Cara Meredakan Nyeri di Jempol Tangan

425

Diedit:

Kalau Anda selalu merasa nyeri di jempol ketika memegang atau mengangkat benda dengan tangan, berhati-hatilah! Rasa nyeri di pangkal ibu jari bisa jadi adalah indikasi awal osteoartritis pada tangan Anda. Kemungkinan lainnya, Anda mungkin mengalami artritis ibu jari atau tendinitis jempol tangan. Bagaimana cara meredakan nyeri ini dan mencegahnya supaya tidak bertambah parah?

Nyeri di jempol tangan akan menyulitkan Anda untuk memegang, menggenggam, menjepit, atau melakukan hal lain dengan tangan. Ibu jari Anda mungkin juga mengalami pembengkakan, dan bahkan sangat sulit digerakkan. Jika terjadi, melakukan tugas sederhana saja, seperti menulis, membuka botol, mengetik sms, dan membuka pintu, bisa jadi sangat menyiksa.

Jika yang Anda alami adalah tanda awal osteoartritis tangan, nyeri dapat terbatas pada satu sendi, dapat juga meluas ke banyak sendi. Osteoartritis tangan lebih sering dialami oleh wanita.
Jika yang Anda alami adalah tanda awal artritis, nyeri jempol tangan mungkin diakibatkan oleh cedera yang sebelumnya terjadi, penggunaan jempol berlebihan, atau karena keturunan. Sedangkan pada kasus tendinitis jempol tangan, penyebabnya adalah penggunaan pergelangan tangan yang berlebihan.

Cara Meredakan Nyeri Jempol Tangan

  • Bersantailah. Ubah kebiasaan terlalu terburu-buru dan hindari aktivitas yang bisa menyebabkan nyeri di jempol tangan.
  • Istirahatkan Jempol Tangan. Gunakan bidai untuk membantu menstabilkan pergelangan tangan dan jempol tangan. Dalam sehari, lepaskan bidai sekurangnya 4 kali dan gerakkan atau regangkan secara perlahan sendi jempol guna menjaga fleksibilitasnya.
  • Rendam tangan dalam air hangat. Suhu panas dapat mengurangi nyeri dan kekakuan sendi, serta mengendurkan otot yang tegang. Anda juga bisa menggunakan kompres hangat yang ditempelkan ke jempol dan mandi dengan air hangat.
  • Rendam tangan dalam air dingin. Suhu dingin ampuh guna mengurangi nyeri terutama ketika nyeri kambuh atau setelah Anda beraktivitas berat. Coba juga gunakan kompres berisi es batu yang ditempelkan di jempol.
  • Latih jempol tangan setiap hari. Seusai menghangatkan tangan dalam air hangat, gerakkan jempol tangan Anda dengan gerakan melingkar yang lebar. Kemudian, tekuklah secara perlahan jempol tangan sampai menyentuh setiap jari-jari tangan lain.
  • Ganti peralatan rumah tangga. Terutama alat rumah tangga yang sering Anda pakai, misalnya peralatan dapur dan alat tulis. Ganti atau modifikasi dengan yang memiliki pegangan besar supaya Anda mudah menggemgamnya. Ganti juga pegangan pintu dengan yang berbentuk tuas, karena tuas tidak mengharuskan Anda menggunakan jempol.
Baca juga:  Nyeri Jempol Gara-Gara Main HP? Ini Dia Cara Mencegahnya!

Jika cara di atas tidak cukup untuk meredakan nyeri yang Anda alami, dianjurkan untuk mencari bantuan medis. Konsultasikan juga dengan dokter jika Anda mengalami kekakuan, jempol tangan tidak bisa diluruskan, atau jika nyeri sudah melumpuhkan aktivitas sehari-hari Anda.