Hidung Terasa Gatal Apakah Pertanda Anda Akan Sakit?


By Cindy Wijaya

Meski hanya keluhan sepele, hidung terasa gatal bisa mengesalkan. Apalagi kalau hidung gatal sampai seharian atau bahkan berhari-hari. Ada banyak hal yang menjadi penyebab hidung gatal, mulai dari virus, alergi, dan masalah pada hidung.

Hidung kita sering menjadi penghalang pertama untuk menghentikan iritasi agar tidak terhidup ke dalam saluran udara. Rambut-rambut kecil di dalam lubang hidung menangkap partikel, seperti debu, kotoran, atau serbuk sari. Mereka disebut sebagai iritan (pemicu iritasi) lingkungan dan dapat menjadi penyebab hidung gatal.

Kedua lubang hidung kita dilapisi dengan selaput lembap yang dapat mengering selama kita sedang sakit atau saat cuaca panas. Hidung yang gatal juga sering menjadi pertanda adanya alergi, terutama rhinitis alergi.

Hidung Terasa Gatal Pertanda Apa?

Hidung terasa gatal pertanda apa? Apakah itu karena Anda akan sakit? Berikut adalah sejumlah penyebab hidung gatal yang mungkin Anda alami.

Virus

Hidung terasa gatal bisa jadi disebabkan oleh virus, seperti virus yang menyebabkan pilek. Rasa gatal di hidung mungkin merupakan cara tubuh Anda memberi tahu bahwa Anda akan terkena pilek.

Ketika kuman penyebab pilek awalnya menginfeksi hidung dan sinus, hidung Anda akan mencoba mengeluarkannya dengan lendir. Bersin juga adalah cara lain tubuh mengeluarkan kuman, yang mungkin menjadi penyebab hidung gatal dan bersin.

Alergi

Alergi terjadi ketika tubuh Anda memiliki respons imun terhadap sesuatu di lingkungan. Saat Anda alergi terhadap sesuatu, tubuh akan salah mengira sesuatu itu sebagai ancaman bagi tubuh, seperti virus. Ini dapat menyebabkan gejala seperti pilek.

Banyak orang memiliki alergi terhadap hal-hal yang ada di dalam dan luar ruangan, misalnya bulu hewan peliharaan, serbuk sari, dan tungau debu.

Alergi bisa terjadi musiman atau berlangsung sepanjang tahun. Juga dapat menyebabkan peradangan yang menjengkelkan di hidung, yang mungkin menjadi penyebab hidung terasa gatal.

Penyebab Hidung Gatal dan Bersin
Hidung Terasa Gatal Mungkin Pertanda Alergi (Credit Photo: Doucefleur/Shutterstock)

Iritan Lingkungan

Ada hal-hal di udara yang bisa sangat mengiritasi saluran nasal (rongga di hidung yang berisi udara). Orang yang terganggu oleh iritasi memiliki kondisi yang disebut sebagai rhinitis non-alergi. Gejalanya mirip dengan alergi musiman, tetapi tubuh Anda tidak memiliki reaksi imun. Bisa jadi Anda mengalami pilek atau iritasi hidung lainnya. Iritan umum termasuk wewangian, asap, dan produk pembersih.

Sinusitis

Sinusitis bisa bersifat akut (berlangsung singkat) atau kronis (berlangsung lama). Jika hidung terasa gatal dan menggelitik selama lebih dari beberapa minggu, dan disertai gejala-gejala lain, Anda mungkin menderita sinusitis kronis.

Sinusitis kronis adalah masalah yang terjadi ketika saluran mengalami peradangan dan membengkak. Ini berlangsung setidaknya 12 minggu dan dapat menimbulkan gejala-gejala seperti: susah bernapas lewat hidung, kelelahan, dan rasa sakit di sekitar mata.

Polip Hidung

Polip hidung sering terjadi pada penderita sinusitis kronis. Polip ini adalah pertumbuhan kecil, lunak, dan jinak (non-kanker) yang menggantung dari lapisan saluran nasal Anda. Mereka juga dapat disebabkan oleh asma, alergi, sensitivitas obat, atau gangguan imun. Ukuran polip yang cukup besar dapat menyebabkan iritasi, masalah pernapasan, dan kehilangan indera penciuman.

Migrain

Sakit kepala bukanlah satu-satunya gejala migrain. Serangan migrain juga dapat mencakup berbagai gejala yang berbeda, seperti: mati rasa dan kesemutan di wajah, kilatan cahaya, mual, muntah, dan pandangan yang kabur.

