Bagikan Artikel Ini:

Terakhir Diedit:

Bengkoang mengandung beragam kandungan bermanfaat, sehingga tidak heran bila banyak produk kecantikan & kesehatan yang menggunakannya sebagai salah satu bahan baku. Bengkuang juga sering dinikmati sehari-hari sebagai campuran rujak dan asinan. Ada juga yang menjadikannya masker untuk kecantikan wajah.

Apa saja kandungan bengkoang yang bermanfaat? Adakah manfaat makan bengkoang setiap hari? Adakah bahaya bengkoang yang harus diperhatikan? Mari kita cermati penjelasannya di artikel ini.

Kandungan Bengkoang

Jurnal ilmiah Nutritional and anti-nutritional components in Pachyrhizus erosus L. tuber mengungkapkan kandungan komposisi kimia proksimat, vitamin, mineral, dan kandungan asam amino, serta aktivitas enzimatik dalam bengkuang.

Bengkuang memiliki tingkat kelembapan yang tinggi, jumlah karbohidrat yang cukup besar, serat kasar dan protein yang cukup banyak, serta jumlah lipid yang sangat rendah. Nilai total kalori dalam kandungan bengkoang sekitar 39 kkal per 100 gram. Juga terdapat sejumlah kandungan asam amino di dalamnya.

Bengkuang juga berpotensi menjadi sumber kalium, natrium, fosfor, kalsium, dan magnesium. Juga terdeteksi tiamin, riboflavin, piridoksin, niasin, dan asam folat dalam kandungan bengkoang.

Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan

Karena perpaduan dari kandungan-kandungan bermanfaat dalam bengkuang, maka dapat menghasilkan manfaat-manfaat yang baik juga untuk kesehatan kita. Berikut adalah beberapa khasiat bengkuang yang terkenal bagi kesehatan.

Untuk Diet

Makanan rendah kalori sangat penting bagi siapa pun yang ingin berdiet menurunkan berat badan, terutama jika makanan itu juga dilengkapi dengan nutrisi dan serat yang bikin cepat kenyang. Bengkuang hanya mengandung 35 kalori per 100 gram dan lengkap dengan nutrisi juga serat.

Bengkuang juga pilihan tepat untuk jadi camilan di kala lapar dan saat ingin mengemil, tanpa harus takut berat badan akan naik. Selain itu, manfaat bengkoang untuk diet juga dimungkinkan oleh fungsi serat di dalamnya. Serat membantu meningkatkan endapan tinja, sehingga membuatnya bergerak lancar melalui saluran pencernaan dan mengatasi masalah seperti sembelit.

Baca juga  Manfaat Bengkoang bagi Kesehatan Tulang, Jantung, Otak, dan Masih Banyak Lagi!

Untuk Kecantikan

Manfaat bengkoang untuk kecantikan datang dari perpaduan kandungan-kandungan bermanfaat di dalamnya. Kandungan air yang tinggi membuatnya bagus untuk melembapkan kulit dan rambut. Vitamin B dan C dalam bengkuang membuat kulit terlihat sehat dan segar.

Vitamin C adalah nutrisi yang sangat efektif untuk membantu menumbuhkan dan menguatkan rambut. Selain itu vitamin C juga mengandung kemampuan anti-aging yang membantu melawan penuaan dini. Karena itulah banyak orang memanfaatkan bengkuang untuk dijadikan masker.

Untuk Lambung

Bengkuang mengandung serat yang berisi inulin oligofruktosa. Jenis serat ini bagus untuk menjaga kesehatan organ-organ pencernaan, termasuk lambung. Dan karena mengandung banyak air, bengkuang sangat mudah dicerna. Kandungan seratnya juga bagus untuk mengobati sembelit atau diare. Itulah manfaat bengkoang untuk lambung dan pencernaan.

Untuk Kekebalan Tubuh

Karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi; 100 gram bengkuang saja dapat memberikan kita 40% dari total kebutuhan vitamin C harian. Vitamin ini merupakan bagian penting dari sistem kekebalan kita karena menstimlasi sel-sel darah putih, yang adalah barisan depan pertahanan tubuh terhadap penyakit.

Menambahkan asupan vitamin ini akan membantu tubuh melawan bakteri, virus, jamur, atau patogenik-patogenik lain yang menimbulkan penyakit. Juga, fungsi antioksidan dari vitamin C membantu melawan kanker dengan cara menetralkan efek radikal bebas.

Untuk Darah Tinggi

Sebagai sumber kalium, bengkuang dapat membantu menurunkan darah tinggi, karena fungsinya sebagai vasolidator dan menurunkan tekanan pada pembuluh darah serta arteri. Dengan begitu tekanan atau stres pada sistem kardiovaskular juga akan menurun. Kalium juga penting untuk menjaga keseimbangan cairan di seluruh tubuh, sehingga akan menjaga tubuh tetap terhidrasi dan berfungsi dengan baik.

Untuk Tulang

Mineral-mineral seperti mangan, magnesium, zat besi, dan tembaga yang ditemukan dalam bengkuang membuatnya menjadi makanan yang bagus untuk menguatkan kepadatan mineral tulang. Mineral-mineral itu penting untuk membangun tulang yang kuat dan memulihkan kerusakan apa pun pada tulang. Kecukupan asupan mineral juga akan mengurangi risiko osteoporosis.

Baca juga  Manfaat Bengkoang bagi Kesehatan Tulang, Jantung, Otak, dan Masih Banyak Lagi!

Untuk Kanker Usus

Sebuah penelitian yang dimuat dalam British Journal of Nutrition tahun 2005 memperlihatkan bahwa makanan-makanan yang mengandung inulin, termasuk bengkuang, dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Caranya yaitu dengan mengurangi paparan serta dampak dari karsinogen dalam usus, dan menghambat pertumbuhan serta penyebaran kanker usus ke area tubuh lainnya.

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa fruktan jenis inulin dapat mengurangi kasus kanker kolorektal apabila dikonsumsi selama tahap-tahap awal perkembangan kanker tersebut.

Demikianlah beberapa manfaat buah bengkoang bila dimakan. Namun, meskipun terdapat manfaat makan bengkoang setiap hari seperti di atas, tetap saja kita tidak disarankan memakannya secara berlebihan.

Adakah Efek Samping Bengkoang?

Bagian umbi dari bengkuang aman untuk dimakan, tetapi bagian lain dari tanaman ini sangatla beracun. Jadi berhati-hatilah jangan sampai kita memakan bagian biji polong, daun, atau sulurnya yang menjalar. Di samping itu, tidak ada bahaya bengkoang yang lain dan kita bisa menikmati manfaatnya dengan sepenuhnya.

Bengkuang dapat dinikmati dengan beragam cara: diiris-iris lalu dipanggang, dibuat jadi campuran rujak atau salad, dicincang dengan tumisan dan sup, atau dicampur dengan sayuran dan buah-buahan lainnya untuk menguatkan rasa dan teksturnya yang khas.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang bengkoang. Semoga dengan membacanya kita jadi punya pengetahuan lebih luas seputar tanaman-tanaman bermanfaat di sekitar kita. Nantikan juga  ulasan-ulasan menarik lain mengenai tanaman herbal, pemanfaatan herbal, dan info serta tips kesehatan hanya di Deherba.com.

Cindy Wijaya

Cindy sudah menulis beragam artikel kesehatan sejak tahun 2014. Senang meriset serta berbagi tentang berbagai topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.