Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Obat Herbal Amandel Obat Herbal Amandel

Apa Obat Herbal Amandel Terbaik?

Obat herbal Amandel biasanya menjadi solusi alternatif ketika seseorang mengalami serangan radang amandel. Penyakit ini sering menyerang anak-anak meski kadang juga menyerang orang dewasa. Penyakit ini biasanya mengganggu pernapasan, proses menelan, sampai menimbulkan rasa nyeri di area tenggorokan, faring, juga telinga.

Karena dinilai bisa membahayakan bila ukurannya menjadi terlalu besar dan menutup jalan pernapasan dan jalan makanan, biasanya dokter akan mengambil tindakan pengangkatan amandel. Masalahnya sampai sekarang tindakan pengangkatan ini masih dalam perdebatan. Beberapa pakar medis dunia menilai adanya efek negatif dari proses pengangkatan amandel terhadap imunitas jangka panjang.

Bahayakah Pengangkatan Amandel?


Belum ada kepastian yang kuat mengenai risiko dari pengangkatan amandel karena peradangandi area tersebut. Hingga kini masih banyak dokter dan pakar medis yang memperdepatkan solusi alternatif dalam mengatasi radang amandel tapa operasi pengangkatan.

Pasalnya, amandel sebenarnya adalah sebuah organ kecil yang merupakan bagian dari sistem kerja imunitas kelenjar getah bening di area leher. Ketika tubuh terutama di area pernapasan dan pencernaan mengalami serangan virus dan bakteri, kelenjar getah bening akan memproduksi lendir dan sel darah putihsebagai perlindungan untuk mengusir virus dan bakteri tadi.

Dan di sini amandel bekerja sebagai bagian dari sistem pertahanan ini. Biasanya ketika tubuh terserang flu dan sejenisnya, maka otomatis area amandel ini membengkak dengan sendirinya sebagai reaksi atas imunitas. Kadang bengkak bisa dengan mudah dilihat jika membuka mulut lebar-lebar. Pembengkakan muncul tipis tepat di depan faring.

Masalahnya, kalau amandel diangkat, maka salah satu benteng pertahanan tubuh di mulut akan berkurang. Para pakar medis mengkhawatirkan ini akan memengaruhi kinerja sistem getah bening dan daya tahan tubuh. Dan terbukti di beberapa kasus, anak dengan amandel yang sudah diangkat mengalami kerentanan terhadap penyakit pencernaan, meski belum ada pembuktian secara empiris mengenai informasi ini.

Di sisi lain amandel sendiri cukup rentan sebagai sebuah benteng. Karena ketika kondisi flu yang terus menerus disertai batuk yang berat, kadang akhirnya memicu radang di area amandel dan mendorong pembengkakan besar di area ini.

Masalah timbul ketika pembengkakan bersifat permanen, meski peradanganbisa diatasi. Sisa bengkak yang tidak mengempis ini akan semakin parah. Acapkali bahkan terjadi radang berulang sampai pada satu waktu ukurannya cukup besar untuk menganggu pernapasan dan jalur telan. Ada kemungkinan juga terbentuk perkembangan jaringan abnormal di dalam amandel yang bisa menjurus pada tumor jinak.

Bagaimana Mengatasi Amandel dengan Obat Herbal Amandel?


Seperti memakan buah simalakama, ketika Anda sudah berhadapan dengan masalah amandel ini. Ketika keputusan diangkat atau tidak seolah sama berisikonya terhadap kesehatan pasien. Dan itu sebabnya ada baiknya Anda mencoba mencari sudut pandang lain dalam mengatasi amandel ini, salah satunya dengan mencari obat herbal amandel yang akan mengatasi melalui cara tradisional.

Selama ini ketika radang amandel muncul, secara medis, dokter hanya akan memberikan antibiotik dan antiinflamasi. Dan memutuskan pengangkatan apabila ukuran amandel menjadi terlalu besar. Lalu bagaimana dengan teknik pengobatan menggunakan obat herbal?

Untuk keluhan pembengkakan amandel yang masih kecil, Anda bisa mengatasinya dengan pemberian obat herbal amandel yang sederhana, yakni dengan resep berikut :

Cara membuat ramuan:

  • Peras jeruk nipissampai keluar airnya.
  • Tambahkan kapur sirih dan aduk sampai merata.
  • Minum sebanyak 3 kali sehari dengan teratur setidaknya selama 3 hari.

Resep ramuan lain untuk mengatasi keluhan radang amandel ringan adalah :

  • ½ buah jeruk nipis
  • 1 sendok makan kecap
  • 1/5 sendok teh lada halus

Cara membuat ramuan:

  • Peras jeruk nipis sampai keluar airnya.
  • Campur dengan kecap dan lada yang sudah dihaluskan.
  • Minum perlahan setidanya 3 kali sehari selama 2 hari.

Namun cara di atas tidak dapat mengatasi keluhan pembengkakan permanen dari masalah amandel yang berat. Karena dalam kondisi ini Anda membutuhkan sejenis antioksidan yang sifatnya baik untuk mematikan pembentukan sel abnormal. Karena biasanya pembengkakan ini bisa menjurus pada gejala awal tumor jinak.

Salah satu obat herbal amandel yang bisa bekerja ganda, mengatasi keluhan peradangan sekaligus membantu meredam efek bengkak permanen adalah buah Noni atau mengkudu. Khasiat unik dari beberapa senyawa di dalamnya memberi efek positif terhadap penyembuhan tuntas keluhan radang amandel dan pembengkakannya.

Dalam buah Noni terdapat antibiotik alami, asam kaproat dan asam kaprilat yang justru menjadi penyebab aroma busuk khas dari buah Noni. Selain itu juga terdapat kandungan scolopetin yang bekerja sebagai antiradang, serta fenilalanine yang memicu peningkatan fungsi imunitas.

Terakhir dalam buah Noni terdapat kandungan xeronine dan proxeronine yang bekerja aktif sebagai antioksidan—membantu membersihkan area amandel dan kawasan batang tenggorokan dari serangan toksin yang kerap menjadi habitat hidup jamurdan bakteri. Serta kandungan senyawa antikanker seperti caprilyc acid dan arginine yang efektif mematikan pertumbuhan sel abnormal dalam tubuh.

Lalu bagaimana cara mendapatkan manfaat dari buah Noni ini sebagai obat herbal amandel? Berikut ini salah satu resep yang bisa Anda coba.

  • 2 buah Noni matang ukuran sedang
  • Air panas 100 ml
  • Madu murni 1 sendok makan

Cara membuat ramuan:

  • Parut buah Noni sampai menjadi halus.
  • Tuang air panas dan aduk rata.
  • Peras sampai sisa parutan kering
  • Tambahkan madu dan aduk rata.
  • Lakukan 2 kali sehari selama 3 hari.

Setelah perawatan selama 3 hari dengan obat herbal amandel dari bahan buah Noni ini, biasanya Anda akan merasakan bahwa ukuran amandel menyusut dan rasa nyeri di area faring sedikit demi sedikit menghilang. Jika ini yang dirasakan, Anda bisa perpanjang masa pengobatan sampai 7 hari bila pembengkakan cukup berat.

Demikianlah sejumlah bahan-bahan obat herbal amandel yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi problem amandel yang membandel. Bahan-bahan herbal jauh lebih aman daripada prosedur medis yang cenderung memberi efek samping. Namun semuanya tetap tergantung pada pilihan Anda, apakah memercayakan pada obat alami atau pada penanganan medis oleh dokter.

FOLLOW US:
instagramsms

Log In or Register