Bahkan seseorang bisa mengalami migrain tanpa sakit kepala sama sekali. Migrain juga datang secara bertahap, sehingga hidung yang kesemutan bisa menunjukkan bahwa serangan migrain sedang akan datang.

Hidung Kering

Bila saluran nasal Anda menjadi kering, itu bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan terasa sakit. Hidung kering sering disebabkan oleh terlalu banyak meniup hidung, biasanya saat ingin membuang ingus. Beberapa obat untuk alergi dan pilek juga dapat mengeringkan hidung.  Hidung kering biasa terjadi saat musim kemarau.

Tumor Hidung

Tumor dapat terbentuk di dalam dan sekitar saluran nasal. Tumor ini bisa bersifat jinak (non-kanker) ataupun ganas (kanker). Kanker di saluran nasal jarang terjadi dan seringkali tidak menunjukkan gejala-gejala. Saat muncul gejala, yang mungkin timbul termasuk kehilangan penciuman, hidung tersumbat, luka di dalam hidung, dan sering infeksi sinus.

Bagaimana Cara Mengatasi Hidung Terasa Gatal?

Sering kali penyebab hidung gatal bukanlah masalah serius. Ada tips-tips yang bisa Anda upayakan untuk mengatasi hidung terasa gatal:

Hindari pemicunya: Kalau penyebab hidung gatal adalah karena reaksi terhadap alergi (bulu binatang, serbuk sari, atau debu) atau karena iritan (asap, parfum, bahan kimia), sebaiknya jauhi pemicu-pemicu tersebut.

Minum obat alergi: Obat alergi dapat membantu mengatasi alergi musiman dan alergi dalam ruangan. Obat-obatan ini tersedia dalam bentuk pil dan semprotan hidung (nasal spray).

Minum obat pilek: Bila diizinkan oleh dokter, Anda bisa minum obat pilek atau dekongestan.

Kurangi meniup hidung: Berulang kali meniup hidung, biasanya untuk membuang ingus, dapat menyebabkan hidung terluka, kering, dan iritasi.

Jangan mengorek hidung: Jangan masukkan jari tangan atau tisu atau apapun untuk mencoba menghilangkan kotoran dalam hidung. Hidung Anda punya caranya sendiri untuk membersihkan kotoran.

Gunakan humidifier: Alat humidifier dapat menambah kelembapan saat udara sedang kering. Ini mungkin sangat berguna di malam hari.

Semprotan hidung capsaicin: Capsaicin, zat aktif dalam cabai, dapat merangsang hidung secara berlebihan sekaligus mengurangi kemungkinan untuk iritasi.

Banyak istirahat: Jika Anda sedang pilek atau flu, tidak banyak yang bisa Anda lakukan selain menunggu tubuh untuk pulih dan istirahat sebanyak mungkin.

Minum banyak air: Minum air dan teh saat sedang sakit dapat membuat tubuh tetap terhidrasi, yang membantu tubuh melawan infeksi atau virus.

Coba suplemen: Para peneliti mendapati adanya potensi manfaat dari madu, capsaicin, ekstrak biji anggur, dan asam lemak omega-3 untuk masalah hidung.

Kesimpulan tentang Hidung Terasa Gatal

Hidung terasa gatal pertanda apa? Ada cukup beragam penyebab hidung gatal, antara lain: virus, alergi, iritan lingkungan, sinusitis, polip hidung, migrain, hidung kering, hingga tumor hidung.

Bagaimana cara mengatasi hidung terasa gatal? Ada beberapa tips untuk mengatasi atau mencegahnya, antara lain: hindari pemicunya, minum obat alergi, minum obat pilek, kurangi meniup hidung, jangan mengorek hidung, pakai humidifier, banyak istirahat, dan minum banyak air.

Kapan harus periksa ke dokter? Kebanyakan penyebab hidung terasa gatal dapat diatasi sendiri di rumah dan akan hilang sendiri. Rasa gatal di hidung jarang menjadi pertanda masalah serius, tetapi Anda sebaiknya periksa ke dokter apabila gejalanya tidak kunjung membaik.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang penyebab hidung terasa gatal dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini dapat membantu Anda mengatasi keluhan ini. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar masalah kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Healthline. How to Treat a Tickle in Your Nose. https://www.healthline.com/health/tickle-in-nose

Medical News Today. Ways to get rid of a tickle in the nose. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321664

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>