Inilah Khasiat Kencur untuk Kesehatan Anda!

538

Diedit:

Rimpang kencur, siapa yang tidak tahu dengan salah satu tanaman apotik hidup ini. Pastinya Anda sudah mengetahuinya, mengingat jenis rempah ini sudah sangat familier dimanfaatkan di berbagai sajian nusantara sebagai bumbu masak.

Apalagi sebenarnya kita juga sudah cukup familier dengan khasiat kencur. Terbukti dengan sudah banyak dikenalnya salah satu ramuan jamu yang sudah banyak dikonsumsi banyak kalangan, jamu beras kencur.

Kencur memang sudah lama dikenal masyarakat sebagai salah satu bumbu dapur khas beragam masakan Nusantara. Selain itu kencur juga sudah demikian dikenal sebagai salah satu bahan pembuatan beraga pengobatan tradisional. Mungkin ulasan kami kali ini hanya untuk mendalami lebih jauh apa sebenarnya khasiat kencur dan apa saja kandungan rahasia yang menjadikan rimpang beraroma khas itu memiliki cukup banyak khasiat.

Rahasia utama dari kencur terletak pada getahnya yang kaya akan beberapa jenis senyawa khusus dan minyak atsiri. Kandungan senyawa di dalamnya diklaim terdiri dari 23 jenis yang masing-masingnya memberi cukup manfaat bagi kesehatan. Bahkan demikian berkhasiatnya, beberapa teknik perawatan kecantikan tradisional juga menggunakan manfaat kencur sebagai bahan baku perawatan kecantikan.

Berikut ini adalah beberapa khasiat kencur yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber:

  • Sebagai anti bakteri

    Di dalam kencur ditemukan sejumlah senyawa yang dapat bekerja sebagai anti bakteri yang dapat membantu mengatasi beberapa keluhan kesehatan mulai dari masalah batuk baik batuk berdahak maupun batuk kering, mengatasi diare karena bakteri sampai masalah jerawat.

    Pada beberapa riset ditemukan adanya kemampuan melawan bakteri Toxocara canis (sejenis bakteri parasit penyebab penyakit toksokariasis), efektif melawan tiga spesies bakteri yang menyebabkan granulomatous amoebic encephalitis (penyakit sistem syaraf pusat), juga amoebic keratitis (bakteri yang menyebabkan infeksi di kornea mata).

  • Sebagai analgesik dan anti inflamasi

    Dalam salah satu riset yang dilakukan Rarome, Mutiara Anna, Fakultas Farmasi UBAYA menyimpulkan bahwa kencur memiliki sifat analgesik. Kemampuan ini dikuatkan dengan sejumlah kandungan atsiri menjadikannya sebagai salah satu anti inflamasi sederhana yang paling mudah ditemukan.

  • Sebagai anti batuk, influenza, dan asma

    Kandungan methanol dan sejumlah senyawa dalam getahnya seperti monoterpena dan seskuiterpena memiliki kemampuan melegakan kerongkongan yang teras kering, mengatasi perut kembung, mengatasi asam lambung yang tinggi. Ini pula sebabnya sangat baik untuk membantu mengatasi batuk, sesak nafas karena asma, membantu melegakan pernafasan, membantu mengatasi hidung tersumbat dan meredakan efek kepala berdenyut karena flu.

    Untuk kasus kehilangan suara, sebaiknya seseorang mengunyah langsung rimpang kencur dengan sejumput garam. Tak lama rasa gatal akan mereda dan mengembalikan suara dengan cukup cepat.

  • Bekerja sebagai anti peradangan

    Sifat anti inflamasi dan anti peradangan dalam kencur terbukti efektif mengatasi keluhan pembengkakan ligamen yang terjadi pada kasus keseleo, bengkak karena radang sendi seperti pada arthritis dan reumatik, serta meringankan bengkak karena lebam. Minyak atsiri sendiri memiliki kemampuan membantu mengatasi keluhan luka pada ligamen dan pembengkakan akibat pembentukan bekuan darah di area ligamen dan sendi.

  • Sebagai penambah nafsu makan dan stamina

    Beberapa anak yang mengalami sulit makan, akan mengalami perbaikan selera makan berkat mengkonsumsi ramuan beras kencur. Ramuan ini juga dikenal bisa menjadi cara sederhana meningkatkan selera makan, mengatasi nyeri sendi dan pegal-pegal serta membantu meringankan capek dan meningkatkan stamina.

    Khasiat kencur untuk kesehatan ini dikarenakan dalam kencur selain ditemukan adanya vitamin B kompleks yang tinggi, juga ditemukan sejumlah kemampuan untuk terapi untuk membantu mengatasi efek pegal, membantu melancarkan aliran darah dan membantu meloggarkan otot yang menegang karena efek lelah, sehingga juga baik untuk keluhan kram dan migrain.

    Kadang kencur digunakan sebagai kompress pada luka bengkak dan luka memar, dengan cara dihaluskan dan dioleskan pada area bengkak. Kadang ramuan halus ini dicampur dengan minyak tawon, beras atau minyak kelapa murni.

  • Sebagai diuretik

    Dalam riset lain yang sempat diterbitakan dalam salah satu jurnal IPB tahun 2003 dikatakan bahwa kencur juga memiliki kemampuan membantu meningkatkan aliran kencing. Sifatnya sebagai diuretik dapat bekerja menarik banyak air menuju ginjal untuk meningkatkan volume air kencing dan melancarkan proses pembuangan endapan kotoran dan toksin dalam ginjal.

  • Sebagai peluruh darah

    Dalam beberapa pengobatan tradisional lain dikatakan meminum cairan rebusan kencur atau mengkonsumsi kencur mentah akan membantu meluruhkan darah kotor di saat haidh. Itu sebabnya secara medis disarankan untuk membatasi konsumsi kencur di kala hamil muda.

Untuk ramuan minum, biasanya kencur dihaluskan dulu kemudian direbus bersama bahan ramuan lain dan beberapa rempah untuk menambah efek hangat. Ramuan inilah yang biasa digunakan untuk masalah stamina, efek lelah, penambah nafsu makan dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Itulah khasiat kencur untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Advertisement
Alinesia