Bahaya Gigi Berlubang Jika Dibiarkan!


By Cindy Wijaya

Caries—penyakit gigi berlubang—merupakan penyakit yang dialami oleh banyak dari kalangan anak-anak hingga orang tua. Tidak sedikit diantara kita karena ketidaktahuannya menganggap penyakit gigi berlubang ini adalah penyakit sepele.

Meskipun memang tidak akan menimbulkan resiko kematian pada penderitanya, hanya saja rasa sakit dari akibat gigi berlubang ini sungguh luar biasa. Meskipun ada hasrat makan namun tak bisa karena gigi tidak sanggup mengunyah makanan yang masuk ke mulut.

Kembali ke soal penyakit gigi berlubang. Penyakit gigi berlubang ini jangan dianggap remeh, sebab jika dibiarkan akan dapat mengakibatkan penyakit sistemik pada tubuh seseorang. Apa penyakit sistemik yang bisa ditimbulkan akibat gigi berlubang yang dibiarkan? Ini semua harus diketahui supaya tidak meremehkan persoalan masalah gigi yang berlubang. Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa penyakit sistemik yang bisa ditimbulkan akibat dari penyakit gigi berlubang yang dibiarkan.

Penyebab Gigi Berlubang dan Pencegahannya

Penyakit gigi berlubang disebabkan oleh bakteri perusak gigi. Bakteri perusak gigi ini berasal dari sisa-sisa makanan yang ada pada gigi. Maka dari itu bila gigi kurang sering dibersihkan atau bahkan sama sekali tidak pernah dibersihkan akan membuat gigi cepat mudah menjadi berlubang.

Ada beberapa makanan yang sangat cepat membuat gigi menjadi berlubang, yaitu makanan yang manis-manis seperti permen dan coklat. Makanan ini sangat cepat sekali merusak lapisan email gigi sehingga gigi akan mudah mengalami kerusakan. Oleh karena itu supaya Anda bisa terhindar dari masalah gigi berlubang harus selalu membersihkan gigi setiap hari minimal 2 kali sehari dan hindari permen dan coklat.

Selanjutnya hindari juga makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin. Sebab makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin akan membuat gigi menjadi ringkih alias tidak kuat. Jika gigi sudah tidak kuat lagi akan mudah sekali dirusak oleh bakteri yang ada di gigi sehingga akan membuat cepat gigi berlubang.

Baca Juga:  Inilah Caranya Mengobati Gigi Berlubang pada Anak!

Hindari minuman yang bersoda. Sebaliknya perbanyaklah makan makanan yang mengandung kalium supaya tulang gigi menjadi kuat. Seperti diantaranya makan kacang-kacangan, makan telur, dan lain sebagainya. Itulah beberapa cara merawat gigi supaya kuat dan tidak gampang berlubang.

Inilah Akibat Pembiaran Gigi Berlubang

Sebaiknya jika gigi berlubang jangan dibiarkan. Sebab jika gigi yang berlubang itu dibiarkan bisa menimbulkan penyakit pada organ tubuh lainnya. Karena bakteri penyebab gigi berlubang tersebut akan dapat menyebar ke tubuh anda. Bisa juga masuk ke dalam tubuh dan menempel pada organ tubuh Anda seperti jantung, paru-paru, bronkitis, ginjal dan lain sebagainya.

Jika bakteri itu menempel pada organ tubuh lainnya bisa menimbulkan penyakit baru. Oleh karena itu jika gigi berlubang sebaiknya segera diperiksakan ke dokter gigi supaya langsung mendapatkan penanganan darinya. 

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}