Penyakit Encok Bisa Diatasi dengan Buah dan Sayuran

296

Diedit:

Orang yang terserang penyakit apapun, termasuk penyakit encok didalamnya, pasti akan merasa terganggu. Serangan encok tak kenal siapapun, tak terbatas oleh usia, jenis kelamin, dan juga umur.

Encok kerap kali muncul dalam serangan yang akut dan merupakan jenis peradangan persendian yang sifatnya kronis. Ketika encok menyerang biasanya ditandai juga dengan rasa sakit pada ibu jari kaki.

Tak hanya ibu jari kaki saja yang diserang oleh encok, persendian yang lain pun dapat diserang seperti lutut dan pergelangan. Serangannya biasanya muncul di waktu malam atau menjelang pagi.

Yang mengganggu ialah penyakit encok ini bisa menyerang beberapa bagian persendian sekaligus. Serangan akutnya berlangsung cukup lama, bisa sampai waktu satu minggu.

Dalam waktu tersebut, orang yang terkena encok akan mengalami demam ringan dan mendadak nafsu makannya berkurang. Lantas, apa yang menjadi penyebab encok ini? Penyakit encok ini biasanya disebabkan oleh adanya pembentukan kristal asam urat pada kulit, persendian, dan juga ginjal.

Secara umum, pasien yang menderita encok ini memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam darahnya. Prosesnya, ketika darah “penuh” oleh asam urat, maka asam urat kemudian akan membentuk kristal pada persendian. Hal tersebut akan memicu adanya serangan penyakit encok.

Selain itu, penyakit encok juga bisa disebabkan oleh adanya faktor keturunan, konsumsi alkohol, kurangnya aktifitas fisik, terlalu stres dalam menjalani hidup, dan juga asupan makanan yang kaya protein dan karbohidrat berlebih.

Lalu, apakah encok bisa disembuhkan? Kalau iya, bagaimana cara penyembuhannya? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai aneka makanan yang bisa mengatasi sakit encok Anda secara alami.

  • Jus sayuran
    Banyak yang menyarankan bahwa untuk mengatasi sakit encok bisa dengan menggunakan jus sayuran. Jus sayuran disebut-sebut sangat efektif untuk mengatasi penyakit encok. Anda bisa membuat jus sayuran yang terdiri dari wortel, ketimun, dan juga bit yang dijadikan satu dan kemudian diblender. Dalam sehari, minimal Anda harus memenuhi asupan sebanyak 500 ml jus sayuran ini.
  • Ceri
    Buah ceri juga dinyatakan sebagai makanan yang bisa mengatasi sakit encok. Pada tahap permulaannya Anda bisa mulai dengan mengonsumsi sebanyak 20 buah ceri setiap harinya. Nah, selanjutnya Anda cukup mengonsumsi 10 ceri sehari untuk berjaga-jaga.
  • Apel
    Selain rasanya yang enak, ternyata apel juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan encok. Apel mengandung malic acid yang diyakini bisa menetralkan asam urat yang menimbulkan encok. Pasien dianjurkan untuk mengonsumsi minimal 1 butir apel per hari.
  • Pisang
    Pasien yang menderita encok bisa melakukan diet pisang sebanyak 8-10 buah dalam setiap harinya. Pisang juga disebut-sebut bisa menyembuhkan encok Anda. Maka pisang selain enak, ternyata berkhasiat juga.
  • Limau
    Kandungan vitamin C di dalam limau bisa mencegah dan menyembuhkan rasa sakit pada persendian dengan cara menguatkan jaringan penghubung. Kandungan asam sitrat dalam limau dapat membantu melarutkan asam urat.
  • Cara lainnya
    Selain mengonsumsi beberapa jenis sayuran dan buah-buahan di atas, jangan lupa pula untuk menghindari makanan-makanan yang mengandung purin yang tinggi seperti jeroan. Di samping itu, konsumsi makanan yang mengandung lemak juga sebaiknya dikurangi karena konsumsi lemak yang berlebih dapat menghambat pengeluaran asam urat dalam tubuh. Dan usahakan untuk cukup minum air. 
Baca juga:  Artritis: Encok, Apa Penyebab dan Cara Mengobatinya?

Bagaimanapun, sesungguhnya penyakit itu datang dan perginya tergantung dari pola hidup kita sehari-hari. Penyakit encok bisa dicegah dengan banyak mengonsumsi buah dan sayuran yang telah dijabarkan diatas secara konsisten dan di saat bersamaan juga menghindari berbagai makanan yang dilarang bagi pasien encok. Jika saran diatas dilakukan maka encok Anda akan menghilang dengan sendirinya.

AdvertisementSimplisia.com