Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Mohon maaf kami tidak bisa melayani Anda dari tgl 17-19 Nov. Pembelian produk tetap bisa dilakukan melalui Lazada.co.id. atau Tokopedia.com. Terima kasih untuk pengertiannya.
Manfaat Minyak Jarak Manfaat Minyak Jarak Shutterstock

10 Manfaat Terbaik Minyak Jarak untuk Rambut dan Kulit

Minyak jarak diekstrak dari biji tanaman jarak. Warna minyak jarak ini dapat bervariasi, mulai dari tidak berwarna hingga berwarna kuning sangat pucat, dengan aroma yang menyengat. Manfaat minyak jarak telah digunakan secara tradisional untuk rambut dan kulit.

Kini, industri kosmetik di dunia menggunakan minyak jarak sebagai salah satu bahan utama dalam banyak produk perawatan kecantikan.

Sebagian besar manfaat kecantikan yang ditawarkannya dimungkinkan karena minyak ini mengandung asam risinoleat yang tinggi. Asam risinoleat, suatu asam lemak omega-9 tak jenuh dan suatu asam hidroksil, memiliki kemampuan anti-inflamasi serta anti-bakteri.

Minyak jarak juga kaya akan vitamin E, mineral, protein, dan nutrisi lain yang berkhasiat bagi kesehatan kulit dan rambut.

Untuk memperoleh manfaat minyak jarak untuk kulit dan rambut, selalu gunakan minyak jarak organik. Dan yang jenisnya minyak jarak virgin murni.

Sebelum menggunakan minyak jarak untuk penggunaan luar, selalu coba dulu sedikit oleskan ke kulit untuk memastikan apakah ada reaksi alergi kulit terhadap minyak ini. Berikut adalah 10 manfaat minyak jarak untuk rambut dan kulit.

Menutrisi Kulit Kering

Minyak jarak bekerja sangat baik untuk melembapkan kulit kering. Seraya meresap ke dalam kulit, minyak jarak juga bekerja mengatasi kulit kering dan pecah-pecah.

Kandungan tinggi asam lemak di dalamnya juga member manfaat untuk kulit dengan membantu mengatasi masalah seperti dermatitis, yang dapat menyebabkan kulit tampak sangat kasar dan kering.

Juga, minyak ini mendorong produksi dari elastin dan kolagen, yang membantu memperlambat tanda-tanda penuaan serta menjaga kulit awet muda. Berikut cara memanfaatkan minyak jarak untuk kulit kering.

  • Campurkan minyak jarak dan minyak kelapa dalam jumlah sama, lalu pijatkan ke kulit yang kering. Tunggu 20 – 30 menit, lalu mandi. Lakukan ini setiap hari.
  • Setelah membersihkan make up dan cuci wajah sebelum tidur, oleskan beberapa tetes minyak jarak ke wajah dan pijat pelan-pelan selama beberapa menit. Di pagi hari, wajah akan terlihat lembap dan segar.

Mengurangi Kerutan

Minyak jarak adalah bahan emolien alami yang dapat mengurangi kerutan dan garis-gari halus pada kulit.

Seraya meresap ke dalam lapisan-lapisan kulit, minyak jarak tidak menyumbat pori-pori. Sebenarnya, minyak ini mencapai jauh ke dalam kulit untuk menutrisinya. Juga membantu mengurangi penampakan noda dan bekas luka pada kulit.

Pijat lembut kulit Anda dengan beberapa tetes minyak jarak dengan gerakan memutar setiap hari sebelum tidur. Terus lakukan ini setidaknya hingga 4 – 6 bulan sampai mendapat hasil memuaskan.

Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Selain untuk kulit, minyak jarak juga bagus untuk rambut. Minyak ini melembapkan serta menebalkan helaian-helaian rambut untuk menciptakan penampilan rambut yang cantik dan berkilau.

Kandungan asam risinoleat di dalamya membantu menyeimbangkan kadar pH di kulit kepala. Hal ini dapat mencegah ketombe, ujung rambut yang bercabang, dan kerusakan rambut. Berikut cara memanfaatkan minyak jarak untuk rambut.

  • Pijatkan minyak jarak hangat ke akar-akar rambut, kulit kepala, dan rambut sebelum tidur. Cuci rambut di pagi hari. Lakukan ini dua kali sehari.
  • Untuk rambut berminyak, campurkan minyak jarak dengan minyak kelapa atau minyak almond dengan jumlah sebanding dan lakukan sama seperti di atas.

