Cara Memperbaiki Postur Tubuh: 8 Tips Praktis yang Efektif


By Cindy Wijaya

Postur tubuh yang tegak bukan hanya soal penampilan saja, ini penting juga untuk kesehatan jangka panjang kita. Postur tubuh yang benar, baik saat sedang diam maupun saat bergerak, dapat menghindarkan kita dari rasa nyeri, cedera, dan masalah kesehatan lainnya. Tapi kalau postur tubuh kita sudah kurang baik, bagaimana cara memperbaiki postur tubuh?

Sebenarnya kunci untuk postur yang baik adalah posisi dari tulang belakang kita. Tulang belakang kita punya tiga lekukan alami—di leher, tengah punggung, dan bawah punggung.

Postur tubuh seharusnya bisa mempertahankan tiga lekukan alami ini, tapi tidak sampai menambah lekukannya. Kepala kita seharusnya berada di atas bahu, dan bagian atas bahu seharusnya melebihi posisi pinggul.

Jadi bagaimana cara meluruskan badan yang bungkuk? Bagaimana cara menegakkan tubuh? Kita perlu menjaga posisi badan kita sesuai seperti di atas. Itu harus dijaga sembari kita menjalani kegiatan sehari-hari, seperti saat menonton TV, mencuci piring, atau berjalan kaki.

Untuk memmbantu memperbaiki postur tubuh yang bungkuk atau miring, berikut adalah 8 tips yang bisa diikuti.

8 Cara Memperbaiki Postur Tubuh

Banyak dari kita menghabiskan hari untuk duduk diam, entah saat sedang bekerja, belajar, atau bersantai. Jadi sangat penting untuk menjaga posisi saat duduk. Selain itu juga perhatikan posisi badan kita saat sedang berjalan atau berdiri diam. Untuk lebih jelasnya, perhatikan 8 tips cara memperbaiki postur tubuh berikut.

Jangan Biasakan Bungkuk

Posisi badan yang membungkuk menambah beban pada tulang belakang kita. Itu memberi tekanan pada tulang, otot, dan persendian yang dibutuhkan untuk menahan tulang punggung agar tetap di tempatnya.

Tapi postur tubuh yang buruk bukan hanya buruk untuk punggung kita. Terbiasa membungkuk bisa menekan organ-organ bagian dalam kita, serta mempersulit kerja dari paru-paru dan usus kita. Seiring waktu, hal itu membuat kita sulit mencerna makanan atau mendapatkan cukup udara saat bernapas.

Tegakkan Badan

Bagaimana cara mencegah badan bungkuk? Berdirilah tegak. Kita akan merasa lebih baik dan terlihat lebih baik saat berdiri tegak, bahkan mungkin tampak lebih ramping. Anggaplah kita sedang berdiri bersandar di dinding untuk mengukur tinggi badan.

Tahan posisi kepala lurus ke depan dan agak masukkan dagu. Telinga harus berada di atas bagian tengah bahu. Berdirilah dengan bahu ke belakang, lutut lurus, dan perut masuk ke dalam. Jangan sampai bokong atau pinggul menonjol. Tegakkan tubuh sampai kita merasa kepala terentang ke atas.

Jangan Bungkuk Saat Duduk

Memang rasanya lebih nyaman untuk membungkuk saat duduk, bahkan mungkin bersandar dan memiringkan badan. Tapi itu adalah postur yang tidak baik. Berikut cara memperbaiki postur tubuh bungkuk saat duduk:

Duduk penuh di kursi. Letakkan handuk kecil yang digulung atau bantalan pinggang di belakang punggung tengah untuk melindungi lekukan alami tulang belakang kita. Tekuk lutut pada sudut yang tepat dan pertahankan ketinggian yang sama, atau sedikit lebih tinggi dari pinggul kita. Letakkan telapak kaki rata di lantai.

Tetap Jaga Postur Saat Pakai HP

Berhati-hatilah kalau kita sering menggunakan HP. Luangkan waktu sebentar untuk meregangkan leher. Ketika kita menundukkan kepala ke bawah untuk melihat HP, itu benar-benar membuat leher tegang.

Rasa tegang itu akan terus bertambah dan menumpuk jika terus melakukannya. Untuk cara memperbaiki postur tubuh bungkuk akibat sering pakai HP, angkatlah posisi HP dan lihat layarnya dengan menggerakkan mata, bukan kepala kita.

