Dengan Minum Noni Juice, Anda Bisa Bebas Kram Perut!

511

Diedit:

Tidak bisa dipungkiri Noni juice memang salah satu minuman kesehatan terbaik, karena itu semakin banyak saja temuan baru terkait manfaat Noni juice yang bermunculan dewasa ini.

Salah satunya tercantum dalam situs kesehatan terpercaya, organictfact.net, dikatakan bahwa salah satu manfaat Noni juice adalah sebagai agen anti spasmodik. Tak banyak orang memahami apa fungsi anti spasmodik ini dan apa manfaatnya bagi kesehatan mereka. Karena itu, artikel ini akan membantu menjelaskannya agar Anda semakin yakin dengan minuman kesehatan multi-khasiat ini.

Berdasarkan kamus kesehatan, dikatakan bahwa anti spasmodik adalah pengobatan untuk mengatasi kondisi kejang otot di area usus. Biasanya penyakit ini disertai keluhan diare, gastritis, tukak lambung, peradangan usus 12 jari dan usus halus, serta beragam keluhan pencernaan sejenis lainnya. Beberapa wanita yang mengalami gejala PMS berat juga bisa mengalami kejang otot serupa di area perut bawah.

Menurut Medicinenet, dikatakan peristiwa spasmodik atau kejang otot sebenarnya tidak hanya terjadi pada jaringan otot perut saja. Ini juga bisa terjadi di area tubuh lain yang punya jaringan otot sejenis. Peristiwa ini bisa muncul secara mendadak dengan rasa nyeri hebat disertai ketegangan otot seperti ditarik.

Kejang otot perut yang lebih sering disebut kram perut atau kolik tersebut menyebabkan rasa nyeri hebat disertai rasa kaku dan keras. Mereka akan sulit bernapas dan kadang muntah-muntah karena otot perut menolak masuknya minuman atau makanan.

Bahkan, beberapa orang yang mengalami keluhan spasmodik hebat bisa saja mengalami ketegangan otot di seluruh tubuh mereka, sampai-sampai tubuh jadi kaku seperti sebatang kayu. Serangan kaku tersebut agak mirip dengan serangan tetanus, tapi serangan spasmodik lebih bersifat sementara dan tidak sama bahayanya dengan tetanus.

Baca juga:  Kram Perut: Penyebab dan Cara Menyembuhkannya

Dalam salah satu jurnal yang diterbitkan pada BMC Complementary and Alternative Medicine tahun 2010, terdapat sebuah ulasan mengenai kemampuan buah Noni dalam perannya sebagai anti spasmodik dan vasodilator untuk membantu mencegah kejang otot.

Riset dilakukan oleh sekelompok ahli asal Malaysia; Anwarul Hassan Gilani, Saf-ur-Rehman Mandukhail, Javeid Iqbal, Masoom Yasinzai, Nauman Aziz, Aslam Khan, dan Najeeb-ur-Rehman.

Fungsi vasolidator dalam Noni juice dimungkinkan dengan kemampuan membuka atau melebarkan pembuluh darah. Ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah. Karena tekanan darah yang tersumbat akan menyebabkan otot kekurangan suplai oksigen yang bisa memicu tegang pada otot.

Berdasarkan riset tersebut juga ditemukan fakta bahwa adanya sejenis senyawa unik dalam buah Noni yang disebut aqueous-ethanolic. Senyawa ini ditemukan pada buah Noni dan akar tanaman Noni.

Kemudian para periset juga menemukan bahwa senyawa aqueous-ethanolic dalam komposisi 70% akan bekerja efektif membantu mencegah ketegangan dan kejang otot.

Yang menarik dari fungsi aqueous-ethanolic ini adalah kemampuannya sebagai calcium channel blocker dan mengendalikan penyerapan kalsium oleh sel-sel otot yang menjadi salah satu pemicu ketegangan pada otot. Dengan mengendalikan penyerapan kalsium oleh intraselular dari otot perut, ini akan mengurangi gejala tegang otot perut.

Pada dasarnya, calcium channel blocker berkhasiat menurunkan tekanan darah, tekanan pada sistem sirkulasi darah, dan menurunkan tekanan pada sistem detak jantung. Namun ternyata ada kaitan erat antara tekanan darah dan sistem sirkulasi darah dengan ketegangan otot.

Jika seseorang mengalami infeksi atau iritasi pada area pencernaan, akan sangat mendorong kalsium dalam darah untuk terserap oleh pembuluh darah. Akibatnya, pembuluh darah menegang dan menyempit sebagai bagian dari kontraksi.

Sementara kalsium sendiri memiliki fungsi terpisah untuk bekerja membantu menetralisir kadar asam pada lambung, membantu menetralisir peradangan. Di sisi lain, justru ketegangan pada pembuluh darah akibat serapan kalsium dan penyempitan meningkatkan risiko kram dan kolik. Aliran darah menuju sel otot perut yang tidak lancar menyebabkan sel otot kekurangan pasokan oksigen. Inilah penyebab dasar dari munculnya kejang otot perut.

Baca juga:  Kram Perut: Penyebab dan Cara Menyembuhkannya

Sel otot perut pada dasarnya lebih lunak dan lembut. Berbeda dengan otot area lain sehingga lebih membutuhkan oksigen mengisi pori-porinya dan menjadi lebih rentan mengalami tegang otot.

Pandangan serupa juga diungkapkan oleh wholelife detox bahwa dengan rutin minum Noni juice maka keluhan diare, gastritis, tukak pencernaan, dan PMS akan berkurang secara signifikan, dan risiko kolik serta kram perut akan jauh berkurang. Ini karena Noni juice dapat melembutkan dan menenangkan otot yang menegang akibat menahan tekanan sakit.

Jadi berdasarkan penjelasan diatas, rupanya kemampuan anti spasmodik adalah kemampuan untuk mencegah dan mengatasi ketegangan otot. Kita juga bisa menyimpulkan bahwa Noni juice sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami keluhan PMS, diare, dan gastritis, serta membantu mengurangi risiko kram perut dan kolik. Salah satu temuan baru manfaat Noni juice ini akan semakin membuat kita yakin untuk rutin minum minuman kesehatan terbaik ini.

Baca juga artikel Noni Juice Herbal Teruji untuk informasi lebih lanjut mengenai Noni Juice.

{module 865}