Ini Dia 10 Makanan Sumber Zink: Bagian 1


By Cindy Wijaya

Makanan sumber zink perlu untuk selalu Anda sematkan dalam setiap menu harian Anda untuk bisa mendapatkan manfaat zink untuk kesehatan Anda. Ini karena, zink memiliki peran cukup besar untuk kesehatan Anda dan mempengaruhi hampir seluruh bagian dan aktivitas dalam organ tubuh Anda.

Zink berperan besar dalam membantu menjaga fungsi kelenjar tiroid, sehingga juga berperan besar dalam sistem kerja daya tahan tubuh. Kinerjanya sangat penting dalam menstimulasi sejumlah sel penting dalam sistem imunitas sekaligus dalam proses produksi hormon tiroid.

Dari fungsi utamanya terhadap produksi hormon tiroid inilah kemudian zink juga akan berperan besar dalam keseluruhan fungsi hormonal dalam tubuh. Seluruh tubuh, termasuk segala aktivitas dan perkembangan menjadi bergantung pada kecukupan zink.

Termasuk pula kendali terhadap sistem produksi hormonal yang berkaitan dengan mood, produksi hormon seksual yang mempengaruhi kesuburan dan libido, produksi hormon pertumbuhan, produksi hormon insulin yang memiliki peran besar terhadap kadar glukosa dalam darah dan sejumlah hormon berkaitan dengan sistem pencernaan, fungsi netralisir toksin pada liver dan masalah selera makan.

Lalu apa saja sebenarnya makanan sumber zink yang bisa Anda jadikan andalan untuk memenuhi kebutuhan zink dalam tubuh? Berikut daftarnya yang kami sadur dari laman everydayhealth.

  • Tiram

    Makanan hasil laut satu ini kerap dinobatkan sebagai sumber zink terbaik. Kandungan zink di dalamnya bisa mencapai 5mg untuk tiap tiram berukuran besar. Jangan takut bila Anda berlebihan dengan zink karena ternyata Anda bisa menghimpun zink untuk beberapa hari dan tidak mengkonsumsinya lagi untuk beberapa hari.

    Tiram juga mengandung protein yang sangat tinggi, selenium, zat besi, magnesium, kalsium, fosfor dan sejumlah vitamin seperti vitamin E, vitamin D, vitamin K, vitamin B dan sejumlah kecil vitamin A. Sajikan tiram dalam kondisi setengah matang untuk mendapatkan hasil optimal, tiram yang sangat matang tidak hanya menjadi terlalu alot dimakan tetapi juga mulai kehilangan sejumlah nutrisi di dalamnya.

  • Udang dan kepiting

    Kerabat dari hewan laut satu ini termasuk udang, lobster, kepiting, undur-undur dan jenis hewan laut kulit keras lain memiliki kadar zink yang cukup tinggi, termasuk didalam dagingnya.

    Anda bisa mendapatkan lebih dari 5 mg untuk tiap ekor lobster berukuran satu porsi atau sekitar 350 gram. Untuk Anda dengan keluhan kesehatan seksual atau kondisi berkaitan hormonal dan enzim, terapi dengan zink akan sangat membantu. Itu pula sebabnya sejumlah hidangan laut kerap dikaitkan dengan efek afrodisiak.

  • Daging merah

    Dalam daging merah termasuk pula di dalamnya daging sapi dan kambing, bahkan termasuk babi terdapat jumlah zink yang relatif besar. Anda bisa mendapatkan sekitar 3 mg untuk tiap sajian daging steak ukuran medium. Sedang dalam satu potong steak ayam bagian dada tanpa kulit Anda masih bisa mendapatkan khasiat zink dengan kadar sekitar 0,6 – 0,9 mg.

    Daging merah akan membantu Anda lebih dari sekedar manfaat zink. Karena selain sebagai makanan sumber zink, daging juga kaya protein, sejumlah mineral seperti zat besi, kalsium dan magnesium juga vitamin B dalam dosis yang tinggi.

    Sebaiknya pilih daging merah yang bebas lemak, atau berlemak halus yang tampak bermarmer pada daging. Ini membantu daging terasa lembut dan cenderung tidak terlalu jahat dibandingkan jenis lemak yang lebih solid.

  • Kacang dan biji-bijian

    Dalam dunia kesehatan Anda mungkin pernah mendengah jenis legum, yakni segala jenis kacang dan biji-bijian yang dagingnya terasa lebih basah. Sebut saja kacang kedelai, kacang merah, kacang tolo, kacang hijau, kacang hitam dan masih banyak lagi.

    Selain daftar di atas, Anda juga bisa mendapatkan asupan zink dari sumber kacang-kacangan lain seperti kacang tanah, kacang kenari, kacang mete, kacang almond, kacang hazel dan masih banyak jenis kacang lain.

    Kacang-kacangan dan biji-bijian macam ini juga terbukti mengandung kadar zink yang tinggi. Kisarannya bisa pada angka kisaran 1mg sampai 5 mg, bervariasi sesuai jenis legum. Kabar baiknya, semua kacang-kacangan dan biji-bijian ini juga mengandung kalori yang rendah, lemak sehat yang baik untuk kadar kolesterol tubuh dan memiliki sejumlah vitamin E dan B yang tinggi dan mendukung regenerasi sel serta proses pembentukan energi.

  • Sayuran hijau

    Tambahkan diet Anda dengan brokoli, sawi hijau, kubis hijau, bayam, asparagus, oyong dan jenis sayuran berwarna hijau lain. Biasanya sayuran ini mengandung serat dengan kadar sangat tinggi disertai ukuran klorofil yang juga sangat tinggi. Ada sinergi baik antara zink, klorofil dan serat yang akan bekerja efektif terhadap pencernaan, fungsi enzim dan masalah konstipasi.

    Tentu saja kandungan nutrisi dari sayuran hijau tak perlu Anda ragukan lagi. Di dalamnya selalu terdapat limpahan nutrisi mulai dari beragam jenis mineral, vitamin sampai sejumlah senyawa fitokimia penting. Fitokimia ini yang akan bekerja memperbaiki fungsi tubuh, regenerasi sel dan membantu fungsi anti oksidasi.

Demikian luasnya manfaat zink menjadikannya demikian penting untuk tetap Anda asup setiap harinya dalam kadar sesuai kebutuhan. Anda tidak membutuhkan zink dalam jumlah besar, hanya pada kisaran 8 mg untuk wanita dan sekitar 11 mg untuk pria. Sedangkan berlebihan dengan zink kerap kali akan mengarah pada masalah liver.

Berikut tadi bagian pertama dari 10 jenis makanan sumber zink yang bisa menjadi andalan Anda dalam mendapatkan asupan zink. Anda bisa melanjutkan informasi seputar makanan sumber zink lain dalam informasi yang akan kami ungkap dalam ulasan di artikel selanjutnya.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}