Menebalkan Alis dan Bulu Mata

Minyak jarak adalah solusi bagi Anda yang ingin punya alis dan bulu mata tebal. Minyak ini menutrisi dan menstimulasi folikel-folikel rambut sehingga mampu menebalkan rambut pada alis serta bulu mata. Minyak jarak mengandung protein, vitamin, dan asam lemak yang menutrisi folikel-folikel rambut serta mendorong pertumbuhannya.

Selain itu juga dapat mengatasi mikroorganisme-mikroorganisme yang menghambat pertumbuhan rambut.

  • Celupkan kapas ke minyak jarak dan gosokkan ke alis setiap malam sebelum tidur. Lakukan ini terus sampai alis menjadi tebal seperti yang Anda inginkan.
  • Untuk menebalkan bulu mata, tutuplah mata dan pelan-pelan oleskan minyak jarak ke bulu mata. Lakukan ini setiap malam sebelum tidur. Terus lakukan ini setidaknya hingga beberapa minggu untuk mendapat bulu mata yang lebih panjang dan tebal.

Mencegah Stretch Mark

Manfaat minyak jarak untuk kulit yang selanjutnya adalah untuk mencegah stretch mark saat hamil. Pada dasarnya, minyak ini bekerja sebagai humektan (pelembap), membantu kulit untuk mendapatkan kembali kelembapan serta mempertahankan kelenturannya.

Disamping itu, kandungan asam lemak di dalamnya memaksimalkan kemampuan kulit untuk meregenerasi jaringan-jaringannya sehingga menguatkan kekuatan kulit serta teksturnya. Berikut cara memanfaatkan minyak jarak untuk kulit bebas stretch mark.

  • Campurkan 1 sendok makan minyak jarak dengan 2 sendok makan minyak almond. Oleskan campuran ini setiap hari pada area-area yang rentan stretch mark, seperti perut, paha, dan payduara, untuk mencegahnya.
  • Untuk memudarkan stretch mark, pijatkan minyak jarak murni pada area yang terpengaruh selama 10 menit, lalu tutupi dengan plastik. Tempelkan kantung berisi air panas ke area tersebut selama 15 – 20 menit. Lakukan ini sekali setiap hari.

Menghaluskan Kapalan

Minyak kental ini merupakan pelembap yang sangat bagus untuk membantu menghaluskan kapalan dengan cara mengatasi kondisi kulit yang kering dan sangat kasar.

Jika dioleskan ke area yang kapalan, minyak jarak akan mengembalikan kelembapan serta menambahkan kehalusan.

Selain itu, kemampuan anti-inflamasi di dalamnya membantu meringankan rasa sakit dan bengkak yang bisa membuat Anda semakin sulit untuk berjalan. Manfaat minyak jarak juga efektif untuk mengatasi tumit yang kering dan pecah-pecah.

  • Rendam kaki di dalam air hangat selama 10 menit.
  • Gunakan batu apung untuk menggosok kapalan untuk menyingkirkan kulit yang menebal dan mengeras.
  • Bilas kaki dan keringkan dengan menepuk-nepuk dengan handuk.
  • Lalu, celupkan kapas ke dalam minyak jarak dan taruh di atas kulit kapalan.
  • Tempelkan kapas dengan selotip kecil dan biarkan selama beberapa jam.
  • Lakukan ini setiap hari sampai mendapat hasil memuaskan.

Menyembuhkan Kuku Rusak dan Retak

Minyak jarak juga bermanfaat untuk mengatasi kuku yang rusak dan retak. Kandungan beragam vitamin dan mineral di dalamnya mendorong pertumbuhan kuku serta menguatkannya. Selain itu, kemampuan anti-jamur yang dimilikinya mengurangi risiko infeksi jamur pada kuku.

Anda bisa menggunakan minyak jarak untuk kuku rusak dengan cara berikut:

  • Teteskan beberapa tetes minyak jarak pada setiap kuku dan pijat kuku selama 1 menit. Lakukan ini setiap malam sebelum tidur.
  • Cara lain dengan mencampurkan minyak jarak dan minyak zaitun dalam jumlah sama, lalu gunakan sebagai krim malam pada kuku juga kulit tangan.

