibatkan penumpukan racun di organ tubuh. Ginjal dan liver adalah dua organ yang paling rentan jadi tempat berkumpulnya racun. Bila dikonsumsi, buah pala bisa berguna untuk membuang racun-racun tersebut agar tidak menumpuk. Selain itu, buah pala juga dapat mencegah sekaligus menghancurkan batu ginjal.

2Mengatasi Gangguan Pencernaan—Khasiat buah pala dapat digunakan untuk menyembuhkan diare, sembelit, gas, perut kembung, dan masalah pencernaan lainnya. Biasanya minyak pala yang dimanfaatka untuk meredakan sakit perut dengan menyingkirkan gas berlebih dari dalam organ pencernaan.

3Menjaga Kepintaran Otak—Buah pala mengandung sejumlah minyak esensial, misalnya macelignan dan myristicin. Kedua komponen minyak esensial ini dibuktikan sanggup menekan proses degradasi fungsi kognitif serta jalur saraf yang seringkali dialami oleh pengidap demensia atau penyakit Alzheimer.

4Mengatasi Bau Mulut—Khasiat buah pala yang satu ini berkaitan erat dengan fungsinya sebagai antibakteri. Penyebab utama dari bau mulut seringkali ialah bakteri yang menumpuk di dalam mulut sehingga menimbulkan bau tak sedap. Sebagai antibakteri, buah pala mampu membersihkan mulut dari bakteri-bakteri tersebut.

5Meredakan Nyeri—Buah pala punya kandungan senyawa yang menyerupai mentol. Seperti yang sudah diketahui, mentol memiliki kemampuan untuk meredakan rasa sakit. Karena itu, buah pala juga dapat digunakan untuk membantu mengurangi rasa nyeri akibat cedera, luka, atau radang sendi artritis.

6Mengatasi Kesulitan Tidur—Buah pala sering direkomendasikan sebagai obat insomnia alami. Jika Anda kerap mengalami susah tidur, cobalah minum segelas susu hangat yang ditambahkan sejumput bubuk pala di malam hari sebelum tidur. Kandungan magnesium dalam buah pala dapat mengurangi ketegangan saraf, serta mendorong produksi serotonin untuk meberikan efek rileks pada tubuh.

Semua khasiat buah pala ini bisa Anda dapatkan cukup dengan mengonsumsi pala secukupnya. Tidak perlu banyak-banyak, karena kalau berlebihan justru ditakutkan dapat menimbulkan masalah kesehatan bukannya efek menyembuhkan.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}