Cara Mengatasi Sariawan Dengan Bahan Alami

582

Diedit:

Sariawain merupakan suatu kelainan yang terjadi pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Walaupun tidak terlalu bebahaya namun sariawin dapat menyakitkan dan menganggu aktivitas seseorang. Apalagi jika untuk makan pasti akan merasa sakit dan perih, hal ini tentu akan menganggu kenyamanan kita saat makan. Artikel ini membahas cara mengatasi sariawan dengan bahan alami.

Sariawan sendiri bisa disebabkan oleh beberapa macam penyebab diantaranya: Kurangnya Vitamin dan nutrisi, Penggunaan produk pembersih mulut yang tidak pas, menkonsumsi makanan yang terlalu pedas dan asam, terkena kuman bakteri dan penyebab sariawan yang paling sering di alami yaitu mulut yang tergigit saat mengunyah makanan. Sebenarnya sariawan sendiri tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan, walaupun tidak di obati sariawan bisa sembuh dengan sendirinya.

Namun yang jadi pertanyaan, apakah Anda mau mengalami rasa perih atau sakit saat Anda mengunyah makanan? semua sepakat pasti menjawab tidak. Ya maka dari itu sariawan juga perlu diobati, saat ini banyak sekali jeni obat yang dapat menyembuhkan sariawan yang bisa Anda minu. Adapun cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan sariawan, lihat informasi lengkapnya dibawah ini.

Jambu Air

Cara mengatasi sariawan secara alami yaitu dengan menggunakan jambu air, cara mengetasinya yaitu dengan menumbuk halus jambu air dan campur dengan air matang 1/2 gelas. Lalu saring air tumbukan jambu air, kemudian gunakan untuk berkumur.

Air Kelapa

Cara mengatasi sariawan secara alami taitu dengan mengkonsumsi air kelapa, sebab kandungan yang ada pada air kelapa dapat membantu menyembuhkan sariawan.

Air Garam

Berkumur dengan menggunakan air garam juga salah satu cara mengatasi sariawan secara alami, hal ini disebabkan kandungan yang ada di garam sanggup menarik cairan pada luka sariawan jadi sanggup mempercepat pengobatan.

Kopi Bubuk

Mungkin agak aneh mengatasi sariawan dengan menggunakan kopi bubuk, asal Anda tahu kandungan yang ada kopi bubuk dapat mempercepat penyembuhan sariawan. Dan cara mengatasi sariawan dengan kopi bubuk sangat mudah yaitu tempelkan serbuk bubuk kopi di bagian yang terkena sariawan. Biasanya sariawan akan sembuh dalam waktu kurang dari 2 – 3 hari.

Tomat

Dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa tomat dapat menyembuhkan sariawan dengan cepat, yang bisa Anda lakukan mengatasi sariawan dengan tomat diantaranya dapat memakan tomat secara langsungatau juga berkumur dengan menggunakan jus tomat.

Kunyit dan Daun Kemangi

Salah satu cara mengatasi sariawan dengan alami yaitu dengan mengunyah 4-5 lembar daun kemangi serta air minum. Menguyah daun kemangi dapat meredakan nyeri sariawan serta mengobatinya.

Bawang dan Pepaya

Salah satu cara mengatasi sariawan dengan bawang dan pepaya yaitu dengan menempelkan bawang atau pun pepaya pada bagian luka sariawan. Kandungan yang ada pada bawang dan pepaya dapat mempercepat penyembuhan luka pada mulut.

Apabila Anda memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai cara mengatasi sariawan, yakinlah hasilnya akan lebih memuaskan. Karena bahan-bahan alami di atas mudah ditemukan, Anda tidak perlu membeli obat-obat kimia yang belum tentu manjur. Bahan-bahan alami juga tidak akan memberikan efek samping negatif bagi tubuh Anda.

Baca juga:  Cara Tepat Mengobati Sariawan