10 Manfaat Biji Semangka untuk Diabetes, Darah Tinggi, Jantung, dsb

503
iStock Photos

Diedit:

Semangka sangat cocok dinikmati di musim kemarau saat cuaca sedang panas-panasnya. Sayangnya ketika sedang enak-enaknya makan, kita harus hati-hati agar jangan sampai biji semangka ikut termakan. Bahkan sekarang ada dijual semangka tanpa biji yang memudahkan kita untuk memakannya. Tapi tahukah Anda bahwa terdapat manfaat biji semangka bagi kesehatan?

Biji semangka, jika sudah dikeringkan, dapat dimakan dan mengandung banyak kandungan nutrisi. Kandungan tersebut antara lain protein, vitamin B dan vitamin lain, magnesium, fosfor, zat besi, potasium, tembaga, mangan, dan zink. Selain itu biji semangka juga rendah kalori.

Biji semangka bisa Anda jadikan camilan sehat jika sudah dikeringkan dan dipanggang, sehingga bisa menjadi pengganti camilan-camilan tidak sehat lain. Berikut adalah 10 manfaat biji semangka bagi kesehatan.

Mengendalikan Diabetes

Biji semangka dapat membantu mengendalikan diabetes serta mencegah komplikasi akibat penyakit ini. Biji ini mengandung asam amino yang berfungsi untuk merilekskan dan melebarkan pembuluh darah, sehingga mengurangi stres oksidatif.

Juga, kandungan magnesium di dalamnya membantu mengatur metabolisme karbohidrat, yang secara langsung bepengaruh pada kadar gula darah.

Sebuah penelitian tahun 2014 yang diterbitkan oleh Journal of Applied Sciences and Environmental mendapati bahwa ekstrak biji semangka dapat menjadi pengobatan pendukung untuk mengatasi komplikasi diabetes.

Untuk mendapatkan manfaat biji semangka, Anda bisa memasaknya menjadi teh. Berikut caranya.

  • Masukkan segenggam biji semangka ke dalam panci berisi 4 gelas air.
  • Didihkan selama 45 menit, terus tutup pancinya.
  • Setelahnya biarkan hingga dingin.
  • Minumlah air rebusan ini setiap hari seperti teh.

Mengatasi Kelelahan

Memakan segenggam biji semangka yang sudah dipanggangkan akan menambahkan tingkat energi Anda serta mengatasi kelelahan. Biji ini kaya akan zat besi, yang merupakan bagian penting dari hemoglobin yang mengatarkan oksigen ke seluruh tubuh untuk menjaganya tetap bertenaga.

Zat besi juga membantu tubuh untuk mengubah kalori menjadi energi, juga menguatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Disamping itu, biji semangka mengandung asam amino bernama L-citrullin, yang membantu mengurangi rasa lelah.

Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi biji semangka yang sudah dipanggang juga berguna memastikan kondisi jantung tetap dalam keadaan baik. Biji semangka kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang membantu melindungi dari serangan jantung dan stroke. Lemak sehat ini juga menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’ dalam darah.

Bukan hanya itu, ada juga sejumlah kandungan potasium yang membantu melawan penyakit jantung serta menjaganya tetap sehat. Juga, asam amino citrullin dan arginin menyediakan khasiat biji semangka untuk menjaga fungsi arteri, aliran darah, dan keseluruhan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

Baca juga:  5 Khasiat Semangka untuk Kesehatan Anda

Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Biji semangka kaya akan kandungan protein yang terdiri dari beberapa asam amino. Salah satunya adalah arginine. Walaupun tubuh mampu memproduksi sejumlah arginin sendiri, tapi mengonsumsi arginin tambahan melalui makanan akan membantu mengendalikan tekanan darah, bahkan mengatasi penyakit jantung koroner.

Kandungan magnesium dalam biji magnesium juga membantu menstabilkan tekanan darah. Sebenarnya, kadar magnesium dalam tubuh yang rendah dapat menyebabkan darah tinggi.

Kekurangan magnesium juga dapat menyebabkan kadar potasium yang rendah yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga kestabilan tekanan darah Anda.

Menjaga Kesehatan Otot

Untuk meningkatkan kesehatan otot dan mencegah nyeri otot setelah olahraga, Anda bisa menggunakan manfaat biji semangka.

Biji semangka adalah salah satu sumber makanan yang mengandung L-citrulline, nutrisi penting untuk memperbaiki jaringan otot dan mempertahankan kepadatannya.

L-citrulline membantu untuk merilekskan otot, meningkatkan performa anaerobik, serta mengatasi nyeri otot.

Juga, kandungan magnesium di dalamnya penting untuk kesehatan otot. Magnesium menstimulasi penyerapan kembali kalsium yang akan membantu mempertahankan kekuatan otot serta mencegah kram otot.

Mengurangi Lemak Tubuh

Biji semangka kaya akan senyawa bernama citrulline, yang dimetabolisme menjadi asam amino esensial bernama argini. Arginin membantu mengurangi penyimpanan lemak pada tubuh.

Biji semangka juga rendah kalori sehingga membantu menurunkan berat badan. Juga mengandung sedikit lemak, tapi itu adalah asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang sehat.

Mengonsumsi biji semangka yang sudah dipanggan membantu mengendalikan berat badan Anda. Walaupun 1 ons biji semangka mengandung sekitar 158 kalori, tapi jangan khawatir. 1 ons berisi sekitar 400 biji, yang pastinya tidak akan sanggup langsung Anda makan sekali waktu.

