Cara Menurunkan Demam yang Efektif

481

Diedit:

Dahi Anda terasa panas dan tubuh terasa tidak enak. Apakah ini tanda penyakit berbahaya? Jangan buru-buru takut akan demam ringan. Merasa sedikit demam bisa menjadi pertanda baik bahwa sistem kekebalan tubuh Anda sedang bekerja dengan efektif. Meski begitu, tetap saja demam bisa membuat Anda tidak nyaman dan tidak bebas beraktivitas. Artikel ini akan membahas cara menurunkan demam tanpa harus minum obat.

Beberapa obat yang dijual bebas memang bisa memaksa tubuh untuk cepat mendingin kembali ke suhu normal. Padahal demam adalah tanda bahwa tubuh sedang bertempur melawan infeksi. Kenaikan suhu tubuh saat demam memicu sejumlah proses internal yang dirancang untuk menghancurkan bakteri dan kuman pembawa penyakit. Inilah alasan mengapa penting untuk tidak segera memaksa menurunkan demam.

Kapan Demam Bisa Dikatakan Berbahaya?

Suhu tubuh normal biasanya berkisar 37 derajat Celcius. Menurut situs kesehatan MayoClinic, demam dibawah 39.4 derajat Celcius pada orang dewasa bukanlah demam yang berbahaya. Akan tetapi, bagi anak dibawah umur 3 tahun, bahkan sedikit kenaikan suhu tubuh saja bisa berbahaya. Bawalah anak Anda ke dokter bila suhu tubuhnya melebihi 38 derajat Celcius.

Anda bisa mencoba cara-cara alami yang menurunkan demam dengan perlahan. Dengan begini, sistem kekebalan tubuh masih punya waktu untuk menyelesaikan pekerjaan membasmi infeksi penyakit.

Jahe. Jahe punya kemampuan antibakteri yang membuatnya efektif meredakan demam, batuk, dan gejala-gejala terkait lainnya. Minumlah teh jahe yang biasa tersedia di toko atau Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menyeduh irisan-irisan jahe.

Minum Banyak Air. Cairan dibutuhkan untuk membantu tubuh mengatur suhunya, menyingkirkan kuman-kuman berbahaya, dan membantu fungsi-fungsi tubuh lainnya. Kalau Anda merasa demam, pastikan untuk minum banyak air atau cairan lainnya.

Tidur. Cara menurunkan demam yang paling efektif mungkin adalah banyak tidur. Demam merupakan tanda bahwa tubuh sedang bekerja keras agar tidak bertambah sakit. Jadi berikanlah tubuh Anda energi dan waktu yang dibutuhkannya untuk melawan kuman penyakit dengan tidur.

Jaga Suhu Ruangan Tetap Sejuk. Sedang demam bukan alasan untuk memakai baju atau selimut yang berlapis-lapis. Justru Anda sebaiknya tidak berpakaian tebal dan buat suhu ruangan tetap sejuk. Suhu ruangan yang sejuk bisa membantu suhu tubuh lebih cepat kembali normal.

Demam tinggi bisa jadi tanda penyakit serius. Tetapi demam ringan biasanya hanyalah tanda bahwa tubuh sedang memulihkan dirinya sendiri. Obat-obat penurun demam yang dijual bebas seringkali punya efek samping yang merugikan. Ditambah lagi obat tersebut menekan proses penyembuhan alami tubuh Anda.

Baca juga:  Suhu Tubuh Normal untuk Orang Sehat

Alangkah lebih baik apabila Anda tidak buru-buru minum obat sewaktu merasakan demam ringan dan mencoba cara-cara menurunkan demam yang alami seperti di artikel ini.

Advertisement
Alinesia