Sebelum langsung membahas tentang jenis makanan yang kaya antioksidan, akan sedikit dibahas tentang pengertian antioksidan. Mungkin bagi Anda yang mengambil studi di bidang kesehatan sudah akrab dan mengetahui apa itu antioksidan. Namun bagi Anda yang tidak menekuni dunia kesehatan dan ingin mengetahui apa itu antioksidan, simaklah penjelasan mengenai antioksidan.

Antioksidan merupakan kekuatan yang melindungi kita dari bermacam penyakit dan berfungsi memperlambat proses penuaan.Antioksidan sendiri keberadaannya sangat penting bagi tubuh, karena memiliki berbagai macam manfaat dan fungsi bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satu manfaat yang paling penting antioksidan bagi tubuh yaitu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Berarti sudah jelas apabila seseorang punya kadar antioksidandalam tubuh yang rendah, orang tersebut rentan terkena berbagai jenis penyakit seperti penyakit kanker dan jantung. Maka dari itu keberadaan antioksidan sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia, dan biasanya antioksidan ditemukan di dalam buah buahan dan sayuran. Untuk mengetahui makanan apa saja yang kaya dengan antioksidan, perhatikan informasi dibawah ini.

  • Anggur Merah

    Menurut hasil penelitian, anggur merah merupakan salah satu buah yang kaya dengan antioksidan, yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Walaupun mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, bukan berarti Anda bisa meminum anggur secara berlebihan tetap harus ada takaran atau porsinya.

  • Buah Beri

    Salah satu buah yang mengandung antioksidan yaitu beri, walaupun bentuk buahnya kecil namun manfaaat buah ini untuk kesehatan sangatlah besar.

  • Ikan

    Ikan juga salah satu termasuk makanan yang kaya dengan antioksidan, selain kaya antioksidan ikan juga kaya dengan protein dan asam lemak omega 3.Semua kandungan yang ada di dalam ikan sangat penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Adapun jenis ikan yang mengandung oksidan seperti tengiri, tuna, salmon dan masih banyak lainnya.

  • Sayuran silangan

    Dari hasil penilitian mengungkapkan sayuran silangan mengandung banyak antioksidan dan mengandung fitonutrien yang dapat membantu untuk memerangi penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

  • Apel

    Buah apel memang sudah terkenal sebagai buah yang mengandung senyawa yang bagus untuk tubuh, salah satu kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh yaitu antioksidan dan vitamin

  • Cokelat

    Dari beberapa hasil studi mengungkapkan bahwa coklat hitam mengandung antioksidan yang kuat yang berfungsi menurunkan tekanan darah. Walaupun memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, bukan berarti kita bebas mengkonsumsi coklat secara berlebihan tetap harus ada pembatasan konsumsi

  • Kacang

    Khasiat kacang untuk kesehatan mungkin sudah diketahui banyak orang, selain mengandung serat kacang juga mengandung antioksidan. Dan salah satu jenis kacang yang mengandung konsentrasi tertinggi dari antioksidan yaitu kacang merah

  • Wortel

    Sayuran berwarna orange yang dikenal baik untuk kesehatan mata ini juga mengandung beta-karoten yang membantu tubuh kita dalam memproduksi vitamin A dan melawan kanker.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, antioksidan sangat penting bagi kondisi tubuh Anda. Oleh karena itu, konsumsilah beragam jenis makanan yang kaya antioksidan supaya badan tetap sehat dan kuat.

😡
☹️
😐
☺️
😍