Share:

Terakhir Diedit:

Daun kemangi bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membunuh bakteri, memperlambat penuaan, dan mencegah rambut rontok. Siapa sangka kemangi yang biasa dijadikan lalapan ini ternyata punya kandungan-kandungan yang berkhasiat? Bahkan ada manfaat daun kemangi untuk kejantanan pria dan kesuburan wanita.

Apa saja manfaat daun kemangi untuk kesehatan? Bagaimana cara mengkonsumsi daun kemangi untuk kesehatan? Bagaimana cara mengolah daun kemangi untuk pria & wanita? Adakah efek samping daun kemangi yang harus diwaspadai? Mari kita perhatikan penjelasannya di artikel ini.

Asal-Usul Tanaman Kemangi

Kemangi adalah tanaman hibrida hasil perkawinan antara dua jenis tanaman basil yang berlainan, yaitu antara selasih (Ocimum basilicum) dengan American basil (Ocimum americanum). Jadi kemangi sebenarnya berkerabat dekat dengan selasih, dan tak heran bila keduanya punya manfaat kesehatan yang serupa.

Selasih sangat terkenal penggunaannya pada masakan Italia, dan juga digunakan pada masakan Thailand, Vietnam, juga Indonesia. Dalam pengobatan tradisional India, tanaman ini merupakan herbal yang populer.

Sedangkan American basil telah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional di berbagai negara, termasuk India, Mesir, Yunani, Moroko, dan Italia. Tanaman ini tumbuh secara liar dan menyebar di wilayah-wilayah tropis Afrika dan Asia.

Di Indonesia, jenis basil yang paling terkenal adalah kemangi. Daunnya sering dimakan sebagai lalapan karena dipercaya bisa meningkatkan selera makan. Selain untuk dimakan, tanaman ini juga dimanfaatkan secara tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Kandungan Tanaman Kemangi

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan tak lepas dari kandungan-kandungan berkhasiatnya. Seluruh bagian tanaman kemangi mengandung apigenin fenkhona, boron, anethol, stigmasterol, sterol, triptofan, tanin, dan 1,8  sineol.

Sedangkan di dalam daunnya terdapat senyawa-senyawa seperti flavonoid, saponin, tanin, dan triterpenoid (steroid). Bagian daunnya juga mengandung minyak atsiri dengan senyawa eugenol sebagai kandungan utamanya. Dan biji kemangi mengandung flavonoid, polifenol, dan saponin.

Dalam ulasan mengenai Lemon Basil pada situs SPECIALTY PRODUCE, disebutkan bahwa kemangi mengandung kadar tinggi vitamin K dan kadar sedang beta-karoten—keduanya dikenal memiliki kemampuan anti-inflamasi.

Tanaman ini juga disebutkan mempunyai sejumlah kandungan mineral seperti magnesium, kalium, mangan, dan tembaga, yang dibutuhkan oleh fungsi-fungsi tubuh.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Kesehatan kita akan terjaga dengan baik jika kekebalan tubuh kuat, pengaruh buruk radikal bebas diminimalkan, peredaran darah lancar, dan infeksi-infeksi penyakit (misalnya akibat bakteri) bisa diatasi. Kemangi dapat dimanfaatkan untuk menjaga kebugaran kita, karena ada manfaat daun kemangi untuk kesehatan seperti berikut ini.

daun kemangi - manfaat kemangi - manfaat daun kemangi untuk kesehatan

Credit: Shutterstock

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Khasiat kemangi ini dihasilkan oleh kandungan beta-karoten di dalamnya. Beta-karoten bisa memperkuat respon antibodi yang akan meningkatkan kekebalan tubuh kita. Beta-karoten juga mendukung sintesis protein sehingga proses pertumbuhan sel-sel sehat serta perbaikan sel-sel rusak dapat berjalan dengan baik.

Baca juga  4 Manfaat Kemangi untuk Kesehatan Anda

Melawan Radikal Bebas

Kemangi mengandung antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Antioksidan yang dimiliki daun ini antara lain flavonoid dan eugenol. Antioksidan membantu melindungi sel-sel darah putih, yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh, serta melindungi struktur sel tempat disimpannya DNA.

Antioksidan juga mencegah perubahan pada kromosom yang memicu mutasi sel-sel menjadi sel kanker. Selain itu, radikal bebas memicu stres oksidatif dalam tubuh dan mempercepat efek penuaan, tetapi antioksidan membantu melawan oksidasi tersebut.

Melancarkan Peredaran Darah

Manfaatnya ini dimungkinkan oleh kandungan magnesium yang dimilikinya. Magnesium dapat membantu melenturkan pembuluh darah sehingga melancarkan peredaran darah. Dan karena memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, manfaat kemangi juga baik untuk mendukung kerja pembuluh darah serta melindunginya dari kerusakan.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kemangi dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, khususnya perut kembung dan sembelit. Tanaman ini diyakini mampu melancarkan pencernaan dan di waktu bersamaan dapat secara efektif menormalkan keseimbangan asam lambung.

