Hilangkan Sakit Lutut dengan Cara-Cara Alami yang Sederhana

547

Diedit:

Rasa sakit lutut yang ringan sampai sedang sering kali dapat diatasi di rumah secara efektif. Entah penyebabnya karena keseleo atau artritis, Anda bisa mencoba beberapa cara menghilangkan sakit lutut sebelum memutuskan jalan pengobatan medis.

Tetapi perhatikanlah bahwa Anda harus berhati-hati sebelum mencoba melakukannya. Jika sakit lutut disebabkan oleh kecelakaan yang baru dialami, sebaiknya cari bantuan medis untuk mengobatinya. Ada juga beberapa jenis nyeri lutut yang membutuhkan operasi atau tindakan medis lainnya.

Bila rasa sakit disebabkan karena peradangan, artritis, atau cedera ringan, barulah Anda boleh memilih beberapa cara menghilangkan sakit lutut berikut ini yang telah terbukti manjur.

Menghilangkan Sakit Lutut Akibat Cedera

Jika Anda tidak sengaja mencederai kaki misalnya karena keseleo, terjatuh terlalu keras, atau terpelintir, maka sebaiknya segera lakukan pertolongan pertama untuk cedera lutut. Ingatlah akronim “RICE” guna meringankan rasa sakit akibat terkilir:

  • Rest—Istirahat, jangan lagi beraktivitas.
  • Ice—Kompres sekitar lutut dengan kain berisi es.
  • Compression—Balut lutut menggunakan perban kompresi (perban elastis).
  • Elevation—Elevasi (tinggikan) posisi kaki di atas posisi jantung dengan sandaran bantal.

Penjelasan lebih lanjut: Istirahatkan kaki kemudian kompres dengan kain berisi es batu. Bisa juga gunakan sayuran atau daging beku yang disimpan di kulkas jika Anda tidak punya es batu. Lalu balut lutut dengan perban elastis untuk mencegah pembengkakan, tetapi jangan sampai terlalu ketat. Selagi Anda berbaring, sandarkan kaki pada bantal sehingga posisinya lebih tinggi daripada posisi jantung Anda.

Menghilangkan Sakit Lutut Akibat Artritis

Osteoartritis adalah salah satu penyebab umum dari sakit lutut ringan sampai sedang yang tidak disebabkan oleh cedera. Seraya usia menua, kartilago (tulang rawan) yang menjadi bantalan pada persendian lutut mulai menipis. Dengan berkurangnya pelumasan dan bantalan, sendi bisa mengalami pergeseran antar tulang sehingga mengakibatkan peradangan yang menimbulkan rasa sakit.

Sampai saat ini belum ditemukan cara yang efektif guna memperbaiki kerusakan artritis tersebut. Dalam kasus yang esktrim, dokter mungkin akan menyarankan pasiennya melakukan operasi penggantian sendi. Tetapi bila Anda hanya menderita sakit lutut ringan sampai sedang, ada banyak cara alami untuk meringankannya.

Salah satunya adalah dengan mengonsumsi Noni Juice sebagai obat artritis alami. Noni Juice bekerja dengan menghambat enzim COX2—enzim yang muncul akibat peradangan artritis. Selain itu, Noni Juice mengandung senyawa anthraquinone dan scopoletin yang mampu membantu mengatasi peradangan pada persendian lutut.

Dengan demikian sakit lutut dapat secara perlahan dihilangkan setelah rutin minum herbal ini. Namun tidak seperti obat dari bahan kimia, herbal Noni Juice relatif bebas dari efek samping buruk bagi tubuh Anda. Informasi selengkapnya mengenai Noni Juice, silakan baca artikel: Noni Juice—Herbal Teruji Taklukan Berbagai Penyakit!

Suplemen Alami Untuk Meringankan Rasa Sakit

Memang masih sedikit penelitian tentang manfaat suplemen dan terapi alternatif jika dibandingkan dengan penelitian yang membuktikan kegunaan pengobatan medis. Meski begitu, ada beberapa bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa suplemen alami tertentu dapat efektif mengurangi rasa sakit akibat artritis.