Meningkatkan Fungsi Otak

Biji semangka adalah sumber yang baik untuk memperoleh folat, juga disebut asam folat atau vitamin B9. Folat penting bagi menjaga fungsi otak. Sebenarnya, ibu hamil terutama harus memastikan mendapat cukup folat, karena kekurangan folat dapat memicu cacat saraf pada bayi yang dikandungnya.

Asam lemak sehat yang dimiliki biji semangka meningkatkan fungsi neurotransmitter, yang pada akhirnya meningkatkan kemampuan daya ingat serta kognitif.

Juga, potasium di dalam biji semangka membantu meningkatkan kemampuan berpikir sekaligus mengingat. Selain itu, biji mungil ini memiliki antioksidan yang melindungi sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Mencegah Masalah Penglihatan

Manfaat biji semangka bagus untuk kesehatan penglihatan dan mampu mengurangi risiko degenerasi mata dini serta penyakit mata lainnya.

Baca juga:  Aneka Khasiat Kesehatan Buah Semangka

Vitamin A yang dimiliki biji semangka bermanfaat bagi mata Anda. Sebenarnya kekurangan vitamin A telah dikaitkan dengan degenerasi makula pada mata.

Disamping itu, kandungan vitamin C di dalamnya penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang melindungi mata dari masalah terkait penuaan, misalnya mata kering dan saraf optik, juga glaukoma.

Meningkatkan Kesehatan Rambut

Rambut sebagian besarnya terbuat dari protein, sehingga makanan apa pun yang mengandung protein sebenarnya bagus untuk rambut. Karena biji semangka mengandung protein cukup tinggi, maka mengonsumsinya dapat membantu mengoptimalkan kesehatan rambut.

Juga, kandungan tinggi zat besi di dalamnya membantu menguatkan rambut serta mempercepat pertumbuhan rambut. Hal ini mencegah rambut menjadi tipis, kering, dan kusam.

Bukan hanya itu, khasiat biji semangka bagi rambut juga disediakan oleh kandungan tembaga yang dimilikinya untuk membantu memproduksi melanin, sejenis pigmen yang memberikan warna pada rambut Anda.

Disamping memakan biji semangka, Anda juga bisa menggunakan minyak biji semangka untuk menguatkan kesehatan rambut Anda. Karena minyak gampang diserap oleh kulit kepala, maka itu bisa membantu mengatasi gatal di kulit kepala dan memastikan pertumbuhan rambut yang sehat.

Membuat Kulit Berseri-seri

Bji semangka juga bisa membantu menjaga kilau dan kecantikan alami kulit Anda hingga bertahun-tahun ke depan. Vitamin C yang dimilikinya bekerja sebagai antioksidan kuat untuk melindungi kulit Anda dari kerusakan radikal bebas yang mempercepat penuaan. Vitamin C juga merangsang produksi kolagen, yang manjaga kelembutan dan kesehatan kulit.

Bukan hanya itu, biji-biji mungil ini kaya akan asam lemak seperti asam oleat dan asam linoleum, yang membantu menjaga kulit Anda tetap lembap. Minyak biji semangka sangat cocok untuk semua jenis kulit serta membantu mengobati infeksi kulit, dan bermanfaat mencegah kulit kering.

Untuk mendapatkan khasiat biji semangka, pijat-pijatlah kulit Anda dengan minyak biji semangka setiap hari sebelum mandi.

Cara Memanggang Biji Semangka

Kebanyakan orang tidak suka rasa atau tekstur dari biji semangka mentah, tapi banyak yang suka dengan rasanya setelah dipanggang. Berikut adalah cara memanggang biji semangka.

  • Cuci biji semangka sampai bersih dan keringkan.
  • Rendam dalam air semalaman.
  • Tunggu sampai beberapa hari sampai keluar tunas.
  • Lepaskan kulit luar biji yang keras, lalu keringkan biji di oven atau di bawah sinar matahari.
  • Taruh dan sebarkan biji semangka di atas panci panggang.
  • Percikkan sedikit minyak zaitun di atasnya dan taburi sedikit garam laut.
  • Pangganglah pada suhu 160 derajat C (325 derajat F) selama 15 – 20 menit.
  • Setelahnya biarkan biji semangka sampai dingin sebelum menyantapnya sebagai camilan sehat.

Anda bisa menaburkan sedikit bubuk kayu manis atau campuran perasan lemon dan bubuk cabai ke atas biji semangka untuk menambah cita rasanya. Biji semangka panggang bisa disajikan bersama salad untuk menambahkan cita rasa renyah, atau campurkan biji semangka panggang ke dalam jus buah.

Kalau Anda tidak mau repot-repot mengolah sendiri, bisa juga membeli biji semangka yang sudah dipanggang, tapi periksa dulu kandungan nutrisinya. Pastikan Anda membeli produk biji semangka yang organik dan tidak ditambahkan perasa lain, karena dapat menurunkan nilai gizinya.

Mulai dari membantu pengobatan diabetes, mengurangi lemak tubuh, menjaga kesehatan jantung, menjaga tekanan darah, mengatasi kelelahan, dan meningkatkan fungsi otak—manfaat biji semangka yang mana yang ingin Anda dapatkan?

Advertisement
Alinesia