Membunuh Bakteri

Kandungan minyak atsiri dalam kemangi memiliki kemampuan anti-bakteri yang efekftif untuk membunuh bakteri. Sebuah jurnal kesehatan berjudul ‘DAUN KEMANGI (OCINUM CANNUM) SEBAGAI ALTERNATIF PEMBUATAN HANDSANITIZIER’ yang dimuat di situs KEMAS menyimpulkan bahwa minyak atsiri dari kemangi dapat membunuh bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

Menguatkan Tulang

Manfaat kemangi ini dihasilkan oleh kandungan vitamin K di dalamnya. Vitamin ini berperan penting dalam pertumbuhan serta perkembangan tulang yang sehat.

Cara Mengkonsumsi Daun Kemangi untuk Kesehatan

Siapkan 1 ikat daun kemangi, cuci bersih, dan rebuslah bersama 3 gelas air sampai mendidih. Biarkan terus mendidih sampai airnya tersisa kira-kira 1 gelas saja. Matikan api dan tunggu sampai menjadi hangat. Lalu saring airnya dan rebusan kemangi ini bisa langsung diminum selagi hangat. Minumlah 1 kali sehari untuk mendapatkan manfaat rebusan daun kemangi bagi kesehatan. Jika tidak suka rasanya, bisa tambahkan madu secukupnya.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kecantikan

Kecantikan selalu dikaitkan dengan kualitas kesehatan dari kulit dan rambut. Kulit yang tampak awet muda, bersih dari jerawat, tidak kusam, dan rambut yang lebat, kuat, serta bebas ketombe adalah idaman setiap wanita bahkan pria. Kemangi bisa meningkatkan kepercayaan diri kita, karena ada manfaat daun kemangi untuk kecantikan seperti berikut ini.

Memperlambat Penuaan

Manfaat kemangi ini dihasilkan oleh kandungan bersifat antioksidan yang dimilikinya. Antioksidan punya kemampuan untuk meremajakan kulit serta melindungi kulit dari efek-efek kerusakan oksidatif.

Baca juga  4 Manfaat Kemangi untuk Kesehatan Anda

Mencegah Jerawat

Selanjutnya ada manfaat kemangi untuk wajah. Kandungan bersifat anti-bakteri dan anti-fungi dalam kemangi membantu kita mencegah jerawat sehingga wajah terlihat lebih bersih.

Mencerahkan Wajah

Selain kemampuannya untuk mencegah jerawat, ada juga manfaat kemangi untuk membantu menghilangkan flek-flek hitam serta mencerahkan warna kulit.

Mencegah Rambut Rontok

Kemangi dapat meremajakan folikel-folikel rambut, menjaga kulit kepala tetap dingin, dan juga meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala. Ketiga hal tersebut akan memperkuat akar rambut dan mendorong pertumbuhan rambut-rambut baru.

Mengatasi Ketombe

Karena memiliki kandungan bersifat anti-fungi dan anti-bakteri, kemangi cukup efektif untuk mengatasi iritasi, kulit mengelupas, gatal-gatal, dan ketombe di kulit kepala. Manfaat kemangi akan membersihkan kulit kepala dan rambut dengan menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran lainnya.

Cara Menggunakan Daun Kemangi untuk Kecantikan

Agar mendapatkan manfaat kemangi untuk wajah, buatlah masker dari kemangi. Siapkan daun kemangi secukupnya, lumatkan dalam mangkok sampai halus, dan tambahkan 2 sdt santan, aduk sampai merata. Bisa kurangi santannya jika ingin masker yang lebih tebal. Oleskan masker kemangi ke seluruh wajah, biarkan sampai 5 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Masker ini juga bisa diaplikasikan ke rambut. Hanya saja, setelah mengoleskan masker ke seluruh rambut, pijatkan masker agar meresap ke kulit kepala. Tutupi rambut dengan handuk besar dan biarkan selama 1 jam. Setelahnya bilas dengan air, keramas seperti biasa, dan jangan lupa gunakan kondisioner untuk menjaga kelembapan kulit kepala.

Manfaat Kemangi untuk Pria

Kejantanan seorang pria tak lepas dari kualitas sperma yang dihasilkannya, vitalitas atau staminanya, juga kelancaranan proses ereksinya. Kemangi bisa digunakan untuk meningkatkan kehidupan seksual seorang pria, karena ada manfaat daun kemangi untuk kejantanan pria seperti berikut ini.

daun kemangi - manfaat kemangi - manfaat daun kemangi untuk kesehatan

Credit: Shutterstock

Mencegah Kemandulan Pria

Kemangi mengandung zat yang bisa menguatkan kekuatan hidup dari sperma sehingga mencegah kemandulan pada pria. Ada juga kandungan eugenol serta apigenin fenkhona yang mampu membantu mencegah ejakulasi dini dan meningkatkan kualitas ereksi.