Melembutkan Bibir Pecah-Pecah

Untuk bibir yang pecah-pecah dan menggelap, Anda bisa mengatasinya dengan manfaat minyak jarak. Kemampuan melembapkan dari minyak ini menjaga bibir tetap lembap serta ternutrisi dengan baik. Bahkan juga mampu mengatasi sekaligus mencegah bibir pecah-pecah.

Disamping itu, minyak jarak juga bermanfaat untuk menjaga warna alami bibir yang merah muda. Sebenarnya, minyak jarak merupakan salah satu bahan utama dari berbagai produk perawatan bibir.

  • Buatlah masker bibir dari 1 sendok teh minyak jarak dan 1 sendok teh gliserin, juga beberapa tetes air perasan lemon. Campurkan bahan-bahan tadi dan oleskan ke bibir setiap malam sebelum tidur. Di pagi hari, seka bibir dengan bola kapas yang dicelupkan dalam air hangat. Terus lakukan sampai bibir menjadi halus.
  • Cara lain dengan mencampurkan minyak jarak dan minyak almond dalam jumlah sama. Pijatkan ke bibir beberapa kali dalam sehari sampai bibir menjadi halus dan lembut.

Memperbaiki Ujung Rambut Bercabang

Untuk mengatasi ujung rambut yang bercabang, Anda wajib melembapkan rambut. Disinilah manfaat minyak jarak untuk rambut agar tetap lembap dan sehat. Minyak jarak berperan sebagai bahan kondisioner alami.

  • Oleskan beberapa tetes minyak jarak langsung ke ujung-ujung rambut.
  • Tunggu 30 menit, lalu keramas rambut seperti biasa.
  • Lakukan ini beberapa kali dalam seminggu.

Menyembuhkan Luka Terbakar Sinar Matahari

Kemampuan menenangkan serta anti-inflamasi yang dimiliki minyak jarak bermanfaat untuk menyembuhkan luka terbakar akibat sinar matahari. Kandungan asam risinoleat di dalamnya akan melindungi lepuhan yang disebabkan terbakar sinar matahari.

Di sisi lain, asam lemak omega-3 yang dimilikinya membantu menjaga kulit tetap terhidrasi sekaligus merangsang pertumbuhan jaringan kulit yang sehat.

Selain untuk luka terbakar matahari, manfaat minyak jarak juga bagus untuk mengatasi kondisi hiperpigmentasi dan membersihkan kulit dari noda dan bercak-bercak. Berikut cara memanfaatkan minyak jarak untuk kulit yang terluka karena terjemur matahari.

  • Campurkan isi dari 1 kapsul vitamin E dengan 5 tetes minyak jarak di dalam mangkuk. Oleskan langsung ke kulit yang terbakar setiap malam sebelum tidur. Di pagi hari, bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini sampai mendapat hasil memuaskan.
  • Cara lain, campurkan minyak jarak dengan minyak kelapa dalam jumlah sama. Oleskan ke kulit yang terbakar, pijat pelan-pelan agar minyak meresap ke dalam kulit. Lakukan ini beberapa kali sehari selama beberapa minggu.

Pastikan Anda sudah mencuci muka dan membersihkan semua sisa make up dari wajah sebelum menggunakan minyak jarak untuk kulit wajah. Dan berhati-hatilah agar jangan sampai minyak jarak masuk ke dalam mata.

Setelah mengetahui berbagai manfaat minyak jarak untuk rambut dan kulit, yang mana kah yang menarik perhatian Anda? Apakah untuk mengatasi kulit kering, bibir pecah-pecah, menebalkan alis dan bulu mata, atau untuk memperbaiki rambut yang ujungnya bercabang? Semua manfaat tersebut bisa Anda dapatkan jika rutin dan telaten memanfaatkan minyak ini.

BACA JUGA ARTIKEL REKOMENDASI HERBAL BERIKUT:

Noni Juice Teruji Untuk Darah Tinggi, Diabetes, Asam Urat, Gangguan Jantung

noni fruit 10
Noni juice telah membantu banyak orang untuk bebas dari darah tinggi, diabetes tipe 1 & 2, asam urat, gangguan jantung. Noni juga efektif untuk penderita kolesterol, stroke, sulit tidur, stress […] Baca Selengkapnya »

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »
FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram