Aneka Ragam Khasiat Cuka Apel bagi Kesehatan

462

Diedit:

Mungkin Anda menyimpan sebotol cuka apel di lemari dapur. Ini biasa digunakan untuk menambahkan cita rasa pada acar, bumbu masakan, atau saus salad. Tapi tahukah Anda bahwa ada beragam khasiat cuka apel bagi kesehatan?

Cuka apel sudah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari penyakit dalam (misalnya flu) sampai penyakit luat (seperti kutil). Para ahli pun mempercayai bahwa menggunakan cuka apel bisa memberikan manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari cuka apel.

Menurunkan Berat Badan

Suatu penelitian di Jepang melibatkan 175 orang obesitas yang belum memiliki masalah kesehatan. Sebagian dari mereka diberi cuka apel dan sebagian lagi diberi air biasa selama 12 minggu. Makanan mereka pun sama. Di akhir penelitian didapati bahwa mereka yang menggunakan cuka apel mengalami sedikit lebih banyak penurunan berat badan. Kelompok peminum cuka apel kehilangan 0.5-1 kilogram selama jangka waktu penelitian.

Hal ini menunjukkan bahwa salah satu khasiat cuka apel ialah membantu program diet, terlebih lagi jika ditambahkan dengan olahraga secara teratur dan pola makan sehat.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Cuka apel tampaknya sanggup membantu mengendalikan diabetes dan kadar gula darah. Seorang ahli gizi dari Arizona State University, Carol Johnston, telah mempelajari cuka apel selama lebih dari 10 tahun dan ia meyakini dampak positif cuka apel pada gula darah. Cuka apel punya efek anti-glikemik yang baik. Carol menjelaskan bahwa cuka apel bisa menghambat sejumlah proses pencernaan pati yang berkontribusi meningkatkan kadar gula darah.

Akan tetapi bukan berarti cuka apel bisa diadikan obat diabetes. Karena untuk mengendalikan diabetes Anda harus berfokus pada pengendalian seluruh asupan makanan, bukan hanya dengan menambahkan jenis makanan atau minuman tertentu ke dalam menu makanan.

Meski begitu, cuka apel bisa menimbulkan masalah pada penderita gastroparesis yang umum dialami pasien diabetes. Jadi, jika Anda menderita diabetes dan ingin mencoba cuka apel, ada baiknya untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter.

Membantu Pencernaan

Apabila Anda minum cuka apel setelah menyantap hidangan yang sebagian besar terdiri dari tepung, maka kelebihan tepung yang tidak dapat dicerna tubuh akan dijadikan makanan bagi bakteri-bakteri di perut. Cuka apel yang paling baik untuk pencernaan ialah cuka apel yang tidak disaring karena dipenuhi oleh probiotik dan bakteri bermanfaat lainnya. Cuka ini bisa menguatkan fungsi imun dan bahkan mengobati sembelit.

Tips untuk Mengonsumsi Cuka Apel

Untuk bisa mendapatkan khasiat cuka apel yang sebenuhnya, jangan langsung telan cuka apel begitu saja. Cuka apel sangat asam sampai-sampai sanggup melukai enamel gigi dan esofagus Anda. Batasi juga pemakaian cuka apel. Cara mengonsumsinya ialah dengan melarutkan 1-2 sendok makan cuka apel ke dalam segelas besar air, dan minumlah pada jam makan sebanyak 1 atau 2 kali sehari.

Baca juga:  Tahukah Anda Berbagai Manfaat Cuka Apel?
Advertisement
Alinesia