Gejala Alzheimer Yang Perlu Dicermati

510
gejala alzheimer
gejala alzheimer

Diedit:

Alzheimer – Merupakan sesuatu yang normal jika orang tua Anda jadi agak pelupa seraya usianya menua. Tapi bagaimana jika ia menjadi begitu pelupa sampai berulang kali menanyakan hal yang sama? Bisa jadi itu salah satu tanda-tanda awal Alzheimer. Bagaimana caranya membedakan gejala penuaan biasa dengan gejala Alzheimer?

Dalam artikel ini Anda akan melihat beberapa gejala Alzheimer yang perlu dicermati. Seringkali penderitanya atau orang lain menganggap gejala yang dialami hanya sebatas efek dari penuaan, benarkah demikian? Berikut keterangan lengkap berdasarkan informasi mayoclinic.

Gejala Alzheimer

Dalam tahap awal perkembangannya, Alzheimer mungkin tidak terlalu kentara sehingga cukup sulit dikenali oleh anak-anak atau keluarga dari si penderita. Tapi Anda tetap sanggup mengenalinya dengan jeli melihat tanda-tanda awal Alzheimer berikut ini.

Daya Ingat dan Kemampuan Berbicara

Pada tahap awal Alzheimer, ingatan jangka panjang biasanya tetap utuh namun ingatan jangka pendek jadi samar-samar. Orang tua Anda mungkin lupa dengan percakapan yang baru saja terjadi atau suka mengulang pertanyaan yang sudah dijawab.

Perubahan Tingkah Laku

Alzheimer bisa menyebabkan kebingungan dan perubahan tingkah laku. Orang tua Anda bisa saja tersesat di tempat yang sudah sering ia lalui. Perubahan mood mendadak dan pertimbangan yang buruk juga umum dialami. Orang-orang yang tadinya biasa berpakaian necis mungkin tiba-tiba sering mengenakan pakaian acak-acakan, kotor, ditambah rambut yang tidak ditata.

Kesulitan Menyelesaikan Tugas-Tugas Biasa

Penderita Alzheimer seringkali merasa sulit untuk mengerjakan tugas-tugas yang biasa mereka kerjakan setiap hari. Mungkin ia kesulitan berkendara menuju tempat yang familiar, mengelola anggaran pengeluaran, atau mengingat aturan game favorit.

Kebingungan dengan Waktu dan Tempat

Gejala Alzheimer tahap awal ini dapat mengakibatkan seseorang bisa lupa tanggal dan waktu. Kadang ia juga bisa lupa di mana ia berada atau bagaimana ia bisa sampai di tempat itu.

Baca juga:  Obat Alzheimer Alami Yang Mudah Ditemukan

Bermasalah dalam Berbicara dan Menulis

Penderita Alzheimer cenderung kesulitan mengikuti atau bergabung dalam suatu percakapan. Ia mungkin berhenti di tengah percakapan dan tidak sanggup melanjutkannya atau suka mengulang-ulang.

Kesulitan Memahami Gambar Visual dan Hubungan Spasial

Bagi beberapa orang, memiliki gangguan penglihatan merupakan salah satu gejala Alzheimer. Mereka mungkin jadi kesulitan membaca, menilai jarak penglihatan, serta menentukan warna atau kontras yang dapat menimbulkan masalah, misalnya saat mengemudi.

Keliru Menyimpan Benda-Benda

Seorang penderita Alzheimer bisa jadi menaruh benda-benda di tempat yang tidak wajar. Misalnya menaruh handuk di kulkas atau menyimpan pasta gigi di lemari baju. Ia mungkin juga kerap kehilangan benda-benda dan tidak bisa mengingat dimana terakhir melihatnya.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Melihat Tanda-Tanda Ini?

Jika Anda melihat adanya tanda-tanda Alzheimer dalam diri orang tua atau anggota keluarga lain, jangan abaikan. Segeralah atur jadwal untuk membawanya ke dokter supaya dokter bisa mendiagnosis dan memberikan bantuan terbaik untuk menanggulangi Alzheimer.

Dengan diagnosis dini atas gejala-gejala Alzheimer, Anda bisa mendapat manfaat maksimal dari pengobatan-pengobatan yang tersedia. Pengobatan tersebut bertujuan untuk meringankan gejala dan membantu penderita Alzheimer agar bisa lebih mandiri.

Demikianlah beberapa gejala Alzheimer yang perlu Anda cermati. Nantikan informasi menarik sehubungan dengan gangguan kesehatan dan solusi herbal yang tersedia – hanya di deherba.