7 Alasan Mengapa Anda Harus Manfaatkan Minyak Jarak!

547

Diedit:

Minyak jarak atau minyak Castor dibuat dari biji pohon jarak yang sering tumbuh liar di daerah-daerah tropis. Tanaman ini juga sering ditanamn sebagai tanaman hias dan sekarang banyak yang membudidayakannya dalam skala besar untuk pembuatan biodiesel.

Minyak jarak sudah populer dari sejak lama, dan telah dikenal luas manfaatnya untuk pengobatan di negri asalnya lalu menyebar ke Afrika, benua India, hingga Mediterania. Ini adalah salah satu minyak nabati pertama yang digunakan untuk keperluan industri karena memiliki kekentalan yang tinggi dan fungsinya sebagai pelumas. Bahkan, perusahaan otomotif Castrol mengambil namanya dari minyak jarak (Castor).

Dari segi itu saja, kita sudah bisa lihat bahwa minyak jarak pasti memiliki kegunaan yang unik. Dan berikut ini adalah 7 alasan mengapa Anda harus manfaatkan minyak jarak.

  • Obat Pencahar yang Aman dan Alami

    Ada mitos yang beredar bahwa minyak jarak tidak boleh ditelan langsung sebagai obat pencahar. Faktanya adalah minyak ini aman, bahkan aman bagi anak kecil untuk digunakan sebagai obat pencahar. Biji jarak memang mengandung racun risin yang sangat aktif, namun racun tersebut dinonaktifkan selama proses ekstraksi minyak.

    Jika minyak jarak digunakan sebagai pencahar, maka dosisnya bisa disesuaikan karena efeknya berbanding lurus dengan seberapa banyak minyak yang diminum. Dosis normal adalah 1-2 sdm untuk orang dewasa dan 1-2 sdt untung anak-anak berusia 2-12 tahun. Anak-anak dibawah 2 tahun tidak boleh minum lebih dari 1 sdt. Anda boleh mencampur minyak jarak ke dalam jus jeruk untuk membuatnya lebih enak.

  • Meredakan Nyeri Otot

    Minyak jarak dianggap sebagai minyak hangat yang melancarkan sirkulasi cairan dalam tubuh. Karena itu, minyak ini sangat baik digunakan sebagai minyak pijat dan dapat meringankan nyeri akibat otot lelah. Jika betis dan paha Anda terasa sakit akibat olahraga berat, cobalah oleskan sedikit minyak jarak di daerah yang sakit dan gosokkan.

    Minyak jarak juga baik digunakan sebagai minyak esensial. Tambahkan beberapa tetes minyak chamomile atau minyak peppermint ke dalam 1 sdm minyak jarak untuk membuat pijatan lebih lembut dan lebih efektif menyembuhkan.

  • Meringankan Nyeri Sendi

    Kemampuan analgesik dan anti-inflamasi dari asam risinoleat yang merupakan hampir 90% kandungan minyak jarak sudah dibuktikan secara ilmiah.

    Pembuluh limfa yang membentuk jaringan luas di seluruh tubuh mengumpulkan limbah dari jaringan lalu membawanya ke darah untuk dieliminasi. Jika terjadi penyumbatan di pembuluh ini dan terbentuk akumulasi limbah beracun, maka memicu banyak penyakit autoimun seperti artritis yang menyebabkan peradangan dan nyeri sendi.

    Minyak jarak dapat melumaskan penyumbatan di pembuluh limfa dan membuat perjalanan limbah menjadi lancar. Minyak ini bekerja langsung ke sistem kekebalan tubuh dengan merangsang kelenjar thymus dan meningkatkan jumlah sel darah putih yang disebut limfosit.

    Yang menakjubkan, penggunaan luar tubuh dari minyak ini saja sudah memberikan pengaruh ke bagian dalam tubuh. Jadi, jika Anda ingin mencoba mengurangi sakit rematik atau nyeri sendi, cobalah gunakan minyak jarak untuk dibalurkan ke bagian yang sakit.

  • Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

    Memijatkan minyak jarak ke bagian kulit kepala dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Kemungkinan ini berkat kemampuan minyak ini untuk meningkatkan sirkulasi.

    Panaskan minyak jarak hingga cukup panas untuk disentuh, lalu biarkan sedikit mendingin. Selagi masih hangat, oleskan minyak jarak ke kulit kepala dengan ujung jari, kemudian pijat-pijat. Jika hal ini dilakukan setiap malam, Anda akan melihat perubahannya dalam waktu sedikitnya 2 minggu.

    Jika Anda punya alis yang tipis, minyak jarak bisa dioleskan dengan ujung cotton bud ke bagian-bagian yang tipis. Rambut alis bisa dibantu tumbuh lebih lebat di bagian itu. Selain itu, minyak jarak juga bisa dioleskan ke bagian-bagian tubuh yang kehilangan rambut karena alopecia. Kemampuan anti-inflamasi minyak ini bisa membantu mengatasi dampak buruk dari gangguan autoimun alopecia.

  • Memperkuat Warna Rambut

    Minyak jarak dapat digunkaan untuk memperkuat warna alami rambut dan membuatnya terlihat lebih tebal. Minyak ini bersifat humectant—mengunci kelembapan alami. Bila diterapkan di rambut, sifat minyak ini mempertahankan kelembapan di batang rambut dan membuat setiap helainya lebih tebal dan berwarna lebih gelap.

    Setelah mencuci rambut, keringkan dengan handuk, lalu oleskan dengan minyak jarak yang sudah dihangatkan dengan ujung-ujung jari. Oleskan ke hela demi helai rambut sampai ke ujung dan pastikan semua helai rambut terkena minyak.

  • Maskara Alami

    Maskara digunakan untuk membuat bulu mata terlihat lebih tebal dan hitam. Jika Anda ingin membuat maskara alami untuk make-up, minyak jarak adalah pilihan bagus. Campurkan minyak jarak dengan beeswax yang sudah dicairkan, tambahkan bubuk arang untuk warna hitam atau bubuk coco untuk warna cokelat.

    Oleskan campuran minyak jarak tersebut ke bulu mata setiap malam dengan sikat maskara bisa memberikan Anda ketebalan bulu mata yang diinginkan.

  • Pengobatan untuk Masalah Kulit

    Gunakan minyak jarak untuk mengobati jerawat, kutil, dan masalah kulit lainnya. Oleskan minyak jarak ke bagian-bagian kulit yang bermasalah, dan lakukan ini selama 1-2 minggu. Sifat anti mikroba dan anti-inflamasi yang dimiliki minyak jarak kemungkinan yang bertanggung jawab mengobati masalah-masalah kulit tersebut.

    Kemungkinan setelah membaca artikel ini, Anda tertarik untuk mencoba minyak jarak. Jika Anda tertarik, sebaiknya carilah produk yang 100% minyak jarak. Produk herbal ini bisa ditemukan di toko obat herbal atau apotek.

    Perlu diingat, sebelum menggunakannya cobalah tes terlebih dulu apakah kulit alergi terhadap minyak jarak. Caranya dengan mengoleskan sedikit sekali minyak jarak ke kulit dan tunggu beberapa saat untuk melihat reaksinya.

Baca juga:  10 Manfaat Terbaik Minyak Jarak untuk Rambut dan Kulit

Minyak jarak juga dikenal dapat mengakibatkan kontraksi panggul yang kuat sehingga menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur. Karena alasan inilah, minyak jarak tidak boleh diminum oleh ibu hamil, kecuali ada intruksi khusus dari dokter.

Memang manfaat minyak jarak bisa dirasakan dengan diminum atau dengan dioleskan di luar tubuh. Akan tetapi jika Anda memilih untuk meminumnya, pastikan dosisnya tepat dan tidak berlebihan. Karena minyak ini memiliki efek pencahar yang sangat kuat apabila dikonsumsi berlebihan.

Advertisement
Alinesia