6 Cara Asyik untuk Menarik Manfaat Bawang Merah

532
salubriousrd.com

Diedit:

Jika saja sayuran diumpamakan sebagai obat, maka bawang merah pasti akan berada di deretan teratas obat multi-khasiat. Ya, bawang merah memang dipenuhi dengan beragam manfaat kesehatan yang cukup mengagumkan.

Manfaat bawang merah yang serbaguna, juga kebanyakan dari kita pasti selalu menyimpan sejumlah bawang merah di persediaan dapur, menjadikannya sebagai obat rumahan yang ideal untuk pertolongan pertama berbagai masalah kesehatan.

Khasiat Bawang Merah bagi Kesehatan

Bawang merah tergabung dalam famili allium bersama dengan bawang putih sehingga keduanya memiliki banyak kesamaan manfaat. Istilah allium secara harfiah berarti “Saya mencium”, dan kita semua tahu bahwa bawang merah memang terkenal dengan aromanya yang menyengat jika tercium.

Selain aromanya, bawang merah juga terkenal dari segi lain. Mereka mengandung kadar tinggi vitamin C, folat, potasium, fosfor, magnesium, dan kalsium. Juga kaya akan kandungan antioksidan quercetin.

Quercetin telah diketahui mampu melindungi kita dari beragam jenis kanker, meningkatkan respon kekebalan tubuh, dan bahkan digunakan untuk membantu pengobatan katarak. Quertecin pada bawang putih juga telah diteliti kegunaannya untuk meningkatkan kesehatan jantung, mencegah penyakit jantung, serta menjaga kelancaran peredaran darah ke seluruh tubuh bila dikonsumsi setiap hari.

Fakta-Fakta Menarik seputar Bawang Merah

  • Bawang merah kaya akan senyawa sulfur yang diketahui sanggup membunuh bakteri salmonella dan coli. Senyawa ini juga membantu mencegah kanker dan penyakit jantung.
  • Bawang merah berperan dalam pembangunan kepadatan tulang dan mineral untuk mencegah osteoporosis.
  • Manfaat bawang merah banyak bagi kesehatan, bahkan suatu penelitian mengatakan bahwa jika digoreng, bawang merah sanggup meningkatkan kadar quertecin darah dari 28.4 ng/ml menjadi 248.4 ng/ml. Juga mampu meningkatkan kemampuan antioksidan tubuh secara keseluruhan.
  • Mengunyah bawang mentah dapat meringankan sakit gigi, membunuh kuman, dan membantu mencegah penyakit gigi dan gusi. Tapi pastikan untuk menyikat gigi setelah mengunyah bawang.
  • Bawang merah dipenuhi fructooligosaccharides yang mendorong perkembangan bakteri bermanfaat, namun menyerang bakteri berbahaya di pencernaan.
  • Bawang merah menurunkan kadar gula darah serta meningkatkan kadar insulin.

6 Kegunaan Bawang Merah untuk Pengobatan Rumahan

Selalu sediakan bawang merah di persediaan dapur, Anda pasti akan membutuhkannya suatu saat untuk mengobati beberapa masalah kesehatan. Berikut adalah 7 kegunaan bawang merah yang cukup ampuh:

Baca juga:  Bawang Merah Bisa Turunkan Gula Darah

1. Tapal Bawang untuk Batuk dan Hidung Tersumbat

Bawang merah bekerja bagaikan ekspektoran. Mereka membantu mengencerkan dahak dan penyumbatan di dada, serta mengurangi gejala batuk.

Bawang akan bekerja lebih baik jika dipanaskan terlebih dulu. Anda bisa menaruh tapal bawang di atas dada. Berikut cara membuat tapal bawang:

  • Iris bawang mewah, tambahkan 1 sendok makan air, lalu masak sampai airnya menguap.
  • Biarkan sampai dingin, lalu masukkan bawang ke dalam handuk kecil tipis. Lipat ujung-ujung handuk dan kencangkan dengan karet gelang.
  • Letakkan tapal bawang ini di atas dada atau punggung dan diamkan selama 30 menit, ulangi proses ini setiap 3 jam sekali atau sampai keluhannya menghilang.