Salah satunya adalah Noni Juice yang sudah disebutkan di bagian sebelumnya, Dan ada sejumlah herbal serta suplemen lain yang telah membantu orang-orang guna menghilangkan sakit lututnya.

  • Ekstrak jahe—jahe tersedia dalam berbagai bentuk. Anda bisa membelinya dalam bentuk suplemen ekstrak dari toko herbal atau toko vitamin dan makanan kesehatan. Anda juga bisa membeli jahe yang masih dalam bentuk rimpang atau yang sudah dijadikan teh di pasar atau toko kelontong. Jahe memberikan limpahnya manfaat kesehatan, termasuk membantu meredakan sakit perut, mual, serta rasa nyeri akibat berbagai masalah kesehatan. Sebuah riset pada para penderita artritis mendapati bahwa jahe sanggup membantu mereka mengurangi rasa sakit bila dipadukan dengan obat resep.
  • Glukosamin dan kondroitin sulfat—kedua suplemen ini meraih popularitas selama dekade terakhir karena iklan komersial yang mengklaim manfaatnya untuk meningkatkan kesehatan sendi. Penelitian telah menunjukkan bahwa kombinasi dari dua suplemen ini hanya sedikit mengurangi rasa sakit ringan sampai sedang akibat osteoartritis. Namun, keduanya memang dapat lebih berguna bagi orang-orang yang mengalami sakit lutut parah.

Jika Anda memutuskan ingin mencoba suplemen sebagai cara menghilangkan sakit lutut, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mulai mengonsumsinya. Beberapa jenis suplemen atau herbal mungkin tidak cocok bagi Anda.

Terapi Alternatif Untuk Mengurangi Nyeri Lutut

Terapi alternatif ini maksudnya adalah teknik memulihkan sakit lutut dengan upaya non-medis. Tiga macam terapi yang dapat dilakukan oleh penderita sakit lutut adalah sebagai berikut:

  • Olahraga dan Pengaturan Berat Badan—Setiap hari olahraga membuat sendi terus bergerak sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada lutut. Bagi mereka yang menderita artritis, jika kaki jarang digerakkan dengan alasan agar tidak terlalu terasa sakit, justru bisa membuat sendi menjadi kaku dan memperburuk masalahnya. Selain berolahraga, Anda juga perlu menjaga berat badan jangan sampai kelebihan karena kelebihan beban dapat memperparah sakit di persendian.
  • Terapi Panas dan Dingin—Meletakkan bantal pemanas (atau kompres panas) di lutut ketika sedang tidak ingin bergerak dapat mencegah sendi menjadi kaku. Selain itu, ketika lutut terasa sakit Anda bisa membalutkan alat kompres dingin berbentuk gel atau kompres dingin biasa di sekitar lutut untuk meringankan rasa nyeri serta pembengkakannya.
  • Salep Herbal—Dalam sebuah penelitian yang diterbiktan dalam Pakistan Journal of Biological Sciences, para peneliti menyelidiki kegunaan salep yang terbuat dari kayu manis, jahe, damar wangi, dan minyak wijen. Mereka mendapati bahwa salep herbal tersebut ternyata sama efektifnya dengan salep obat artritis yang mengandung bahan kimia salisilat dalam hal mengobati rasa sakit di persendian.

Sebelum mencoba jenis pengobatan alternatif apa pun, entah itu dengan cara mengonsumsi suplemen atau terapi lainnya, Anda dianjurkan berkonsultasi dulu dengan dokter. Beberapa jenis suplemen dapat memengaruhi kinerja obat medis yang sedang Anda konsumsi lalu menghasilkan efek samping negatif bagi tubuh.

Penting juga untuk memastikan apa sebenarnya penyebab di balik sakit lutut yang Anda rasakan. Anda mungkin membutuhkan tes darah dan pemeriksaan sinar X guna melihat apakah ada kemungkinan penyakit yang serius. Semakin cepat ditemukan akar masalahnya, maka semakin cepat juga Anda bisa menemukan cara menghilangkan sakit lutut yang benar-benar tepat sasaran.

Advertisement
Alinesia