Meningkatkan Vitalitas Pria

Manfaat daun kemangi untuk vitalitas pria berkaitan dengan kemampuannya untuk meningkatkan stamina dan energi dari seorang pria. Kandungan 1,8 sineol, apigenin fenkhona, dan eugenol di dalam kemangi dapat membantu meningkatkan energy level juga stamina pria. Dengan begitu vitalitas seorang pria juga akan diperkuat.

Mengatasi Ejakulasi Dini

Manfaat daun kemangi untuk ejakulasi dini dihasilkan oleh kandungan 1,8 sineol yang dimilikinya. Selain dapat membantu mengatasi masalah ejakulasi dini, konsumsi kemangi juga dapat membantu memaksimalkan ereksi penis.

Cara Mengolah Daun Kemangi untuk Pria

Ambil segenggam daun kemangi segar, lalu blender dan tambahkan air panas. Tunggu sampai air menjadi hangat, kemudian tambahkan 1 sdm madu dan aduk sampai merata. Minumlah jus daun kemangi ini selagi hangat 1 kali sehari. Jika tidak suka rasanya, daun ini bisa dicampur dengan bahan lain. Misalnya dengan mengurangi air panas dan gunakan untuk selai roti.

Herbal Lain Khusus Pria Dewasa

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan pria dewasa berkaitan dengan kemampuannya untuk meningkatkan kualitas sperma, meningkatkan vitalitas, dan melancarkan proses ereksi. Akan tetapi agar kejantanan seorang pria dapat dipertahankan secara berkesinambungan, herbal yang dikonsumsi sebaiknya yang juga dapat meningkatkan testosteron.

Pada umumnya kemangi tidak dikenal memiliki manfaat tersebut. Namun bagi pria dewasa yang ingin menambah kepuasan kehidupan seksualnya bisa memilih herbal lain, yaitu Tongkat Ali. Di seluruh dunia, Tongkat Ali dikenal khasiatnya sebagai peningkat testosteron yang efektif.

Jika ada kadar hormon testosteron dalam tubuh mencukupi, maka vitalitas dan energi akan optimal, suasana hati membaik, kesuburan meningkat, gairah seksual meningkat, dan organ reproduksi juga berfungsi dengan baik.

Manfaat Kemangi untuk Wanita

Kesuburan seorang wanita berkaitan dengan kondisi kesehatan dari organ reproduksinya, fungsi sistem reproduksinya, juga kelancaran proses pematangan sel telurnya. Kemangi bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan fungsi reproduksi, karena ada manfaat daun kemangi untuk kesehatan wanita seperti berikut ini.

Mengatasi Keputihan

Karena mempunyai kandungan yang bermanfaat sebagai anti-bakteri dan anti-fungi, maka kemangi dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi keputihan yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur.

Meningkatkan Kesuburan

Manfaat kemangi untuk kesuburan wanita dihasilkan oleh kandungan boron dan anethol yang dimilikinya. Kedua senyawa itu berguna untuk merangsang kerja hormon estrogen yang berpengaruh baik untuk sistem reproduksi wanita.

Mendorong Pematangan Sel Telur

Kemangi juga mengandung stigmasterol yang bermanfaat untuk merangsang proses pematangan sel telur. Bila sel telur lebih cepat matang dan siap dibuahi, maka ovulasi atau pembuahan sel telur juga lebih cepat terjadi. Diharapkan hal ini dapat meningkatkan kemungkinan seorang wanita untuk hamil.

Cara Mengolah Daun Kemangi untuk Wanita

Rebuslah air secukupnya sampai mendidih. Siapkan segenggam daun kemangi segar, iris-iris memanjang lalu masukkan ke dalam gelas kosong. Tuangkan air mendidih tadi ke dalam gelas, lalu tutup gelasnya dan biarkan sampai 7 – 10 menit. Buang irisan kemanginya, kemudian tambahkan madu secukupnya. Minumlah air seduhan kemangi ini 1 kali sehari.

Efek Samping Daun Kemangi

Kemangi yang masih segar dianggap sangat aman dan biasanya tidak menimbulkan reaksi alergi atau efek samping apapun. Tetapi beberapa orang mungkin bisa merasakan efek samping daun kemangi yang tidak mengenakkan, antara lain kadar gula darah rendah, pusing, mual, dan muntah.

Jadi supaya yang kita dapatkan hanya manfaat daun kemangi untuk kesehatan, bukan efek negatifnya, batasilah konsumsi kemangi secukupnya saja. Dan tanyakan dulu ke dokter sebelum mengonsumsinya bersamaan dengan obat apapun. Batasi juga jangka waktu pengobatan dengan kemangi, karena efek samping cenderung muncul bila digunakan dalam waktu yang lama.

Demikianlah ulasan artikel ini tentang manfaat daun kemangi untuk kesehatan. Semoga dengan informasi ini, kita jadi lebih mengerti mengenai manfaat kemangi untuk pria, wanita, dan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar herbal, info kesehatan, dan tips kesehatan hanya di Deherba.com.

Cindy Wijaya

Penulis beragam artikel kesehatan berpengalaman. Senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.


Artikel di-posting oleh Cindy Wijaya dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.