Perhatikan Postur Ketika Mengemudi

Sama seperti saat kita duduk, memang rasanya lebih nyaman untuk membungkuk atau bersandar ke belakang, apalagi selama perjalanan jauh. Tapi itu tidak bagus untuk postur badan. Bagaimana cara menegakkan tubuh ketika mengemudi?

Tarik kursi ke dekat stir kemudi. Tekuk sedikit lutut dan jaga posisinya setinggi pinggul atau sedikit di atas. Jangan lupa untuk menaruh bantal atau handuk yang digulung di belakang sebagai penyangga punggung.

Kurangi Pemakaian Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi memang bikin kita tampak modis, tapi tidak untuk postur badan kita. Model sepatu pump dan stiletto mendorong pangkal tulang belakang ke depan, yang membuat punggung jadi melengkung.

Hal itu bisa mengubah cara tulang punggung kita bertumpu dan memberi tekanan pada saraf, yang menyebabkan sakit punggung. Sepatu hak tinggi juga memberi beban lebih pada lutut kita. Jadi untuk dipakai sehari-hari, sebaiknya pilihlah sepatu yang biasa saja.

Posisi Tidur Juga Berpengaruh

Tidur bukanlah alasan untuk asal-asalan memposisikan badan. Kalau bisa, jangan tidur di kasur yang terlalu empuk dan lentur. Pilihlah yang cukup kuat yang membantu menahan bentuk alami tulang belakang kita.

Bagaimana kalau biasa tidur posisi menyamping? Tekuklah sedikit lutut kita tapi jangan sampai memeluk lutut. Letakkan bantal di bawah kepala supaya sejajar dengan tulang punggung.

Orang yang biasa tidur telentang sebaiknya jangan pakai bantal tebal dan pilih bantal kecil saja untuk menyangga lehernya.

Olahraga dan Perkuat Otot Perut

Punya terlalu banyak lemak di sekitar perut akan menambah beban pada punggung kita. Kita butuh otot yang kuat untuk menopang tulang belakang. Jadi bagaimana cara meluruskan badan yang bungkuk dengan olahraga?

Buatlah rencana olahraga yang dirancang dengan baik untuk menjaga tubuh dan tulang belakang kita tetap dalam kondisi prima. Kita juga bisa melakukan gerakan olahraga yang bagus untuk memperbaiki postur tubuh, perhatikan dalam kotak berikut.

Gerakan Olahraga untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Plank: Cara untuk melakukannya cukup dengan posisikan perut menghadap ke lantai, dimulai dengan tangan posisi lurus lalu tekuk lengan sampai bertumpu pada sikunya. Posisikan lengan di sudut 90 derajat dan ujung siku di bawah dan sejajar dengan bahu. Tahan tubuh dengan posisi garis lurus.

Doronglah kedua tangan ke depan dengan bantuan otot perut, tanpa menggerakkan kaki. Tahan posisi itu beberapa detik dan ulangi 8 sampai 10 kali.

Plank sangat baik sebagai olahraga untuk memperbaiki postur tubuh karena membuat otot-otot tubuh bagian atas tertarik ke belakang dan turun. Selain itu plank juga memperbaiki tulang belakang yang bengkok sehingga bagus untuk cara memperbaiki posisi tubuh yang miring.

Gerakan Olahraga untuk Memperbaiki Postur Tubuh

 

Periksa Apakah Ada Masalah Postur Badan

Kita mungkin sudah tahu apakah badan kita bungkuk atau tidak. Tapi kalau tidak yakin, ada cara cepat untuk memastikannya.

Posisikan bagian belakang kepala menempel ke dinding. Jauhkan kaki sekitar 15 cm dari dinding. Dalam posisi itu bokong kita seharusnya menyentuh dinding. Punggung bawah dan leher seharusnya berjarak sekitar 5 cm darinya.

Kalau tidak, ada kemungkinan ada masalah pada postur tubuh kita. Mungkin lebih baik konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui cara memperbaiki postur tubuh yang terbaik sesuai kondisi kita.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang cara memperbaiki postur tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Temukan juga ulasan-ulasan informatif lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

WebMD. 9 Tips for Better Posture. URL: https://www.webmd.com/osteoporosis/ss/slideshow-posture-tips

MedlinePlus. Guide to Good Posture. URL: https://medlineplus.gov/guidetogoodposture.html

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>