Efektifkah Beluntas untuk Pengobatan Bau Badan

383
Beluntas untuk Pengobatan Bau Badan
Sumber Gambar - Wikipedia

Diedit:

Beberapa orang menjadikan parfum sebagai senjata andalan mereka mengusir bau badan. Namun, sebenarnya, cara ini tidak menghilangkan sama sekali bau badan yang Anda miliki, karena parfum tidak mengatasi sumber utama penyebab bau badan yakni bakteri yang berkembang, terutama akibat polusi dan sanitasi tubuh yang buruk. Seberapa efektif beluntas untuk pengobatan bau badan?

Dalam artikel berikut Anda akan melihat bagaimana kinerja beluntas untuk pengobatan bau badan. Temukan juga cara mengolah beluntas untuk pengobatan bau badan tersebut. Sehingga Anda dapat terbebas dari aroma tidak sedap, maka kepercayaan diri Anda akan akan turut meningkat dan tak perlu ‘minder’ jika berada dekat dengan orang lan. Yuk kita perhatikan sama-sama, ulasan lengkapnya!

Beluntas untuk Pengobatan Bau Badan

Selain itu, faktor penyebab timbulnya bau badan seringkali dipengaruhi juga oleh faktor genetik maupun konsumsi makanan-makanan tertentu, seperti Bawang putih, Jengkol, Pete, dll. Karena itu, asupan makanan pun perlu diseleksi agar tidak menambah bau menyengat pada tubuh Anda. Makanan sangat berpengaruh pada kondisi tubuh yang Anda miliki, hal ini benar-benar harus diperhatikan.

Penggunaan deodorant dan bodyspray mungkin membantu, tetapi tentu tidak mungkin Anda akan menggunakannya seumur hidup Anda, bukan? Penggunaan deodorant dan bodyspray dalam jangka panjang dapat menyebabkan ketiak mengalami iritasi. Selain itu, kulit disekitar ketiak juga akan menghitam. Lantas, apa solusi praktis untuk mengatasi problem bau badan ini?

Pengobatan Bau Badan

Apa itu Beluntas? Bagaimana Beluntas bisa membantu Anda mengusir bau badan menyengat? Beluntas merupakan salah satu tanaman semak yang tumbuh secara liar, bahkan dalam tanah tandus pun, tanaman ini dapat bertahan hidup. Tanaman ini memiliki kemampuan hidup yang luar biasa. Namun bukan itu keunggulan dari tanaman beluntas.

Pengobatan Bau Badan
Sumber Gambar – Shutterstock

Daun Beluntas—bagian yang paling berkhasiat dari tanaman ini—berbentuk bulat telur, dengan ujungnya yang bundar melancip dan bergerigi pada kedua sisinya. Tangkai daunnya pendek dan memiliki letak yang berseling.

Di balik aroma daunnya yang khas ini, Beluntas terutama dikenal dengan khasiatnya dalam mengusir bau badan dan juga bau mulut.
Kandungan senyawa aktifnya yang limpah seperti minyak atsiri, flavonoid, dan tanin, yang bersifat antibakteri, membuat tanaman Beluntas ini, ampuh lenyapkan bau tak sedap dari tubuh Anda.

Cara Menggunakan Beluntas

Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, Anda cukup mengonsumsi daun Beluntas segar sebagai lalapan setiap hari. Dan, percaya atau tidak, hanya dalam waktu 1 bulan sejak konsumsi rutin dilakukan, bau badan Anda akan bertahap berkurang. Atau, Anda juga bisa mengukus daun Beluntas dan memakannya bersama nasi.

Disamping itu, tips-tips berikut bisa Anda coba untuk mengurangi bau badan tak sedap. Pertama, Anda dapat menggunakan cairan antiseptik maupun sabun antiseptik sewaktu mandi untuk membantu menghambat perkembangan bakteri penyebab bau badan. Penggunaan sabun yang salah dapat menyebabkan kulit kering. Sedangkan kondisi lembab dapat meningkatkan keberadaan bakteri.

Biasakanlah untuk mengeringkan tubuh—terutama pada bagian-bagian lipatan tubuh—dengan benar karena bakteri senang berkembangbiak pada bagian tubuh Anda yang lembab. Selain itu, gunakanlah pakaian dengan bahan seperti katun, yang mudah menyerap keringat.

Demikianlah informasi seputar beluntas untuk pengobatan bau badan. Semoga tips-tips ini bisa membantu Anda. Ingatlah bahwa pengobatan alternatif dengan herbal hanya bersifat membantu meringankan gejala penyakit yang Anda alami. Pada kasus penyakit yang serius, Anda membutuhkan bantuan medis dari dokter dan kombinasi herbal sebagai penunjangnya.

Baca juga:  Daun Beluntas Tuntaskan Keputihan, Bau Badan, Diare, Bahkan Kanker!
Advertisement
Alinesia