Apa Penyebab Tumor Mediastinum?

669
Shutterstock

Diedit:

Jika beberapa penyakit tumor dan kanker seringkali tak diketahui penyebabnya, lain halnya dengan tumor yang ada di mediastinum. Tampaknya ada beberapa hal yang turut menyebabkan terjadinya tumor apakah Anda masih ingat bahwa mediastinum terdiri dari 3 bagian; mediastinum depan, mediastinum tengah, dan mediastinum belakang. Ya, ini semua bergantung pada lokasi atau bagian mana yang diserang oleh tumor. Apa penyebab tumor mediastinum? Mari kita perhatikan bersama-sama, keterangan berikut ini! Sehingga Anda dapat mengatasinya tanpa rasa khawatir.

Mediastinum Depan (Anterior)

Menurut Cleveland Clinic ada sekitar 60% pria dan wanita yang mengalami mediastinum anterior berawal dari tumor jinak pada sel germinal neoplasma. Beberapa kondisi medis lainnya juga mengarah ke jenis tumor lainnya, misalnya; Lymphoma merupakan jenis tumor ganas yang masuk dalam kategori Hodgkin ataupun Non-hodgkin limfoma. Begitu pula dengan thymoma atau kista pada thymus, serta tiroid mediastinum massal yang disebut juga penyakit gondok.

Mediastinum Tengah

Healthline memaparkan beberapa potensi tumor mediastinum, seperti; kista bronkogenik atau tumor yang tumbuh pada saluran pernapasan. Adapula kondisi yang disebut limfadenopati mediastinal yang berawal dari pembesaran pada kelenjar getah bening. Kista perikardial merupakan tumor jinak yang berasal dari lapisan jantung perikardium. tiroid mediastinum massal atau penyakit gondok juga dapat menjadi penyebab tumor mediastinum bagian tengah. Tumor trakea sekalipun sifatnya jinak ini dapat berubah ganas, begitu pula dengan kelainan pembuluh darah aorta.

Mediastinum Belakang (Posterior)

Extramedular hematopoisis atau munculnya benjolan yang langka dan dimulai dari sumsum tulang belakang, juga dapat menjadi penyebab tumor mediastinum belakang – ini juga berkaitan dengan anemia berat. Limfadenopati mediastinal juga dapat menyebabkan tumor mediastinum belakang. Kondisi serupa juga terjadi pada penderita kista neuroenterik mediastinum yang menyerang sistem saraf dan pencernaan – komplikasi kanker saraf bisa saja terjadi.

Kemungkinan penyebab tumor mediastinum bisa jadi sulit dipahami, oleh karena itu dibutuhkan konsultasi medis yang dilakukan oleh dokter sehubungan dengan jenis kanker tersebut. Ingatlah bahwa mediastinum adalah area yang ada diantara kedua paru-paru Anda yang terlindung oleh tulang dada serta tulang punggung. Dalam rongga ini ada beberapa organ penting; mulai dari kerongkongan, tenggorokan (trakea), kelenjar thymus, kelenjar timus, jaringan ikat, pembuluh darah besar dan jantung. Karena cakupannya sangat luas, penjelasan mengenai ini tak begitu spesifik.

Baca juga:  Apa Pengobatan Tumor Mediastinum?

Namun, ada kesamaan faktor penyebab tumor mediastinum – yaitu usia yang berpotensi mengalami hal ini ialah 30 sampai 50 tahun. Tumor mediastinum pada orang dewasa biasanya terjadi di bagian depan yang disebut anterior mediastinum. Hal ini mencakup; kanker ganas limpoma dan tumor sel germinal atau thymomas. Ya, demikianlah beberapa kemungkinan penyebab tumor mediastinum. Secara umum tumor dan kanker disebabkan oleh perubahan sel normal menjadi abnormal, ketika tumbuh membesar dan bersifat jinak disebut tumor, jika ganas disebut kanker.

Advertisement
Alinesia