2. Sirup Bawang Madu

Sirup bawang madu adalah cara lezat untuk mendapatkan manfaat bawang merah. Jika tidak punya madu, Anda boleh menggantinya dengan gula pasir biasa, tapi tentunya madu murni akan memberikan lebih banyak manfaat kesehatan.

Sirup ini berguna untuk mengatasi pilek atau flu, terutama jika disertai gejala batuk atau hidung tersumbat. Anda juga bisa mengonsumsinya di bulan-bulan musim hujan agar menambah daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Tapi jangan berlebihan minum sirup bawang madu, karena justru bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Untuk membuat sirup ini ikuti langkah berikut:

  • Iris tipis-tipis 1 bawang merah dan masukkan ke dalam panci kecil. Tuangkan madu secukupnya ke irisan bawang sampai menutupi seluruhnya.
  • Panaskan dengan api yang kecil sekali sampai bawang terlihat lembut dan transparan.
  • Minumlah sesendok sirup bawang madu ini setiap 3 – 4 jam sekali, atau sampai gejala-gejala yang dirasakan mereda. Jika Anda hanya ingin menambah daya tahan tubuh di kala musim sakit flu, minumlah satu atau dua sendok sirup bawang madu setiap hari.
Baca juga:  Jangan Lewatkan 10 Manfaat Bawang Merah Untuk Tubuh Anda!

3. Sup Bawang Merah

Sup adalah cara tergampang dan terlezat untuk menambahkan bawang merah ke dalam menu makanan Anda. Gunakan kulit bawang merah bersama dengan tulang ayam dan sayuran lainnya untuk membuat kaldu tulang ayam.

Para peneliti dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seluruh bagian bawang merah, termasuk kulitnya, mengandung kadar tinggi quertecin, daripada hanya bagian dalam bawangnya saja.

Ini berarti Anda bisa menyimpan kulit bawang untuk ditambahkan dalam kaldu tulang, bukan hanya untuk memperkaya rasanya, tapi juga meningkatkan kandugnan gizinya.

4. Bawang Merah untuk Memulihkan Nyeri Otot

Bawang merah memiliki zat rubefacient, yang berarti sanggup menarik darah mengalir ke permukaan kulit dan melancarkan peredaran darah. Orang Yunani kuno menggunakan bawang dengan menggosokkannya ke otot yang nyeri untuk memulihkan dan menghangatkannya.

Ada juga kegunaan bawang merah untuk mengurangi peradangan, sehingga cocok dimanfaatkan sebagai obat alami pereda memar, keseleo, terkilir, dan bahkan rematik. Cukup oleskan saja tapal bawang ke bagian otot/area tersebut.

5. Bawang Merah untuk Infeksi Telinga

Anda bisa memanfaatkan bawang merah untuk mengatasi infeksi pada telinga. Panggang setengah bawang merah lalu biarkan sampai suhunya menjadi hangat, lalu letakkan di telinga. Ini untuk membantu meringankan gejala peradangan yang menyakitkan serta melawan infeksi bakteri atau virus di dalam telinga.

Anda juga bisa memeras bawang merah lalu mengambil sarinya dan menuangkannya beberapa tetes ke dalam telinga. Pastikan sari bawang tersebut sudah benar-benar tidak ada sisa bawangnya, jangan sampai Anda memasukkan potongan bawang ke dalam telinga. Dan jangan pernah meletakkan apa pun di telinga jika kemungkinan ada gendang telinga yang pecah.

6. Bawang Merah untuk Infeksi Kulit

Khasiat bawang merah telah dikenal selama berabad-abad untuk mengatasi infeksi pada kulit. Kemampuan yang dimilikinya sanggup mengobati bisul, sengatan lebah, dan bahkan racun dari gigitan serangga atau sengatan lebah. Anda juga bisa membalurkan irisan bawang segar atau tapal bawang ke area yang terkena infeksi.

Jadi, apakah Anda selama ini sudah sering gunakan bawang merah untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan? Jika belum pernah atau malah baru tahu sekarang, tak ada salahnya untuk mencoba tips-tips di atas.

Tapi ingat, sebaiknya konsumsi sebutuhnya saja dan jangan sampai terlalu banyak. Karena kalau terlalu banyak justru nanti akan berdampak buruk pada kesehatan, termasuk memicu masalah pencernaan.

Advertisement
Alinesia