Artritis: Encok, Apa Penyebab dan Cara Mengobatinya?

593

Diedit:

Encok ditandai dengan rasa nyeri mendadak yang hebat, disertai bengkak kemerahan dan tekanan pada persendian tubuh. Salah satu bentuk kompleks dari artritis ini dapat dialami oleh siapa saja. Apa yang menyebabkan encok dan bagaimana cara mengobatinya? Artikel ini akan membahas penyebab dan pengobatan encok.

Encok sudah jadi keluhan umum bagi pria dan wanita (khususnya yang sudah menopause). Bagian tubuh yang rentan terkena encok adalah kaki, pergelangan kaki, lutut, tangan, pergelangan tangan, dan yang paling rentan yaitu pangkal jempol kaki.

Apa yang Menyebabkan Encok?

Ketika kadar asam urat dalam darah meningkat, terbentuklah kristal urat yang tajam seperti jarum pada persendian atau area sekitarnya. Akibatnya, di persendian terjadi peradangan dan Anda merasakan nyeri yang menusuk.

Tubuh Anda akan memproduksi asam urat ketika tubuh menghancurkan purin—zat yang secara alami ditemukan dalam tubuh dan juga dalam jenis makanan tertentu, seperti jeroan, ikan teri, ikan haring, asparagus, serta jamur.

Normalnya, asam urat larut dalam darah dan lewat melalui ginjal, kemudian keluar bersamaan dengan urin. Tapi, ada kalanya tubuh Anda memproduksi terlalu banyak asam urat atau ginjal Anda terlalu sedikit mengeluarkan asam urat. Ketika terjadi, asam urat akan menimbun dan membentuk kristal tajam di area sendi—inilah yang jadi penyebab nyeri encok.

Bagaimana Cara Mengobati Encok?

Encok dapat diobati dan dicegah resiko kekambuhannya. American Dietetic Association menganjurkan panduan berikut ini ketika Anda mengalami serangan encok:

  • Minumlah 8-16 gelas air dalam sehari atau perbanyak konsumsi makanan yang mengandung banyak cairan.
  • Sebisa mungkin hindarilah alkohol.
  • Konsumsi protein dalam jumlah sedang dan berasal dari sumber yang sehat, misalnya dari produk susu rendah atau bebas lemak, tahu, telur, dan kacang-kacangan.
  • Batasilah asupan daging, ikan, dan unggas karena makanan tinggi protein ini bisa meningkatkan asam urat dalam darah.
  • Pertahankan berat badan yang ideal.

Cara Alternatif Mengobati Encok

Kopi

Penelitian menunjukkan ada hubungan antara minum kopi dengan kadar asam urat. Dengan rutin minum kopi (kopi biasa ataupun kopi tanpa kafein), kadar asam urat dalam darah bisa berkurang.

Vitamin C

Suplemen vitamin C diyakini bisa mengurangi kadar asam urat dalam darah. Namun, Anda tidak perlu mengonsumsi vitamin C dalam dosis besar. Karena dosis yang besar justru dapat meningkatkan kadar asam urat. Cara yang paling baik dan sederhana untuk mendapatkan asupan vitamin C adalah dengan makan buah dan sayur yang mengandungnya, misalnya jeruk dan pepaya.

Buah Ceri

Penelitian menemukan bahwa buah ceri berkontribusi dalam menurunkan kadar asam urat. Buah ceri dan jenis beri yang berwarna gelap lain, seperti blackberry, blueberry, raspberry, dan anggur ungu, dapat membantu mengobati encok. Namun, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi ceri dalam jumlah banyak.

Jika serangan encok disertai dengan demam dan sensasi terbakar pada sendi, Anda sebaiknya mencari bantuan medis. Artikel ini hanya membahas cara dasar mengobati encok sehingga belum tentu bisa diterapkan pada kasus encok yang parah.

Baca juga:  Penyakit Encok Bisa Diatasi dengan Buah dan Sayuran
Advertisement
Alinesia