Cara Tepat Mengobati Sariawan

508

Diedit:

Jika sariawan muncul, kebanyakan orang akan mengira bahwa itu gara-gara kekurangan vitamin C. Walau tidak salah, ternyata masih banyak faktor-faktor lain yang berperan menimbulkan sariawan. Luka akibat gosok gigi atau tergigit, dan bahkan stres juga bisa memicu sariawan.

Apapun penyebabnya, sariawan sedikit banyak membuat Anda tidak enak makan dan bicara. Karenanya, Anda butuh obat yang cepat, tepat serta aman untuk menghilangkan luka sariawan. Jangan sampai malah timbul infeksi yang tak perlu.

Sebenarnya luka sariawan yang kecil tidak perlu diobati, karena akan hilang sakitnya dalam 3-4 hari dan sembuh total dengan sendirinya dalam waktu satu atau dua minggu. Berbeda dengan luka yang besar atau disertai rasa nyeri yang hebat, luka ini seringkali membutuhkan pengobatan medis.

Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin cepat-cepat menghilangkan sariawan yang kecil, mungkin karena mengganggu selera makan Anda. Kalau begitu, beberapa cara pengobatan berikut mungkin bisa membantu.

  • Obat kumur khusus untuk sariawan dapat membantu proses penyembuhan luka sariawan, sehingga lukanya lebih cepat sembuh.
  • Campurkan baking soda dengan sedikit air sampai terbentuk pasta, lalu oleskan luka sariawan dengan pasta tersebut. Beberapa orang cocok dengan obat sariawan bikinan rumahan ini.
  • Tempelkan es batu ke luka sariawan dan biarkan sampai es tersebut lumer.
  • Ramuan herbal dengan bahan tomat, kiwi, jeruk lemon, dan madu mungkin membantu. Cara membuatnya yaitu dengan mencampur 1 buah tomat dan 1 buah kiwi yang sudah dikupas kulitnya ke dalam blender. Sebelum diblender, tambah air perasan setengah jeruk lemon dan madu secukupnya. Minum ramuan herbal ini 3 kali sehari sampai sariawan sembuh.
  • Berkumurlah dengan Noni juice kemudian telan, ulangi langkah ini sampai sariawan sembuh. Noni juice adalah sumber dari berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan–yang mempercepat proses penyembuhan luka serta mencegah sariawan muncul kembali.
Baca juga:  Apa yang Jadi Penyebab Seriawan?

Pada kasus luka sariawan yang parah, obat sariawan di atas mungkin tidak akan membantu dan dibutuhkan perawatan medis. Maka perhatikan gejala-gejala di bawah ini.

Segera Periksa ke Dokter Jika…

  • Sariawan disertai demam tinggi
  • Sariawan membuat Anda sangat sulit untuk makan dan minum
  • Rasa nyeri yang berlebihan pada luka sariawan
  • Sariawan yang tak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu.
  • Adanya tanda infeksi, seperti sariawan yang menyebar

Walaupun sariawan masih sangat mungkin muncul, tindakan pencegahan bisa mengurangi frekuensi munculnya sariawan. Tergantung faktor penyebabnya, langkah pencegahannya pun bisa berbeda-beda.

Mungkin Anda sariawan sehabis makan makanan tertentu, maka kurangi atau hindari sama sekali makanan tersebut. Makanan ini bisa jadi termasuk kacang, keripik kentang, makanan pedas atau asam seperti nanas, anggur, dan jeruk.