Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Mengatasi Bengek Mengatasi Bengek sustainhealth.com.au

10 Cara Mengatasi Gangguan Pernapasan Bengek secara Alami

Bengek adalah suara mengi saat bernapas yang muncul ketika saluran pernapasan menyempit atau terhambat. Suara ini akan paling kencang terdengar sewaktu Anda sedang menghembuskan napas. Bersamaan dengan suara bengek, biasanya Anda juga akan sulit bernapas dan merasa sesak napas.

Sebenarnya bengek bukanlah masalah kesehatan itu sendiri. Itu adalah gejala yang bisa muncul akibat beberapa gangguan kesehatan, seperti misalnya bronkitis akut, asma, penyakit paru obstruktif kronis, edema pulmonari, trakeobronkitis, dan disfungsi pita suara.

Jika Anda sudah cukup lama merasakan gejala ini, biasanya itu akan terus semakin memburuk dan memengaruhi kualitas hidup Anda, karena akan mengganggu tidur dan membuat Anda sering merasa lelah. Jadi penting untuk segera mengatasi bengek secepat mungkin kalau bisa.

Anda bisa mengatasi suara mengi ketika bernapas ini dengan beragam pengobatan rumahan. Namun ingatlah bahwa supaya bisa mengobatinya secara tuntas, Anda perlu mencari tahu apa penyebab dibaliknya dan mengatasi penyebab itu.

1. Terapi Uap

Untuk bisa cepat meringankan gejala bengek, tidak ada cara lain yang secepat terapi uap. Dengan melakukannya, Anda bisa mengurangi sumbatan di saluran pernapasan karena uap yang dihirup dapat mengencerkan dahak dan lendir yang mengendap di sana.

  • Isi mangkuk dengan air mendidih.
  • Tambahkan beberapa tetes minyak esensial sesuai selera Anda (misalnya minyak peppermint atau lavender).
  • Tundukkan kepala di atas mangkuk, lalu taruh handuk di atas kepala agar uap tidak kemana-mana.
  • Hiruplah uap dari air panas di mangkuk melalui hidung dan mulut selama kira-kira 10 sampai 15 menit.
  • Ulangi cara ini jika dibutuhkan.

2. Mandi Air Hangat

Sama seperti terapi uap, mandi air hangat juga bisa membuat Anda dapat bernapas lebih lega dan menghentikan bengek.

Udara hangat dari air dapat merilekskan saluran pernapasan yang menegang dan kelembapannya bisa mengencerkan lendir yang menyumbatnya.

Selain mandi air hangat, Anda juga bisa menempelkan kompres hangat di hidung dan tenggorokan untuk menjaga saluran hidung tetap terbuka dan bersih dari penyumbatan.

3. Cairan Hangat

Dalam kondisi apa pun, Anda harus selalu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jika sedang bengek, ada baiknya minum lebih banyak cairan hangat untuk menghidrasi tubuh sekaligus meringankan gejala bengek.

Cairan hangat juga bisa membantu melepaskan lendir-lendir lengket di tenggorokan dan saluran pernapasan.

  • Minumlah air hangat yang ditambahkan dengan perasan jeruk lemon.
  • Minumlah teh herbal, seperti teh jahe dan chamomile.
  • Makanlah dengen sup bening hangat, tapi hindari sup yang berkuah kental atau bersantan.
  • Minum 2 atau 3 cangkir kopi hitam panas juga bisa membantu.

4. Cuka Apel

Pilihan pengobatan alami lain untuk mengatasi bengek adalah menggunakan cuka apel. Akan tetapi, gunakanlah cuka apel organik yang berkualitas baik.

Cuka apel dapat membantu mengoptimalkan fungsi tubuh dengan menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh serta membantu menyingkirkan toksin-toksin. Juga memiliki nutrisi-nutrisi penting yang membantu menyokong sistem pernapasan.

  • Campurkan 2 sendok makan cuka apel raw dan unfiltered ke dalam segelas air hangat.
  • Tambahkan 2 sendok teh madu murni ke dalamnya dan aduk hingga merata.
  • Minumlah campuran cuka apel dan madu ini dua kali sehari.

5. Noni Juice

Noni juice adalah sari buah Noni (Mengkudu). Herbal ini bermanfaat sebagai obat sesak napas alami, khususnya bagi pengidap asma. Noni menekan reaksi sensitivitas tubuh terhadap alergen yang memicu serangan asma.

Sewaktu terjadi peradangan di saluran pernapasan, zat aktif skopolein serta antrakuinon di dalamnya mampu menekan reaksi tubuh terhadap alergen sebelum terjadi serangan asma.

Salah satu penelitian besar mengenai Noni juice yang dilakukan Dr. Neil Solomon yang melibatkan lebih dari 80 negara membuktikan khasiat herbal ini sebagai obat asma. Hasilnya, didapati ada sekitar 71 persen dari keseluruhan 8.077 penderita asma yang dibantu kesembuhannya.

  • Untuk mencegah sesak napas atau bengek, dosis Noni Juice adalah @50 ml, 2 kali sehari. Dosis pencegahan untuk anak-anak adalah @2 sendok makan, 2 kali sehari.
  • Sedangkan untuk membantu mengatasi bengek dan gangguan pernapasan lainnya, dosisnya @50-100 ml, 3 kali sehari. Dosis pengobatan untuk anak-anak adalah @2-4 sendok makan, 3 kali sehari.

