Share:

Terakhir Diedit:

Dalam ulasan sebelumnya di artikel ini kami sempat mengupas mengenai manfaat zink terhadap sistem hormonal tubuh. Tidak berhenti sampai di sana, zink juga akan bekerja pada sejumlah kondisi kelenjar lain termasuk sejumlah enzim dalam pencernaan, enzim dalam hati sejumlah produksi senyawa kimia yang bekerja langsung mempengaruhi kinerja neutrotransmitter dan termasuk pula kelenjar minyak yang akan bekerja terhadap kesehatan kulit.

Bahkan dalam riset tahun 2015 yang terbit dalam Journal of Biological Chemistry diungkap bagaiman zink juga akan berperan dalam membantu mengendalikan detak jantung sehingga akan memberi manfaat terhadap kondisi kardiovaskular.

Bila tubuh kekurangan zink, sejumlah kondisi bisa terjadi mulai dari menurunnya sistem daya tahan tubuh, kacaunya keseimbangan hormonal yang akan mengacu pada pertumbuhan anak, kesehatan otak dan daya ingat, masalah kesuburan dan libido hingga kondisi mood. Kekurangan zink kadang juga tercermin pada kondisi wajah yang tidak sehat, kusam, keriput dan berjerawat serta rambut yang berketombe dan tampak kusam tidak kemilau.

Sedang pada riset lain yang dipublikasikan dalam JN The Journal of Nutrition pada tahun 2009 dengan tajuk Zinc Deficiency Affects DNA Damage, Oxidative Stress, Antioxidant Defenses, and DNA Repair in Rats, dikatakan adanya kaitan antara kekurangan zink dengan sejumlah masalah dengan kesehatan DNA.

Dan demi memastikan tubuh mendapatkan asupan zink, jangan ragu untuk mengkonsumsi sejumlah makanan sumber zink. Kami telah mengulas mengenai bagian pertama dari 10 makanan sumber zink pada ulasan kami sebelumnya, dan kali ini kami kembali akan mengulas bagian kedua dari daftar tersebut.

  • Whole grain

    Segala jenis karbohidrat dalam bentuk utuh disertai dengan kulit arinya akan mengandung lebih banyak zink dari jenis yang bebas kulit air. Jenis gandum utuh memiliki kulit ari yang ternyata menjadi sumber zink yang sehat.

    Jenis lain seperti beras cokelat utuh, quinoa dan sejumlah tanaman serupa bisa menjadi andalan Anda untuk mendapatkan manfaat zink dari asupan pokok Anda. Anda juga bisa mendapatkan manfaat ini dari oatmeal dan roti gandum utuh. Menurut sumber everydayhealth, dikatakan dalam gandum utuh setidaknya terdapat kandungan mineral zink hingga kisaran 0,3 mg sampai 1 mg dalam satu porsinya.

    Asupan ini disempurnakan dengan kadar serat yang sangat tinggi karbohidrat kompleks yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan memberi Anda asupan vitamin B dan E yang berlimpah.

  • Susu

    Susu selama ini dikenal sebagai sumber lemak, protein dan kalsium yang akan memenuhi hampir dari seluruh kebutuhan tubuh. Tetapi rupanya di dalam susu juga ditemukan sejumlah kadar zink hingga angka 1 mg per 150 cc-nya.

    Angka ini uniknya bisa meningkat bila Anda mengganti susu Anda dengan yoghurt. Efek fermentasi oleh bakteri ternyata menyebabkan sejumlah mineral zink terbentuk. Dan menjadikannya mencapai angka kisaran 2 -3 mg per 150 cc. Asupan sempurna ini bahkan bisa Anda padukan dengan buah untuk meningkatkan manfaatnya berkali lebih baik.

  • Cereal instant

    Mau mendapatkan asupan zink tanpa repot? Siapkan satu porsi sereal instant untuk menu pagi Anda. Tambahkan susu dan buah berry segar untuk mendapatkan nutrisi yang lebih sempurna. Tak ada yang sulit dari menyediakan sereal di pagi hari dan Anda sudah mendapatkan setidaknya 3, 8 mg untuk perporsi.

    Awal yang baik untuk metabolisme Anda, mengingat dalam sereal juga terdapat asupan vitamin B dan karbohirat kompleks yang baik untuk tubuh Anda. Untuk mendapatkan paket combo coba pilih sereal dari jenis gandum utuh, dan nutrisi di dalamnya jelas akan berlipat ganda, termasuk pula zink untuk tubuh Anda.

  • Jamur

    Bila bicara soal sayuran, maka makanan sumber zink terbaik justru datang dari jamur. Dalam jamur Anda bisa mendapatkan kadar zink yang relatif tinggi pada kisaran 0,4 mg untuk tiap 100 gramnya.

    Jamur sendiri juga akan kaya mangan, magnesium dan sejumlah mineral lain. Ini akan menguatkan manfaat dari zink terhadap kesehatan tubuh. Jamur juga biasanya mengandung kadar antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk mengatasi radikal bebas, mengandung kalori yang rendah dan bebas lemak.

    Anda juga bisa mendapatkan khasiat zink dalam tempe dan tahu karena efek pembentukan fermentasi jamur dalam pembuatannya. Tak hanya tempe kedelai, tempe dari jenis gembus juga ternyata mengandung kadar zink yang cukup tinggi.

  • Cokelat

    Selama ini kebanyakan orang memandang cokelat tak lebih sebagai makanan camilan yang diragukan kesehatannya. Kadar lemak tinggi yang menjadi aspek pengikat cokelat sehingga menjadi batangan menjadi salah satu hal yang meningkatkan keraguan. Kalaupun ada manfaat, kebanyakan orang hanya mengetahui pengaruhnya terhadap serotonin yang memberi efek nyaman.

    Ternyata efek cokelat, terutama jenis dark cokelat cukup besar, lebih dari sekedar pengaruhnya terhadap hormon serotonin, tetapi juga seluruh fungsi hormonal tubuh. Ini berkat kadar zink di dalamnya yang mencapai angka 0,8 mg sampai 1 mg.

    Hanya saja tentu saja mengingat dalam cokelat akan cukup banyak asupan gula dan kalori, ada baiknya Anda tetap memastikan Anda hanya mengkonsumsinya secukupnya saja. Atau justru dark cokelat ini bisa menjadi boomerang untuk Anda.

Baca juga  Inilah 11 Manfaat Zink Agar Tubuh Segar Bugar!

Jadi, bagaimana dengan menu harian Anda mulai dari sekarang? Siapkah Anda mulai untuk memulai diet ala zink yang sehat? Tetap perhatikan asupan Anda untuk menghindari kelebihan zink dalam tubuh Anda.

Bilamana sejumlah asupan makanan sumber zink di atas dirasa masih kurang mudah untuk Anda dapatkan, Anda bisa menambah lebih banyak asupan ikan. Jenis ikan dengan daging yang lebih berserat seperti sarden, tuna atau tongkol bisa membantu Anda mendapatkan asupan zink meski dalam kadar yang tidak terlalu tinggi.

Cindy Wijaya

Penulis beragam artikel kesehatan berpengalaman. Senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.


Artikel di-posting oleh Cindy Wijaya dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.