6. Jahe

Jahe adalah salah satu herbal terbaik untuk mengatasi bengek. Dia punya kemampuan anti-inflamasi yang membantu meringankan peradangan pada saluran pernapasan. Juga bisa bekerja untuk merilekskan otot-otot sehingga mengurangi ketegangan di dada. Selain itu, jahe juga bermanfaat sebagai penguat daya tahan tubuh.

  • Minumlah 2 sampai 3 cangkir teh jahe hangat setiap hari. Untuk membuat teh, tambahkan 1 sendok makan irisan jahe ke dalam secangkir air mendidih. Tutup dan biarkan selama 10 menit lalu saring. Minumlah teh jahe ini selagi masih hangat.
  • Sebagai alternatif, campurkan sari jahe, madu, dan sari buah delima dalam jumlah yang sama. Minumlah 1 sendok makan ramuan ini 3 atau 4 kali sehari.

7. Bawang Putih

Bawang putih adalah obat alami selanjutnya untuk meringankan bengek. Bahkan juga dapat bermanfaat untuk mengatasi asma dan batuk-batuk.

Bawang putih kaya akan antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas dan mengurangi kontraksi pada saluran pernapasan sehingga membuat Anda bisa bernapas lebih lega.

  • Gerus 3 – 4 siung bawang putih dan didihkan dengan 1 gelas air atau susu. Biarkan hingga dingin sebelum meminumnya. Minumlah sebanyak 2 atau 3 kali sehari.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa mencampurkan sesiung bawang putih dengan 1 sendok teh madu, dan konsumsi 2 kali sehari.

8. Pijat dengan Minyak Hangat

Pijatan dengan minyak hangat bisa membantu mengencerkan lendir yang menumpuk di saluran pernapasan, sehingga akan meredakan bengek. Pijatan di area sekitar lubang hidung dengan minyak hangat juga dapat melegakan pernapasan.

Anda bisa menggunakan minyak zaitun, kelapa, atau wijen, tapi pastikan sudah dihangatkan dengan microwave.

  • Secara perlahan pijatlah bagian dada dan area sekitar lubang hidung dengan minyak hangat selama 10 sampai 15 menit.
  • Ulangi sebanyak 2 atau 3 kali sehari untuk mencegah bengek kambuh lagi.

9. Minyak Eucalyptus

Minyak eucalyptus sanggup membuka saluran udara yang tersumbat dan bisa segera mengatasi bengek. Minyak ini dipenuhi dengan kemampuan anti-inflamasi, anti bakteri, dan dekongestan.

Minyak esensial ini juga dapat membantu Anda untuk rileks dan mengurangi tingkat stres, sehingga juga membantu meringankan gejala bengek dan gangguan pernapasan lainnya.

  • Tuangkan beberapa tetes minyak eucalyptus ke handuk kertas dan taruh di dekat kepala sewaktu tidur malam untuk membantu melegakan pernapasan selama Anda tidur.
  • Alternatif lain, tuangkan beberapa tetes minyak eucalyptus ke dalam sepanci air mendidih. Lalu hiruplah uap darinya selama 10 menit sampai bengek mereda.
  • Juga, Anda bisa mencampurkan minyak eucalyptus dengan minyak pijat lain lalu menggosokkannya ke dada. Kemudian letakkan handuk yang sudah direndam di air hangat di atas dada selama 10 – 15 menit. Lakukan ini dua kali sehari.

10. Kunyit

Kunyit adalah herbal terbaik selanjutnya untuk menghentikan bengek. Berkat kemampuan antioksidan dan anti-inflamasi yang dimilikinya, kunyit mampu membantu membersihkan penyumbatan di saluran hidung sera meredakan iritasi dan peradangan.

  • Masak segelas air dan tambahkan ½ sendok teh bubuk kunyit ke dalamnya. Biarkan sampai mendidih. Minumlah 1 atau 2 kali sehari.
  • Campurkan secara merata 1 sendok teh bubuk kunyit dan 2 sendok teh madu organik, dan makanlah campuran ini 2 kali sehari.
  • Campurkan ½ sendok teh bubuk kunyit, jahe parut, dan bubuk lada hitam ke dalam segelas air. Didihkan campuran ini dan biarkan sampai dingin. Saring lalu minumlah sebanyak 2 kali sehari.

Selain dengan bantuan pengobatan alami seperti di atas, Anda juga perlu menghilangkan hal-hal yang bisa memicu iritasi pada saluran pernapasan. Kalau tidak, gejala bengek pasti akan terus-terusan kambuh.

Anda perlu menyapu dan mengepel rumah secara rutin, terlebih lagi jika punya hewan peliharaan. Pakailah masker dan sarung tangan ketika membersihkan rumah agar saluran pernapasan tidak kemasukan debu dan kotoran. Anda juga perlu berhenti merokok dan sebaiknya tidak dekat-dekat dengan orang yang sedang merokok.

Tetapi apabila Anda sudah lama mengalami bengek namun belum tahu apa penyebab dibaliknya, sebaiknya segera periksa ke dokter. Jika penyebabnya diketahui, akan lebih mudah untuk mengatasi bengek sekaligus gejala-gejala lain yang berkaitan.

addfriends en 130
Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »

Log In or Register